Don't be Captious

Sensasi Berjalan di Tengah Lautan Tanpa Batas di Pulau Spongebob Kalimantan!

Pulau Spongebob (@sarijuita_)

Lagi-lagi Indonesia berhasil membuat kita takjub akan keindahan wisata alamnya yang patut diacungi jempol. Jika biasanya tempat-tempat wisata instagramable bermunculan di daerah Jawa, Sumatera, NTT, hingga NTB. Kali ini tempat wisata yang kece banget ada di Kalimantan Timur. Kalimantan yang selalu identik dengan wisata alam yang hijau karena hutan-hutannya masih sangat asri, kini tampil dengan wisata pantai yang kebiruan.

Pulau Spongebob di Kalimantan Timur (@ini_kalimantan.id)

Pulau Spongebob merupakan pulau kecil yang terletak di sekitar Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Luasnya memang terbilang sangat kecil sehingga bisa membuat kamu bisa dengan leluasa menyusuri keseluruhan pulau ini hanya dalam waktu 15  hingga 20 menit. Berhubung pulau ini sangat kecil, maka kamu tak akan menemukan penghuni di dalamnya alias pulau ini tidak berpenghuni. Pulau berpasir putih ini sebenarnya memiliki nama asli Pulau Manimbora. Lalu dari mana nama Pulau Spongebob?

Pulau Spongebob di Kalimantan Timur (@akhidsetyawan)

Nama Pulau Spongebob awalnya diberikan oleh salah satu wisatawan Jerman karena dari kejauhan pulau ini memang mirip dengan pulau yang muncul pada saat pembukaan kartun Spongebob, Bikini Bottom karena terdapat pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi ke angkasa yang membuat udara di pulau ini cukup sejuk. Rata-rata pohon kelapa di sini tingginya bisa mencapai 15 hingga 20 meter. Untuk menuju pulau ini, kamu bisa naik perahu atau speed boat dari Pelabuhan Tarakan yang menuju Kepulauan Derawan.

Pulau Spongebob (@dentajaya)

Di sekitar pulau ini, kamu bisa menemukan jalanan berpasir yang berada di tengah-tengah laut pada saat air laut sedang surut. Di hamparan pasir inilah yang sering dijadikan sebagai spot berfoto karena seolah-olah kamu sedang berjalan di tengah lautan tanpa batas dengan laguna di tepinya. Selain itu, kamu bisa berfoto dengan latar pohon-pohon kelapa yang tingginya selangit. Waktu terbaik untuk kamu mengunjungi pulau ini adalah pada saat pagi hingga siang hari karena jika terlalu sore, air laut bisa pasang dan kamu tak akan bisa merasakan rasanya berjalan di tengah lautan.

Pulau Spongebob di Kalimantan Timur (@syd.mtzm)

Di balik keindahannya, ternyata ada satu hal lagi yang unik dan menarik dari Pulau Spongebob ini. Di sini terdapat pemakanan Suku Bajau yang tinggal di Pulau Balikukup. Jadi jangan heran jika saat kamu ke sana nanti, kamu akan menemukan sebuah situs yang dipagari dan di dalamnya berada tengkorak-tengkorak yang berserakan serta patok kuburan. Pemakanan ini memang tidak diketahui dengan pasti sudah ada sejak kapan. Tapi hingga sekarang, setiap tahun masih sering diadakan acara ritual tahunan oleh warga lokal di sini. Uniknya, meski ada tengkorak-tengkorak berserakan, tapi kawasan ini sama sekali tidak berbau.

Nah, ada banyak hal bukan yang bisa kamu temui di pulau kecil yang mirip Bikini Bottom ini? Jadi penasaran ingin datang langsung ke sana? Jangan lupa untuk mengajak teman-temanmu agar biaya yang kamu keluarkan jadi lebih murah. Selamat berlibur JB’ers!

(rei)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...