4 Rekomendasi Wisata Unik dan Menarik di Kota Palangkaraya

Palangka Raya merupakan ibukota Kalimantan Tengah yang dulu pernah diwacanakan akan menjadi ibukota baru Negara Indonesia. 

Kota yang akrab disebut sebagai Kota Cantik ini memiliki sejumlah wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi para wisatawan pada hari libur.

Keindahan Panorama alam dan suasan hutan masih terasa disejumlah tempat wisata Kota Palangka Raya.

Hari libur menjadi hari pilihan bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik.

Khususnya ketika liburan bersama keluarga yang disertai anak-anak maka wisata menghibur dan mendidik bisa menjadi pilihan.

Dengan begitu liburan bukan hanya menjadi ajang rekreasi tetapi juga menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai dan hikmah bagi anggota keluarga.

Karena kondisi alam Kota Palangka Raya yang sangat mendukung untuk perkembangan habitat hutan sehingga tempat wisatanya sangat kaya jenis flora.

Sehingga di Kota Palangka Raya sangat banyak tersedia destinasi wisata yang unik dan menarik serta kaya akan nilai-nilai pendidikan.

Berikut 4 daftar destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di Kota Palangka Raya, di antaranya:

1. Wisata Air Hitam Sungai Sebangau

Sungai Sebangau (Foto: https://www.instagram.com/dja.galeri17/)

Objek wisata Air Hitam Sungai Sebangau merupakan salah satu destinasi di Kota Palangka Raya yang terletak di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau.

Sejarah dari objek wisata ini sebelum menjadi tempat wisata dan terbuka untuk umum adalah tempat pelatihan bagi para atlet dayung untuk berlatih ketika ada ajang perlombaan.

Untuk di Provinsi Kalimantan Tengah Objek wisata Air Hitam Sungai Sebangau merupakan tempat yang biasa dilaksanakan Kejuaraan Nasional Dayung.

Karena Panorama alamnya yang masih asri sehingga Objek wisata Air Hitam menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung.

Panorama alamnya yang masih alami dan indah untuk dinikmati, sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Biasanya warga setempat menyebut wisata Air Hitam Sungai Sebangau dengan Dermaga Kereng Bangkirai, karena memang di lokasi destinasinya terdapat sebuah dermaga.

Dermaga Kereng Bangkirai juga menjadi pintu gerbang utama bagi para wisatawan bila ingin menuju Kawasan Taman Nasional Sabangau yang jaraknya dari pusat Kota Palangka Raya kurang lebih 10 Km.

Wahana yang tersedia pada objek wisata ini adalah wisata susur sungai, sepeda bebek air dan juga wisata ke Batu Ampar.

Dengan menggunakan perahu atau kapal para wisatawan bisa melakukan wisata susur sungai dan juga wisata ke Batu Ampar.

Biaya untuk menikmati destinasi wisata ini tidak terlalu mahal cukup mengeluarkan biaya sewa peralatan dari Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga Kola Palangka Raya menyediakan sejumlah fasilitas untuk pengunjung wisata.

Diantara fasilitas yang tersedia adalah gazebo, panggung dan juga spot-spot foto yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Biaya untuk masuk ke tempat wisata ini adalah Rp 5 ribu per pengunjung, dana tersebut dikelola oleh pemerintah Kota Palangka Raya menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah.

BACA JUGA: Sensasi Berjalan di Tengah Lautan Tanpa Batas di Pulau Spongebob Kalimantan!

2. Wisata Petik Buah Kebun Larosa

Kebun Larosa (Foto: https://www.instagram.com/kebunlarosa_/)

Salah satu destinasi di Kota Palangka Raya yang sedang ramai dikunjungi wisatawan adalah Wisata Petik Buah Kebun Larosa.

Luas lahan  tempat Wisata Petik Buah Kebun Larosa 8 Hektar, yang  terletak di Jalan Mahir Mahar Lingkar Luar Kota Palangka Raya.

Wisata Petik Buah Kebun Larosa tersedia banyak jenis buah yang bisa dinikmati pengunjung ketika di lokasi ataupun di bawa pulang.

Selain bisa menikmati beragam buah, lokasi tempat wisatanya juga sangat instagramable sehingga para pengunjung bisa mengabadikan momen di destinasi ini,

Bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman baru yang unik bisa menjadikan Wisata Petik Buah Kebun Larosa sebagai tujuan untuk mengisi hari libur.

Di tempat wisata ini pengunjung bisa merasakan udara segar dan dan pemandangan hijau denngan bentangan kebun buah yang luas.

Dari pusat Kota Palangka Raya para wisatawan hanya cukup menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit untuk ke lokasi tempat wisata tersebut.

