Beberapa Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba


Selain memiliki wisata alam yang indah, ternyata Lombok juga menyimpan berbagai macam kuliner yang cukup menarik untuk dicicipi. Dilansir dari Yukpegi, Senin (30/6/2014), berikut adalah beberapa makanan khas Lombok yang bisa Anda coba, siapa tahu saja makanan itu cocok untuk berbuka puasa Anda.

1. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung

Plecing kangkung terdiri dari kangkung rebus dan sambal tomat dari racikan cabe rawit, terasi, garam, dan tomat. Citarasa lezat dari masakan ini adalah kangkung khas Lombok yang tidak sama dengan kangkung di Jawa. Di dalam plecing kangkung, biasanya juga ditambah kacang goreng dan tauge.

2. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang

Ayam Taliwang biasanya dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Rasanya semakin lezat bila menggunakan ayam kampung muda. Kelezatan makanan ini juga terletak pada bumbunya yang super pedas. Namun jika Anda tidak begitu menyukai makanan pedas, makanan ini bukan untuk Anda.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak
Sate Bulayak

Sate bulayak memiliki cara makan yang cukup unik. Bulayak sendiri merupakan semancang lontong yang dibungkus daun enau atau aren dengan bentuk seperti spiral. Untuk membukanya, harus dengan gerakan memutar. Sementara itu, satenya dibuat dari daging sapi yang dibumbui khas Sasak. Untuk cara makannya, bulayak dicocol ke bumbu sate, karena penjualnya tidak menyediakan sendok atau garpu.

4. Nasi Balap Pucung

Nasi Balap Pucung
Nasi Balap Pucung

Walaupun tampilannya tak terlalu istimewa, rasa pedasnya benar-benar akan membuat Anda ingin tambah lagi. Nasi balap disajikan bersama dengan suwiran daging ayam yang dibumbu pedas, udang kering, belut goreng, dan abon. Lagi, jika Anda tidak menyukai makanan pedas, sebaiknya hindari menu makanan ini.

5. Bebalung

Bebalung
Bebalung

Masakan ini terbuat dari tulang iga kerbau atau sapi yang dibumbui dengan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkyas, dan jahe. Biasanya, bebalung disajikan dalam mangkok dan ditaburi bawang merah goreng. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak