8 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Desa Sawarna

Desa Sawarna terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Desa ini memiliki sejumlah destinasi wisata, termasuk pantainya yang populer.

Saat berkunjung ke desa ini, kamu akan takjub melihat pantai-pantai di sana. Selain pantai, terdapat pula goa-goa yang layak dikunjungi. Dengan segala pesona dari Desa Sawarna, maka liburanmu akan terasa menyenangkan.

Untuk itu, kami akan menjelaskan 8 destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Desa Sawarna sebagai berikut.

1. Pantai Karang Taraje

Pantai Karang Taraje (Foto: dhikazyxx)

Pantai ini wajib masuk list kunjunganmu. Pantai Karang Taraje memiliki ciri khas berupa batu karang yang berbentuk taraje.

Kata taraje sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya tangga. Kamu bisa menikmati karang tersebut saat siang hari karena undakan tangganya akan semakin terlihat.

Selain menikmati batu karangnya yang khas, di sini juga bisa berkemah. Tempatnya cukup jauh dari perkampungan sehingga bekal harus cukup. Ketika berkemah di sini, usahakan untuk bangun pagi supaya bisa melihat indahnya matahari terbit di lautan.

Pantai Karang Taraje berada di Desa Sawarna. Harga tiketnya hanya Rp 5.000. Dengan harga tersebut, kamu juga bisa memasuki Pantai Karang Bereum dan Pantai Legon Pari.

2. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar (Foto: rahmapurwitasari12)

Pantai ini juga wajib kamu kunjungi saat ke Sawarna. Pantai Tanjung Layar memiliki ciri khas berupa dua karang besar yang berbentuk layar. Adapun jarak antara bibir pantai dengan batu karang tersebut sejauh 50 meter.

Bukan hanya memandangi batu karang, Pantai Tanjung Layar juga layak untuk melakukan aktivitas lainnya. Bagi kamu yang suka berenang, silakan berenang di spot yang radiusnya masih aman. Bagi yang suka bermain pasir, silakan bermain di lahan berpasir yang tersedia.

Pantai Tanjung Layar masih berada di Desa Sawarna. Harga tiketnya sama dengan Pantai Karang taraje, yaitu Rp 5.000. Harga tersebut juga termasuk tiket masuk ke Pantai Ciantir dan Pantai Gua Langir.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Kabupaten Lebak yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Pantai Goa Langir

Pantai Goa Langir (Foto: tunggulwicaks)

Apabila melalui bibir Pantai Tanjung Layar, kamu juga bisa memasuki pantai ini. Pantai Goa Langir memiliki ciri berupa banyaknya goa. Salah satu goanya adalah Goa Langir. Oleh sebab itu, apabila bosan di pantainya, kamu bisa berkunjung ke goa-goa di pantai ini.

Selain menkmati pantai dan goa, terdapat pula aktivitas lain yang sayang jika dilewatkan. Di sini, terdapat tebing setinggi 30-70 meter dan cocok untuk panjat tebing.

Bukan hanya itu, di pantai ini juga bisa berkemah. Sebelum berkemah, sebaiknya mintalah izin terlebih dahulu kepada penjaga dan bertanya mengenai titik aman untuk mendirikan tenda.

Harga tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 5.000. Meskipun demikian, kamu tidak akan dikenakan biaya apabila masuk melalui bibir Pantai Tanjung Layar dan Pantai Ciantir.

4. Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk (Foto: saepuljoehard)

Tak kalah dengan pantai lain, Pantai Pulo Manik juga memiliki ciri khas. Adapun ciri khas tersebut berupa pulau kecil yang ada di tengah laut. Dulunya, pulau tersebut merupakan tempat singgah para burung laut. Pulau tersebut juga menjadi inspirasi dari nama pantai ini, yaitu “Pulo Manuk” yang dalam bahasa Sunda artinya “Pulau Burung”.

Selain pulau kecil, pantai ini juga memiliki sekumpulan monyet liar. Monyet-monyet tersebut berasal dari Hutan Saketeng. Kamu harus berhati-hati terhadap para monyet tersebut supaya tidak kehilangan barang berharga.

Terlepas dari gangguan monyet liar, pantai ini tetap nyaman dikunjungi. Hal itu karena terdapat gazebo-gazebo yang disediakan untuk menikmati pemandangan.

