Desa Gedong, Kampung Cina Tua di Bangka Belitung

Jika Anda mencari sebuah tempat yang berisikan peninggalan-peninggalan dari warga Cina zaman dahulu, maka Anda wajib datang ke desa yang satu ini, namanya Desa Gedong.

Desa Gedong berlokasi di Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa ini begitu tenang, sepi, dan asri. Desa Gedong adalah perkampungan pecinaan kuno yang tertua di Bangka Belitung. Kampun Cina ini sudah ada sejak abad ke -18. Kabarnya dulu penghuni desa ini adalah warga keturunan China Daratan (Tionghoa Hakka) yang didatangkan dari Bangka Belitung oleh Kolonial Belanda. Mereka sengaja didatangkan untuk menjadi penambang timah. Guangdong adalah daerah asal mereka, karena warga di sana dikenal sebagai penambang timah yang handal

Desa ini masih sangat tradisional, dengan bangunan tuanya yang belum di renovasi namun masih tetap bagus kondisinya hingga sekarang, desa ini pun sama sekali belum terjamah listrik.

Jarak desa ini sekitar dua jam perjlanan dari Pangkalpinang, Ibu kota provinsi Bangka Belitung. Untuk bisa sampai ke sini, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau bus. Jalanan menuju desa masih berupa tanah keras dan belum di aspal.

Sesampainya di Desa Gedong, Anda bisa menikmati deretan rumah tua yang antik khas tempo dulu. Bangunannya masih bagus dan tertata rapi. Selain rumah warga, Anda juga bisa melihat klenteng khas China yang masih berdiri tegak hingga sekarang. Buat yang suka fotografi, deretan rumah cantik khas Desa Gedong sangat cocok Anda badikan dalam kamera Anda.

Jika sudah sampai di sini, jangan lupa cicipi kuliner kemplang yang merupakan kuliner khas Bangka, Kemplang terbuat dari adonan terigu yang dicampurkan dengan bahan ikan sehingga memiliki rasa yang gurih. Tertarik untuk berkunjung ke sini?(dea)

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Margit Tall, Pelompat Bungee Jumping Tertua di Dunia

5 Aktor Hollywood Tetap Tampan Meski Tanpa Rambut