Wisata Religi ke Masjid Pertama di Inggris


Sebagian wilayah di benua Eropa memiliki sejarah yang berkaitan dengan Islam, tak jarang bangunan-bangunan yang ada di Eropa memiliki nuansa islami yang kental. Salah satunya terdapat di Inggris, di negara yang terkenal sebagai negara sepak bola ini terdapat sebuah masjib tua yang diklaim sebagai masjid pertama yang dibangun di Inggris, masjid tersebut adalah masjid Shah Jahan.

Dikutip dari Detik Travel (Sabtu, 12/7/201), masjid ini dibangun pada tahun 1889, masjid ini merupakan yang pertama di Inggris dan di kawasan Eropa Utara.

Sejarah unik mewarnai pembangunan masjid ini, masjid ini didirikan oleh Shah Jahan yang ternyata adalah Gottlieb Wilhelm Leitner yang merupakan seorang profesor Jerman kelahiran Yahudi. Leitner bukanlah orang sembarangan, dia merupakan seorang yang cerdas dan menguasai 25 bahasa. Pada tahun 1883, Leitner pindah ke Inggris dan membangun Oriental Institute.

Oriental Institute merupakan sebuah tempat pembelajaran, dan dari situlah profesor yang memiliki ketertarikan dengan bahasa Arab dan hukum Islam ini mendirikan masjid untuk para muridnya yang muslim dan seketika masjid tersebut memiliki peranan penting sebagai pusat pembelajaran Islam di Inggris hingga kini.

Gaya bangunan masjid yang sudah berusia 125 tahun ini mirip dengan masjid yang ada di India atau Pakistan. Memiliki empat kubah kecil dan satu kubah besar di tengah. Masjid ini mampu menampung 1.000 jamaah setelah mengalami renovasi.

Di komplek masjid terdapat pusat pembelajaran agama Islam dan aula serba guna yang biasa dijadikan tempat makan bersama jamaah ataupun olahraga memanah. Selain itu, Anda juga bisa menemukan pemandangan taman yang cantik dan kolam di sekitar masjid yang tertata rapi. Terdapat bangku taman yang bisa digunakan oleh pengunjung jika tidak bertepatan dengan waktu salat.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak