10 Tempat Wisata di Bogor Selatan Rekomendasi Tahun 2023

Bagi sebagian masyarakat, Bogor sudah menjadi tempat yang familiar untuk berlibur. Hal itu karena letak Bogor yang tak jauh dari Jakarta dan bisa diakses dengan mudah. Meskipun demikian, masih ada tempat wisata di Bogor yang belum begitu populer, salah satunya di Bogor Selatan.

Padahal, Bogor Selatan memiliki beragam tempat wisata yang bisa dikembangkan. Selain Puncak, masih ada tempat wisata di Bogor Selatan lainnya yang sebenarnya berpotensi bisa menambah pendapatan daerah. Dari beragamnya tempat wisata di sana, kami akan membahas 10 tempat wisata di Bogor Selatan pada artikel di bawah ini.

1. Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji (Foto: v_lukhazzz)

Tempat wisata di Bogor Selatan ini cocok untuk dikunjungi oleh penyuka satwa. Suaka Elang Loji memiliki beberapa jenis elang untuk edukasi, seperti Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus), Elang Ular Bido (Spilornis cheela), Elang Hitam (Ictinaetus malaiensis), serta Elang Jawa (Nisaetus bartelsi). Kamu bisa belajar mengenai elang bersama peneliti di sana.

Selain elang, tempat ini juga memiliki daya tarik lainnya. Contohnya seperti Curug Cibadak. Bagi yang suka berpetualang di alam, area ini menjadi daya tarik bagi mereka. Pasalnya, curug ini hanya bisa dijangkau dengan menyusuri hutan selama 30 menit. Meskipun demikian, rasa lelah setelah menyusuri hutan terbayar dengan keindahan curug ini.

Suaka Elang Loji terletak di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Untuk menghindari premanisme di sana, disarankan untuk masuk melalui Kampung Kawung Luwuk dan Saitem. Harga tiketnya Rp 14.500 saat hari biasa dan Rp 17.000 saat hari libur.

2. Curug Cibulao

Curug Cibulao (Foto: @arifmuhamad_12)

Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata saat ke wilayah Puncak. Curug Cibulao menyimpan keindahan berupa air yang berwarna biru dan terlihat jernih. Kamu pun bisa berenang di kolamnya, meskipun harus berhati-hati karena kolamnya sangat dalam.

Terdapat dua kolam yang bisa kamu coba, yaitu kolam di bagian atas curug serta kolam di bagian bawah curug. Kolam bagian atas memiliki kedalaman sekitar 5 meter sedangkan bagian bawah mencapai 8 meter. Supaya lebih puas menikmati alam, kami sarankan untuk berenang di kolam atas karena cenderung sepi.

Tempat wisata di Bogor Selatan ini terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Dari Jalan Raya Puncak, belok ke kiri menuju Jalan Pesantren dan lurus terus. Harga tiketnya Rp 25.000-Rp 50.000 dengan jam operasional pukul 07.00-17.00.

3. Green Canyon Citamiang

Green Canyon Citamiang (Foto: greencanyoncitamiang)

Masih di Megamendung, tempat wisata di Bogor Selatan yang satu ini cocok untuk penyuka wisata adrenalin. Green Canyon Citamiang menawarkan berbagai aktivitas seru, seperti body rafting, river tracking, jungle trekking, serta free falling. Untuk mencoba free falling atau terjun dari ketinggan 3 meter, sebaiknya kamu didampingi oleh profesional karena berbahaya.

Selain beragam aktivitas seru, kamu juga bisa menikmati keindahan alam di sini. Terdapat tebing-tebing hijau yang bisa memanjakan matamu. Selain tebing, adapula sejumlah curug yang bisa melepaskan penat karena keindahan yang ditawarkan.

Green Canyon Citamiang terletak di Citamiang-Paseban, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Sebelum mencoba river track, kamu harus melakukan pemesanan. Pastikan kamu tidak sendirian karena jumlah minimal peserta river track adalah 10 orang. Adapun pemesanan bisa dilakukan sebelum jam 12 siang.

