Ini Dia Variasi Mie yang Ada di Dunia

Mie adalah salah satu makanan yang umum dikonsumsi di seluruh dunia dan mungkin dijadikan makanan favorit oleh penduduknya. Di beberapa negara, misalnya Tiongkok dan Jepang, mie menjadi makanan yang dipilih menggantikan nasi karena sifatnya yang mengenyangkan. Mie umumnya terbuat dari tepung gandum bahkan juga tepung jagung. Ada berbagai variasi bentuk dan bahan pembuatan mie di seluruh dunia, sesuai dengan olahannya. Dilansir oleh taste.com.au, Jumat (18/7/2014), berikut 6 jenis mie yang umum dikonsumsi di seluruh dunia.

1. Hokkien

Mie hokkien berasal dari Tiongkok dan biasanya terbuat dari telur. Mie ini banyak dijual dalam kondisi basah dengan ukuran menengah alias medium. Mie hokkien cocok untuk dibuat menjadi masakan khas Tiongkok dan Thailand.

2. Bihun

Bihun atau vermicelli adalah bentuk mie yang paling tipis. Biasanya berwarna putih bersih dan dijual dalam bentuk kering. Bihun cocok untuk citarasa masakan Vietnam, Thailand dan Tiongkok.

Hokkien dan bihun
Hokkien dan bihun

3. Udon

Udon merupakan mie tebal yang berasal dari Jepang. Mie ini biasanya berwarna putih dengan ukuran besar dan terbuat dari tepung gandum. Uniknya, udon tak hanya enak disajikan dalam kondisi panas, tetapi juga nikmat disajikan dingin, layaknya minuman dingin.

4. Mie telur

Mie ini merupakan mie yang umum ditemui di Indonesia. Mie ini biasanya berada dalam kondisi basah maupun kering. Umumnya mie telur terbuat dari tepung gandum dan tentunya telur. Mie ini cocok untuk masakan Tiongkok maupun masakan tradisional Indonesia.

Udon dan mie telur
Udon dan mie telur

5. Rice stick

Mie yang satu ini berbentuk panjang serta tipis dan terbuat dari beras, karena itu diberi nama Rice Stick. Biasanya mie ini bisa kita jumpai dalam sup dan salad. Mie jenis ini sangat cocok untuk berbagai olahan masakan Thailand.

6. Soba

Sama seperti udon, soba juga merupakan mie yang berasal dari Jepang. Mie yang satu ini umumnya berbentuk lurus dan berwarna putih serta terbuat dari gandum. Mie ini disajikan bersama sup atau disajikan dingin dengan celupan saus yang nikmat.

Rice stick dan soba
Rice stick dan soba

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Es Krim Ini Berbentuk Kondom, Mau Coba?

Beberapa Mitos yang Salah Mengenai Kulit