3 Kawah Kelimutu yang Penuh Pesona dan Misteri

Siapa sangka, di balik Gunung Kelimutu rupanya tersimpan cerita tentang tiga buah kawah yang menjadi mahkotanya. Selain memiliki warna yang berbeda dan bisa berganti warna, konon kawah ini dihuni oleh arwah.

Meski Gunung Kelimutu dipenuhi misteri, namun tetap Gunung Kelimutu tak mampu menyembunyikan pesonanya. Gunung yang berada di Kabupaten Ende, Pulau Flores, NTT, itu memiliki keunikan karena memiliki tiga kawah yang airnya berbeda warna dan bisa berubah.

Seperti dikutip TravelDetik, Jumat (31/1/2014), jika ingin melihatnya, wisatawan bisa mendaki gunung yang ‘dimahkotai’ kawah ini. Puncak Gunung Kelimutu yang berada di ketinggian 1.690 mdpl selalu dikunjungi wisatawan.

Begitu tiba di puncak, turis akan disambut dengan Tugu Soekarno. Tiga Kawah Kelimutu yang berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, bisa berubah tanpa bisa ditebak waktunya.

Masing-masing kawah memiliki nama, yakni Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo dan Tiwu Ata Mbupu. Ketiga kawah itu pun memiliki cerita rakyat sendiri-sendiri. Konon, setiap kawahnya dihuni arwah-arwah dari tiga latar belakang semasa hidupnya.

Adapun luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Kawasan Kelimutu telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992. (nha)

 

Written by Janah

Simple Girl

Indahnya Jalan Dark Hedges yang Berhantu

Ajaib, Piring Ini Bisa Mencuci Dirinya Sendiri