BACA JUGA: Menyusuri Hutan Pinus Kece di Gunung Pancar, Bogor, Suasana Adem Bikin Tenang

4. Kampung Ekowisata Ciwaluh

Kampung Ekowisata Ciwaluh (Foto: ichaeuy)

Tempat wisata di Bogor Selatan ini menawarkan berbagai kegiatan yang menarik. Di sini, kamu bisa mengamati proses pengolahan kopi hingga siap dinikmati. Kegiatan terkait kopi ini tidak lepas dari kebun kopi yang dimiliki Kampung Ciwaluh.

Bukan hanya mengamati pengolahan kopi, kamu juga bisa menikmati aktivitas lainnya. Salah satunya adalah berkunjung ke Curug Ciawitali dan Curug Cisadane. Supaya semakin berkesan, cobalah river tubbing di Sungai Cisadane.

Bagi yang menyukai kegiatan santai, adapula tur edukasi ke kebun-kebun milik warga lokal. Kamu juga bisa membawa pulang hasil kebun mereka. Setelah melakukan tur, jangan lupa untuk memesan liwetan ala Sunda apabila merasa lapar.

Kampung Ekowisata Ciwaluh terletak di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Sebelum ke sana, silakan pesan paket wisata yang tersedia. Untuk informasi lengkapnya, hubungi kontak ini.

5. Ekowisata Bodogol

Ekowisata Bodogol (Foto: Google/Andy Ws)

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol atau Ekowisata Bodogol cocok untuk mengenal alam secara lebih dekat. Berdiri pada tahun 1998, tempat wisata ini didirikan untuk mengenalkan ekosistem hutan hujan tropis khas Indonesia. Kawasan wisata ini juga berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, tetapi tidak terlalu sulit untuk dijangkau.

Sebagai suatu ekosistem, tempat ini memiliki keanekaragaman hayati yang menarik. Di sini, terdapat hewan langka seperti Owa Jawa (Hylobates moloch) dan Elang Jawa (Spizateus bartelsi). Selain hewan, adapula tumbuhan seperti tanaman bangu, tanaman obat, serta tanaman hias.

Ekowisata Bodogol terletak di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Harga tiket masuknya Rp 10.000. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

6. Gajog Hill Camp

Gajog Hill Camp (Foto: herinafirdausii)

Tempat ini juga tak boleh dilewatkan. Gajog Hill Camp merupakan tempat wisata yang terletak di ketinggian sekitar 900 mdpl. Nama tempat ini diambil dari bahasa Korea, yaitu gajog yang artinya bukit.

Gajog Hill Camp memiliki lahan kosong yang sengaja disiapkan untuk berkemah. Lahan kosong tersebut dibagi menjadi beberapa blok. Walaupun berkemah di tempat terbuka, kamu tetap diberikan fasilitas seperti kamar mandi, musolah, bahkan kolam renang.

Tempat wisata di Bogor Selatan ini terletak di Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Sebagai informasi, sebaiknya arahkan kendaraanmu menuju Jalan Raya Batu Tulis. Kemudian, gunakan aplikasi Google Maps lalu bertanya kepada orang di sekitar supaya informasinya lebih jelas.

7. Bukit Alesano

Bukit Alesano (Foto: rahmancosta92_)

Sama seperti Gajog Hill Camp, tempat ini juga digunakan untuk berkemah. Saat berkemah di sini, kamu akan melihat pemandangan yang indah saat malam hari. Pemandangan tersebut datang dari cahaya lampu yang menyinari Kota Bogor.

Selain pemandangan saat malam hari, jika beruntung, kamu juga bisa menikmati pemandangan saat matahari terbit dan terbenam. Jangan lupa untuk mengabadikannya dan unggah ke Instagram. Bukan hanya pemandangan, udara di sini juga sejuk sehingga cocok untuk relaksasi pikiran.