Silahkan dicoba bersama keluarga untuk menikmati Panorama perkebunan dan menikmati buah segar hasil petikan sendiri.

3. Agrowisata dan Edukasi Cipta Rasa

Agrowisata dan Edukasi Cipta Rasa (Foto: https://www.instagram.com/agrowisataciptarasa/)

Bagi wisatawan yang senang berwisata dengan suasana alam yang masih alami maka Agrowisata dan Edukasi Cipta Rasa bisa menjadi pilihan yang menarik.

Wisata Agrowisata dan Edukasi Cipta Rasa terletak di Jalan Manduhara Pasir Panjang Kota Palangka Raya.

Berlibur ke destinasi ini akan membawa para pengunjungnya pada suasana petik buah yang seru dan juga menyenangkan dengan alam terbuka hijau.

Selain wisata petik buah destinasi ini juga menyediakan sejumlah permainan yang bisa dinikmati para pengunjung.

Permainan yang disediakan di objek wisata ini adalah mengendarai mini ATP atau Sepeda Motor Mini.

Permainan ini sangat digandrungi anak-anak dan orang dewasa karena area permainannya langsung di alam terbuka dengan panorama alam yang masih asri

Dari pusat Kota Palangkaraya para wisatawan bisa membutuhkan waktu sekitar 20 Menit untuk sampai ke lokasi objek wisata ini.

Lokasi Agrowisata dan Edukasi Cipta Rasa ini ternyata berdekatan dengan Taman Wisata Air Hitam Sebangau.

Di Agrowisata dan Edukasi Cipta Rasa ini keluarga anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang segar dan kaya akan edukasi bagi anak-anak.

4. Wisata Sei Batu

Sei Batu (Foto: https://www.instagram.com/agusbudiprasetya/)

Objek  Wisata Sei Batu salah satu destinasi wisata di Kota Palangka Raya yang ramai pengunjug khususnya di saat hari libur.

Tempa ini terletak di Desa Sei Gohong Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu, yang jaraknya dari pusat Kota Palangka Raya kurang lebih 38 km.

Bagi para wisatawan yang ingi berkunjung ke lokasi wisata ini akan menempuh perjalanan kira-kira 30 Menit dari Kota Palangka Raya.

Pengunjung Wisata Sei Batu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih alami dan juga  aliran air sungai yang masih jernih, bersih dan sedap dipandang.

Sepanjang sungai di Wisata Sei Batu dihiasi dengan bebatuan hingga menjadi daya pikat bagi para wisatawan.

Selain itu keunikan sungainya juga dari warna air yang khas kawasan gambut yaitu merah kehitaman seperti air teh.

Selain panorama yang memikat Wisata Sei Batu juga dipercaya memiliki khasiat khusus dari air sungai khas gambut yang di nikmati para pengunjung.

Sebagaimana diketahui publik akar-akar dari pepohonan yang tumbuh di bumi Kalimantan kaya akan khasiat yang mujarab.

Sungai Wisata Sei Batu selain dihiasi dengan bebatuan di sepanjang sungai, juga ditambah dengan suasana rindang di kiri kanan sungai.

Air bebatuan yang ada juga menyebabkan airnya cukup sejuk dan membuat tubuh lebih segar.

Banyak pengunjung bermain air dan mandi di sungai Wisata Sei Batu karena aliran air sungainya cukup deras dicelah-celah bebatuan.

Untuk tempat beristirahat bagi para wisatawan bisa menyewa pondok yang ada dilokasi tersebut.

Selain itu juga tersedia penyewaan pelampung ban bekas bagi pengunjung yang ingin berenang dii sepanjang sungai.

Di area tempat wisata ini juga ramai para UMKM yang menjual produk hasil alam yang ada di sekitar kawasan tersebut.


Inilah 4 destinasi wisata yang bisa anda nikmati di Kota Palangka Raya ketika sedang liburan panjang atau akhir pekan.

Menikmati hari libur dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang menarik dan menawarkan pengalaman yang berkesan menjadi impian banyak orang.

Aktivitas ini menjadi lebih berkesan ketika diabadikan lewat postingan media sosial sehingga terdokumentasi dengan rapi  tempat-tempat unik yang pernah dikunjungi.

Bagi teman-teman yang sudah berkunjung ke salah satu atau ke 4 tempat wisata diatas silahkan diabadikan di media sosial masing-masing.

Dengan harapan akan semakin banyak orang yang bisa memperoleh pengalaman menarik dan mengesplore  destinasi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

BACA JUGA: Ini Dia Wisata Alam Sungai Berwarna Hitam Alami Milik Tanah Borneo

Written by Dimas Drajat

Anak UI yang lagi membangun personal branding

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Karawang yang Layak Dikunjungi