spot_img
spot_img
BerandaGaya HidupCatat! Inilah 5 Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa bagi Anda

Catat! Inilah 5 Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa bagi Anda

Anda pasti sudah tahu, bahwa akan terjadi suatu hal tak terduga di dalam hidup. Manusia tidak bisa memprediksi keadaan masa depan, baik itu dalam hal baik maupun buruk sekalipun. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan asuransi bagi diri sendiri maupun keluarga, salah satunya adalah asuransi jiwa. Anda perlu mengetahui, pentingnya asuransi jiwa dalam kehidupan.

Seperti pepatah yang sudah tidak asing di telinga kita, yakni sedia payung sebelum hujan. Artinya, Anda harus mengantisipasi risiko yang akan terjadi di masa yang akan datang. Di mana, Anda belum mengetahui apa risiko yang akan dialami. Maka dari itu, asuransi penting untuk menghadapi ketidakpastian dalam hidup. Pasalnya, melalui asuransi akan diberikan perlindungan penuh dalam menjalankan hidup.

Terlebih lagi, saat ini juga sudah banyak perusahaan yang menyediakan produk asuransi jiwa bagi karyawannya. Sebenarnya, produk asuransi yang bisa dimiliki sangatlah banyak hanya menyesuaikan kebutuhan saja. Namun, pada kesempatan kali ini akan dibahas perihal pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan. Simak pembahasan berikut ini!

Apa Itu Asuransi Jiwa?

Sebelum masuk ke penjelasan terkait asuransi jiwa, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan asuransi tersebut? Asuransi sendiri diartikan sebagai sebuah perjanjian antara kedua belah pihak yang mana pihak satunya mempunyai kewajiban untuk membayar iuran atau biasa disebut premi. Melalui pembayaran ini, nantinya pihak tertanggung akan mendapatkan perlindungan atau jaminan sesuai produk asuransi yang dipilih.

Lantas, apa itu asuransi jiwa?

Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi jiwa merupakan sebuah program atau layanan perlindungan berbentuk pengalihan risiko ekonomi meninggal atau hidupnya seseorang akan diberikan pertanggungan. Asuransi jiwa dapat memberikan perlindungan kepada pemiliknya ketika mengalami sebuah musibah, seperti kecelakaan, penyakit, hingga kematian sekalipun.

Artinya, Anda sudah menyiapkan suatu layanan yang dapat melindungi dan menjamin diri sendiri maupun keluarga ketika terjadi musibah di masa mendatang. Seperti yang diketahui, kehidupan kedepannya tidak ada satu orang pun yang mengetahuinya. Apabila terjadi risiko di masa mendatang dan keadaan ekonomi keluarga sulit, maka Anda sudah tidak perlu bingung dan khawatir lagi.

Pasalnya, asuransi jiwa yang sudah Anda miliki akan membantu ketika pemiliknya mengalami musibah. Melalui produk ini, dapat membantu Anda mengantisipasi kerugian keuangan yang mungkin terjadi di masa mendatang. Mulai dari keadaan seseorang mengalami kematian mendadak, cacat total, hingga kondisi sudah tidak produktif sekalipun.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Terdapat beberapa jenis-jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui. Pilih asuransi ini sesuai dengan kebutuhan Anda maupun keluarga. Jangan sampai salah memilih dan tidak sesuai kebutuhan. Berikut jenis-jenis asuransi jiwa yang umum ditawarkan oleh setiap perusahaan:

1. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)

Jenis pertama, ada asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi jenis ini diberikan kepada pihak tertanggung yang mampu menyediakan pertanggungan hingga pemiliknya berusia 90 hingga 100 tahun. Asuransi seumur hidup mempunyai dua karakteristik yang perlu diketahui, yakni pertanggungan seumur hidup dan memberikan jaminan asuransi serta mengandung unsur tabungan.

Di dalam asuransi jiwa seumur hidup, terdapat tiga jenis pertanggungan yang berbeda. Pertama, asuransi jiwa seumur hidup tradisional yang mana memberikan pertanggungan seumur hidup dengan tarif premi tetap. Kedua, last survivor life insurance yang akan memberikan pembayaran sampai tertanggung pertama meninggal. Ketiga, asuransi jiwa seumur hidup gabungan, yakni apabila tertanggung sudah meninggal akan memberikan manfaat yang dibayarkan kepada yang masih hidup.

Keunggulan dari jenis asuransi ini adalah memberikan jaminan seumur hidup kepada pemegang polis atau tertanggung dan manfaat nilai tunai. Melalui keunggulan ini, asuransi jiwa seumur hidup cocok dipilih oleh seseorang yang mempersiapkan kebutuhan hidup selama pensiun dan memiliki rencana keuangan yang lain.

2. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)

Produk jenis asuransi jiwa berjangka ini akan memberikan pertanggungan kepada pemegang polis selama jangka waktu tertentu. Melalui asuransi jenis ini, akan dibayarkan kepada tertanggung meninggal dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Kemudian, apabila tertanggung sudah meninggal ketika polis masih berlaku. 

Dengan kata lain, apabila pemilik asuransi masih hidup sampai jangka waktu yang sudah ditetapkan, maka tertanggung bisa melanjutkan pertanggungan asuransi tersebut. Namun, jika pihak tertanggung memutuskan tidak melanjutkan, maka polis tersebut akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak wajib untuk memberi pertanggungan berikutnya.

Asuransi jenis ini dibagi menjadi tiga lagi, yakni asuransi jiwa berjangka dengan uang pertanggungan tetap yang akan memberikan manfaat kematian dalam jumlah yang sama selama jangka waktu polis tertanggung. Kedua, asuransi dengan uang pertanggungan menurun, yaitu manfaat kematian yang nantinya nilai akan menurun dalam jangka waktu pertanggungan. Terakhir, asuransi jiwa berjangka dengan uang pertanggungan meningkat, artinya manfaatnya akan meningkat sesuai nilai pada interval yang sudah ditetapkan.

3. Asuransi jiwa dwiguna

Selanjutnya, ada jenis asuransi jiwa dwiguna yang akan memberikan manfaat perlindungan kepada tertanggung dan dilengkapi dengan tabungan. Produk asuransi jenis ini, nantinya akan membagi premi ke rekening tabungan dan sisanya dialokasikan ke suatu hal yang bermanfaat.

Keunggulan dari asuransi jenis ini adalah memberikan kemudahan untuk mencairkan dana sebelum jangka waktu atau masa durasi berakhir. Bahkan, apabila tertanggung masih hidup hingga akhir masa aktif layanan asuransi, maka perusahaan wajib mengembalikan jumlah uangnya. Umumnya, jenis produk ini digunakan oleh mereka yang mempunyai tujuan keuangan jangka panjang dan lebih bersifat primer, seperti untuk biaya pendidikan maupun pensiunan.

Jenis asuransi terakhir adalah unit link yang diartikan sebagai produk atau layanan yang menggabungkan antara manfaat asuransi dengan investasi. Dengan kata lain, iuran atau premi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme terpisah. Pertama untuk dasar kepentingan perlindungan atau jaminan masa depan. Kedua digunakan untuk pengelolaan investasi.

Premi investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi atau ahlinya yang ada di dalam perusahaan. Maka dari itu, produk asuransi jenis ini akan memberikan dua manfaat secara langsung kepada pemiliknya. Di mana, mereka akan mendapatkan imbal hasil atas investasi dari asuransi.

Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa bagi Anda

Setelah memahami apa itu asuransi jiwa dan jenis-jenisnya, tentu layanan ini sangat penting bagi kehidupan Anda. Bisa dibayangkan, apabila Anda memiliki asuransi jiwa dan memilih jenis sesuai kebutuhan, maka akan mendapatkan perlindungan hingga meninggal dunia. Semua risiko atau bahaya di masa depan, akan ditanggung oleh asuransi yang Anda miliki.

Maka dari itu, berikut ini terdapat beberapa alasan pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan Anda dan keluarga.

1. Memberikan perlindungan ketika ada musibah

Setiap manusia tidak ada yang tahu bagaimana kehidupan kedepannya. Sama halnya dengan risiko yang mungkin terjadi, baik itu buruk maupun baik. Jika kita berpikir secara realistis, tentu risiko atau musibah buruk bisa saja terjadi dalam diri pribadi. Misalnya, karena aktivitas kerja yang selalu berada di luar ruangan, maka risiko terjadi kecelakaan ketika bekerja maupun di jalan raya juga cukup besar. 