Bukit Alesano terletak di Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Supaya memudahkan, arahkan kendaraanmu menuju Jalan Batutulis, lalu gunakan Google Maps dan bertanya kepada masyarakat sekitar. Harga tiketnya Rp 10.000 per orang dengan biaya parkir Rp 10.000 untuk motor serta Rp 20.000 untuk mobil.

BACA JUGA: Long Weekend, Kamu Bisa Kunjungi 5 Tempat Wisata Baru di Bogor yang Lagi Hits Ini

8. Desa Pasirjaya

Desa Pasirjaya (Foto: pasirjaya-cigombong.desa.id)

Desa Pasirjaya menarik minat wisatawan karena pemandangan indahnya. Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dari titik tertingi desa tersebut. Bukan hanya matahari terbit, pemandangan Gunung Salak, Gunung Pangrango, Gunung Pancar, serta Bukit Hambalang juga bisa dilihat dari sini.

Supaya tidak melewatkan momen matahari terbit, kami sarankan untuk bermalam. Kamu bisa mendirikan tenda di atas lahan kosong yang tersedia. Apabila tidak membawa perlengkapan kemah, silakan bermalam di vila. Perlu diketahui, terdapat beberapa villa di titik tertinggi Desa Pasirjaya yang bisa kamu sewakan.

Tempat wisata di Bogor Selatan ini terletak di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke sana, arahkan kendaraanmu menuju Stasiun Batutulis lalu gunakan Google Maps. Supaya yakin, kami sarankan untuk bertanya kepada warga lokal.

9. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak (Foto: g13_ap)

Air terjun yang satu ini juga tak boleh dilewatkan. Curug Cikaracak menawarkan keindahan bak surga tersembunyi. Julukan “surga tersembunyi” tak lepas dari lokasinya yang berada di tengah hutan. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan trekking supaya bisa sampai ke curug ini.

Setelah sampai, pastikan kamu membawa peralatan kemah. Hal itu agar bisa menikmati pemandangan curug secara maksimal. Pada malam hari, pemandangannya memang tidak bisa dilihat, tetapi bisa mendengar suara air yang menenangkan. Berbeda dengan pagi hari yang pemandangannya indah dengan diselimuti kabut tipis.

Curug Cikaracak berada di Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Harga tiketnya Rp 8.500 dengan biaya parkir Rp 5.000 untuk motor serta Rp 10.00 untuk mobil. Untuk bisa sampai ke sana, arahkan kendaraanmu menuju Jalan Ciawi-Sukabumi, lalu gunakan Google Maps serta bertanya kepada warga lokal.

10. The Farm Pancawati

The Farm Pancawati (Foto: kholifah439_)

Tempat wisata di Bogor Selatan yang terakhir ini tergolong tempat wisata baru karena dibuka tahun 2021. Tempat wisata ini menawarkan berbagai spot menarik untuk dikunjungi. Apabila sedang berkunjung, jangan lupa untuk berfoto.

Bukan hanya spot untuk berfoto, kamu juga bisa mengedukasi anakmu tentang hewan. Oleh karena itu, ajaklah mereka ke mini zoo. Di dalam mini zoo, terdapat hewan-hewan seperti Domba Australia, Kelinci, Rusa, dan lain-lain.

The Farm Pancawati berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke sana, kami sarankan untuk menggunakan Google Maps. Harga tiketnya Rp 10.000 dengan biaya parkir Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Penutup

Bogor Selatan menawarkan tempat-tempat wisata yang memikat hati para pengunjungnya. Dari keindahan alam pegunungan hingga pesona air terjun yang menyejukkan, setiap tempat memiliki daya tariknya sendiri.

Jadi, jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan di tengah keindahan alam, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Bogor Selatan.

Siapkan dirimu untuk petualangan yang tak terlupakan dan rasakan keajaiban alam yang memukau di Tempat Wisata di Bogor Selatan. Jadikan momen ini sebagai kenangan yang tak tergantikan dalam hidupmu!

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Cihuy di Sentul Bogor

Written by Zari