Supaya bisa masuk, kamu hanya perlu membayar parkir seharga Rp 5.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

5. Pantai Ciantir

Pantai Ciantir (Foto: restutrilaksana)

Pantai ini memiliki karakter berupa area yang cukup luas. Selain luas, pasir pantainya juga berwarna putih. Bahkan, Pantai Ciantir memiliki pasir putih terpanjang di Sawarna.

Karena areanya yang cukup luas, Pantai Ciantir sering dijadikan tempat untuk suatu acara, seperti festival musik, gathering perusahaan, serta acara dari komunitas besar. Bukan hanya acara, tempat ini juga digunakan untuk olahraga pantai.

Harga tiket pantai ini pun murah, yaitu hanya Rp 5.000. Terlebih, kamu juga bisa memasuki Pantai Tanjung Layar dan Pantai Goa Langit dengan harga tersebut. Untuk biaya parkir, harganya bergantung dari lamanya parkir. Umumnya, harganya berkisar Rp 5.000 sampai Rp 25.000.

BACA JUGA: Sawarna, Desa Paling Cantik di Banten

6. Goa Lalay

Goa Lalay (Foto: max_val441)

Bukan hanya pantai, Sawarna juga memiliki goa, salah satunya Goa Lalay. Goa ini memiliki kedalaman lebih dari 1.000 meter, tetapi hanya bisa dikunjungi sampai kedalaman 200 hingga 400 meter.

Nama dari goa ini diambil dari banyaknya kelelawar yang ada di sini. Adapun nama Lalay dalam bahasa Sunda artinya kelelawar. Saat ini, jumlah kelelawarnya tinggal sedikit. Meskipun demikian, pengunjung tetap bisa menikmati stalaktit-stalaktit yang ada di Goa Lalay.

Supaya bisa mengunjungi goa ini, kamu perlu membayar tiket seharga Rp 5.000. Harga tersebut belum termasuk biaya safety gear seharga Rp 10.000. Terkait biaya guide, biayanya dibedakan berdasarkan kedalamannya. Apabila mencapai 400 meter, biayanya Rp 20.000. Apabila mencapai 2 km dengan jumlah pengunjung 10 orang, biayanya Rp 100.000.

7. Pantai Karang Bereum

Pantai Karang Bereum (Foto: nurnandayl)

Pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai lain di Sawarna. Daya tarik dari Pantai Karang Bereum adalah terdapat batu karang yang unik. Keunikannya terletak pada perubahan warnanya yang menjadi merah. Oleh sebab itu, pantai ini dinamakan Karang Bereum yang dalam bahasa Sunda artinya karang merah.

Batu karang akan berubah menjadi merah saat matahari terbit dengan sempurna. Apabila ingin melihat karang merah, kami sarankan untuk berkunjung pada musim panas, yaitu sekitar bulan Mei hingga Agustus.

Pantai Karang Bereum memiliki harga tiket masuk seharga Rp 5.000 dan sudah termasuk tiket masuk Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Taraje.

8. Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari (Foto: dstiasrf)

Terakhir, ada pantai yang sulit dijamah, namun memiliki keindahan. Pantai Legon Pari sulit dijamah karena letaknya yang berada di balik bukit. Oleh sebab itu, kamu mesti melalui tanjakan dan turunan. Kamu bisa ke sana dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Sesampainya di pantai, kamu akan dibuat takjub dengan keindahannya. Pasir pantainya berwarna putih serta bertekstur halus. Bukan hanya itu, garis pantainya juga membentang hingga 4 km. Ombaknya juga masih tergolong aman meski termasuk kategori keras dan besar.

Harga tiket untuk memasuki Pantai Legon Pari hanya Rp 5.000. Dengan harga tersebut, kamu juga bisa masuk ke Pantai Karang Taraje dan Pantai Karang Bereum.

Penutup

Itulah 8 destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Desa Sawarna. Pastikan kamu memilih jalur yang paling aman untuk sampai ke desa wisata ini. Hati-hati di jalan dan selamat berlibur.

BACA JUGA: Sawarna, Mengintip Wajah Samudra Hindia di Selatan Banten

Written by Zari

10 Tempat Wisata di Kabupaten Bekasi yang Alami dan Menyenangkan

Pentingnya Belajar Trading di Tahun 2023