Hal tersebut membuat Anda maupun keluarga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatan. Anda tentu akan merasa khawatir karena uang yang dimiliki tidak cukup untuk membiayai pengobatan rumah sakit. Di sinilah pentingnya asuransi jiwa dimiliki oleh setiap individu. 

Di mana, ketika terjadi kecelakaan lalu lintas maupun saat sedang bekerja, pihak keluarga sudah tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan rumah sakit. Hal ini dikarenakan, pihak asuransi akan memberikan perlindungan kepada tertanggung yang mengalami kecelakaan. Dengan begitu, dapat memberikan keringanan biaya kepada pihak keluarga.

2. Mengganti penghasilan yang hilang

Apabila Anda merupakan seorang pencari nafkah tunggal, maka asuransi bisa menjadi pengganti pendapatan yang mungkin membantu mendukung keuangan keluarga. Pasalnya, jika Anda meninggal dunia, maka keluarga yang ditinggalkan harus membayar berbagai kebutuhan finansial, termasuk hutang.

Apabila semasa hidup Anda memiliki asuransi, maka utang yang ditinggalkan sudah tidak menjadi beban anggota keluarga. Bahkan, melalui asuransi jiwa juga dapat memastikan keluarga ditinggalkan akan mendapatkan sedikit bantuan finansial. Di mana, mereka tetap bisa bertahan hidup dari asuransi ini hingga salah satu keluarga mendapatkan pekerjaan yang layak untuk menghidupi anggota keluarganya.

Bukannya berpikir yang negatif untuk pergi meninggalkan orang yang kita sayangi. Namun, mempunyai perencanaan keuangan yang tepat melalui asuransi jiwa juga menjadi salah satu bentuk kasih sayang kepada keluarga. Di mana, kita tetap bisa sedikit membantu mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari saat sudah tiada. Maka dari itu, pastikan Anda sudah memiliki produk asuransi sesuai kebutuhan.

3. Dapat membantu mengurangi kecemasan

Siapa sangka, jika individu yang memiliki asuransi jiwa akan terbantu untuk mengurangi rasa kecemasan yang berlebihan. Mereka merasa lebih tenang dan tidak stres lagi. Hal ini tidak lepas dari berbagai manfaat yang akan diberikan kepada pemilik layanan asuransi beserta keluarganya.

Siapa saja yang mempunyai asuransi, akan merasa lebih tenang dan tidak cemas terhadap risiko yang mungkin terjadi. Hal ini dikarenakan, apapun musibah yang terjadi, asuransi dapat membantu dirinya dalam hal keuangan maupun memberikan manfaat lain kepada keluarganya. Dengan begitu, tidak akan merasa cemas dan khawatir lagi ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

4. Menjamin biaya pendidikan atau masa depan anak

Alasan pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan lainnya adalah dapat menjamin biaya pendidikan anak. Tentunya, setiap orang tua menginginkan masa depan terbaik untuk anak mereka. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan asuransi jiwa dengan menyiapkan biaya pendidikan anak di masa mendatang.

Meskipun suatu saat nanti keadaan orang tua tidak mampu dalam hal finansial, maka sudah tidak perlu khawatir lagi. Hal ini dikarenakan, asuransi jiwa akan memberikan jaminan biaya pendidikan kepada anak pemilik asuransi. Namun, pastikan Anda sudah memperkirakan berapa biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh anak-anak di masa mendatang.

5. Membantu mengelola keuangan dengan baik

Perlu diketahui, bahwa asuransi jiwa dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan keluarga di masa mendatang. Hal ini dikarenakan, Anda akan mendapatkan perlindungan ketika terjadi risiko yang tidak terduga. Melalui asuransi jiwa, Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk beberapa musibah di masa depan.

Maka dari itu, kondisi keuangan keluarga akan tetap baik karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang. Tentunya, keuangan Anda tidak akan terganggu dan pengelolaannya tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu, sebaiknya Anda segera mendaftar dan menggunakan layanan asuransi jiwa serta dapatkan manfaat yang luar biasa di dalamnya.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai pentingnya asuransi jiwa dan beberapa hal yang berkaitan di dalamnya. Bagaimana? Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda akan segera menggunakan produk asuransi? Sebaiknya, segera gunakan asuransi supaya mendapatkan beragam perlindungan terhadap kondisi tak terduga di masa mendatang. 

Trending
close