Don't be Captious

spot_img

Cara Trading yang Benar Bagi Pemula, Dijamin Menguntungkan!

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Saat ini, trading merupakan suatu aktivitas yang sudah sering dilakukan oleh masyarakat. Tujuannya untuk menguatkan finansial dan memberikan keuntungan di masa mendatang. Namun, sebagian dari mereka belum mengetahui dengan pasti bagaimana cara trading yang benar.

Melakukan trading harus didasarkan dengan strategi yang tepat. Hal ini bertujuan supaya kegiatan yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar dan menguntungkan sesuai dengan harapan. Trading sendiri cukup berbeda dengan investasi yang mana aktivitasnya cenderung lebih pasif.

Sekilas informasi, bahwa trading menjadi salah satu jenis investasi yang mempunyai risiko cukup tinggi dibandingkan instrumen lainnya. Inilah yang membuat seorang trader harus memiliki strategi dan cara trading yang benar. Pasalnya, jika Anda melakukan asal-asalan, sudah dipastikan akan mengalami kerugian yang cukup besar.

Bahkan, bisa saja akan memberikan sebuah boomerang bagi diri Anda pribadi dalam hal pengelolaan keuangan. Maka dari itu, pastikan Anda telah melakukan cara untuk trading yang tepat. Bagi Anda yang belum mengetahui cara-caranya, tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan penjelasannya.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan cara yang perlu Anda lakukan, maka sebaiknya bisa mengetahui beberapa informasi dasar seputar trading. Berikut pembahasan lebih lengkapnya!

Apa Itu Trading?

Bukan suatu hal yang tabu lagi, bahwa sekarang bisa melakukan beberapa aktivitas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu lagi bekerja secara offline dan mengeluarkan banyak tenaga. Perkembangan dunia digitalisasi membuat kita jauh lebih mudah untuk mendapatkan tambahan penghasilan, salah satunya dengan melakukan trading.

Trading sendiri merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperjualbelikan instrumen investasi dalam jangka waktu pendek atau singkat. Melalui jenis investasi ini, seorang trader akan mendapatkan keuntungan dalam rentang waktu yang singkat dan cepat. Maka dari itu, Anda perlu melakukan trading ini dengan tepat dan teliti dalam memilih instrumen investasi.

Keuntungan Melakukan Trading

Seperti yang disebutkan sebelumnya, trading menjadi salah satu aktivitas yang cukup memberikan keuntungan bagi mereka yang melakukan. Para trader yang sudah lama terjun di dunia trading ini pun mengatakan bahwa jenis investasi satu ini dapat menghasilkan keuntungan besar. Bahkan, sebagian orang pun memandang kalau trading menjadi alternatif untuk menghasilkan uang dalam waktu yang singkat.

Maka dari itu, banyak sekali dari mereka yang lebih tertarik untuk melakukan investasi dengan jenis yang satu ini. Semua instrumen trading pun cukup menjanjikan dalam hal keuntungan. Namun, risiko yang mungkin terjadi juga tinggi dan bisa saja mengalami kerugian cukup besar.

Meskipun begitu, terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan aktivitas trading. Terlebih lagi, bagi Anda yang mempunyai modal terbatas dan waktu luang yang cukup banyak.

1. Trading lebih praktis melalui fitur auto trading

Perlu Anda pahami, bahwa trading menjadi salah satu aktivitas yang cukup mudah dilakukan. Kini, telah tersedia fitur auto trading yang disediakan oleh broker. Di mana, fitur dapat membantu Anda untuk melakukan jual beli saham sesuai perintah secara otomatis. Dengan kata lain, Anda sudah tidak perlu lagi memantau pergerakan harga instrumen trading secara terus menerus layaknya investasi pada umumnya.

Melalui fitur tersebut, seorang trader bisa memberikan penawaran harga beli maupun jual apabila telah mencapai harga tertentu. Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikan dengan trading plan untuk memasang harga jual atau belinya.

2. Biaya lebih terjangkau dan data aman

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas trading memang sangatlah besar. Apalagi, dalam jangka waktu yang cukup singkat. Tentu, ini menjadi sebuah hal yang menjanjikan jika terwujud di kemudian hari.

Namun, tahukah Anda jika modal yang dibutuhkan tidak terlalu begitu besar atau masih sangat terjangkau. Terdapat beberapa broker online yang memang tidak memungut biaya pembuatan kepada pengguna, serta biaya komisinya pun tidak mahal. Kemudian, paling terpenting data yang Anda gunakan untuk proses pendaftaran akan tetap aman apabila telah memilih broker terpercaya.

3. Lebih fleksibel

Melakukan usaha untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan internet atau teknologi, tentu menjadi lebih fleksibel dalam menjalankannya. Tak terkecuali aktivitas trading yang bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja. Asalkan, Anda memiliki koneksi internet yang cukup bagus untuk melakukan trading.

Terlebih lagi, trading bukan kegiatan yang banyak menyita waktu pengguna. Melainkan, sangat fleksibel dan bisa dilakukan di tengah-tengah kesibukan tanpa harus mengganggu prioritas atau pekerjaan utama. 

4. Praktis

Menjalankan aktivitas trading saat ini sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, yakni terpenting mempunyai koneksi internet bagus. Anda sudah bisa mengakses broker trading secara online tanpa ribet hanya menggunakan smartphone saja. Tentu, ini menjadi sangat praktis sekali untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

BACA JUGA: 10 aplikasi trading terpercaya untuk pemula

Cara Trading yang Benar bagi Pemula dan Menguntungkan

Setelah Anda mengetahui apa itu trading dan beberapa keuntungannya, sekarang perlu memahami bagaimana cara trading yang benar. Anda perlu melakukan hal ini supaya mendapatkan keuntungan sesuai harapan. Terlebih lagi, bagi Anda yang baru saja terjun di dunia trading.

1. Menyusun strategi trading dengan tepat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyusun strategi trading dengan tepat. Anda perlu melakukan hal ini sebelum mulai untuk menjalankan aktivitas trading. Pastikan, target keuntungan yang ingin diraih sudah ditentukan dengan matang-matang.

Selain itu, Anda juga wajib untuk mengetahui risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Risiko ini bisa datang kapan saja dan sulit untuk diprediksi. Maka dari itu, pastikan sudah mengetahui dan memahami risiko yang bisa saja terjadi.

Kemudian, strategi yang perlu Anda lakukan juga adalah menyesuaikan modal atau anggaran yang dimiliki untuk melakukan trading. Sebaiknya, Anda bisa mencoba terlebih dahulu di demo trading sebelum akhirnya diterapkan pada akun riil. Hal ini bertujuan supaya strategi yang akan Anda jalankan sudah sesuai.

2. Mulai transaksi dengan volume kecil

Ketika Anda sudah menyusun dan memahami strategi trading, maka selanjutnya bisa mulai melakukan transaksi dengan volume kecil. Terlebih lagi, bagi Anda yang masih baru akan terjun ke dunia trading. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa melakukan adaptasi terlebih dahulu pada situasi trading yang sebenarnya.

Jangan pernah terlalu bernafsu untuk langsung melakukan transaksi dengan volume besar apabila belum memahami keadaan trading sebenarnya. Jika Anda melakukan hal seperti ini, maka bisa saja akan mendapatkan kerugian. Hal ini terjadi karena Anda belum mengetahui cara kerja dunia trading.

3. Disiplin waktu

Waktu menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan untuk menjalankan kegiatan trading. Anda perlu memahami bahwa pasar uang terus berjalan dan berubah setiap harinya. Maka dari itu, Anda harus bisa disiplin waktu untuk menentukan kapan harus masuk dan keluar pasar.

Pastikan Anda sudah mengetahui kapan waktu pasar bersahabat untuk melakukan trading. Jangan sampai Anda mengalami kesalahan dalam hal waktu. Jika sudah, Anda bisa untuk menjalankan strategi yang telah direncanakan sebelumnya dan mendapatkan keuntungan cukup besar.

4. Memahami manajemen risiko

Cara trading yang benar dan wajib Anda ketahui adalah manajemen risiko. Manajemen risiko menjadi hal paling vital dalam aktivitas trading maupun investasi pada umumnya. Jika sudah memahami dengan benar manajemen risikonya, maka Anda bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Anda bisa menetapkan poin Stop Loss (SL) dan Taking Profit (TP) supaya bisa meminimalisir kerugian saat menjalankan aktivitas trading. Kedua poin ini juga sangat penting bagi Anda yang sibuk dan tidak bisa memantau harga secara terus menerus.

5. Hindari trading saat sesi Amerika

Terakhir, ada satu saran yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari trading saat sesi Amerika. Pasalnya, sesi Amerika ini lebih sering mengalami pergerakan harga yang sangat cepat. Hal ini membuat Anda yang masih pemula tidak bisa dengan baik untuk melakukan trading karena cepatnya pergerakan harga tersebut.

Untuk bisa menjalankan aktivitas trading pada sesi Amerika, sangat dibutuhkan pengalaman dan jam terbang tinggi. Tujuannya, supaya bisa membaca dengan mudah pasar yang berjalan di negara tersebut. Namun, bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya menghindari trading saat sesi Amerika.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara trading yang benar bagi para pemula untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Trading sendiri menjadi salah satu aktivitas yang mampu menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat. Namun, risiko yang mungkin didapatkan juga cukup besar. Dengan begitu, pastikan Anda sudah memahami mengenai risiko dan cara bermain trading dengan baik.

BACA JUGA: Pentingnya Belajar Trading di Tahun 2023

Latest article