STORY: Eryan Ramadani Mendapat Kuliah Gratis di China


Menjalani studi di luar negeri tentu menjadi keinginan semua orang. Namun untuk mendapat kesempatan seperti itu tidaklah mudah, harus memiliki skill yang mencukupi dan juga biaya yang tidak sedikit. Perjuangan tak kenal lelah untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke luar negeri ditunjukan oleh mahasiswi lulusan Universitas Indonesia. Mahasiswi tersebut bernama Eryan Ramadani.

Dikutip dari wawancara yang dilakukan oleh vemale.com (Sabtu, 12/7/2014), Eryan berhasil mendapatkan beasiswa S2 ke Tsinghua University, China tak lama setelah Ia menyandang gelar sarjana dari UI. Eryan Ramadani mengambil jurusan Chinese Politics, Foreign Policy, and International di Tsinghua University.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut Eryan mengaku tidak mudah. Hal pertama yang Ia lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan. Saat itu, Eryan tertarik dengan Chinese Foreign Policy, Ia pun kemudian mencari tahu kampus mana saja di China yang menawarkan program International Relations.

Hal yang selanjutnya dilakukan oleh Eryan adalah mencari tahu soal pendaftaran beasiswa, setelah mengetahuinya Ia pun segera melengkapi berkas yang diperlukan seperti transkrip nilai, motivation letter, dan lain-lain. Kemudian hal yang dilakukan selanjutnya adalah menunggu pengumuman dari kampus yang dituju via e-mail.

Perjuangan Eryan pun terbayarkan dengan diterimanya Ia di Tsinghua University. Tantangan selanjutnya yang dihadapi oleh wanita yang lahir pada 28 Maret 1990 ini adalah masalah adaptasi, Ia mengaku awalnya mengalami kesulitan dalam masalah makanan dan bahasa. Penduduk lokal umumnya tidak bisa berbahasa Inggris, dan Eryan sendiri tidak bisa berbahasa mandarin. Namun setelah beberapa bulan Eryan sudah mulai terbiasa.

Keuntungan lain yang diperoleh Eryan selama berkuliah di luar negeri adalah Ia dapat bertemu dengan banyak mahasiswa dari negara lain, mendatangi seminar kelas internasional, dan belajar dari para pakar di bidang hubungan internasional dan Chinese Foreign Policy.

Perjuangan Eryan ini tentunya sangat menginspirasi terutama bagi para pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Tips dari Eryan untuk mendapat beasiswa adalah jangan malas mencari info beasiswa yang diinginkan.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak