6 Makanan Myanmar yang Wajib Dicicipi


Myanmar adalah salah satu negara di Asia Tenggara dengan kuliner yang layak dicoba. Dengan banyaknya etnis di Myanmar, seperti halnya Indonesia menjadikan khasanah kuliner di negara yang dulunya bernama Burma ini sangat beragam. Dikutip dari CNN Travel, Senin (11/8/2014), berikut adalah 6 makanan Myanmar yang wajib Anda cicipi.

1. Laphet Thohk

Laphet Thohk
Laphet Thohk

Laphet Thohk adalah sejenis salad dengan bahan utama daun teh yang difermentasikan. Makanan ini bisa dijadikan cemilan, makanan pembuka, atau pendamping nasi. Untuk membuatnya daun teh yang sudah difermentasi dicampur dengan irisan kubis, tomat, kacang yang disangrai, minyak bawang putih, irisan cabai, serta bawang putih cincang.

2. Nga htamin

Nga htamin
Nga htamin

Nga htamin artinya nasi ikan. Penampilannya mirip dengan nasi kuning dari Indonesia. Sejarah makanan ini berakar dari kuliner suku Shan, etnis pemeluk agama Buddha terbesar di Myanmar. Untuk membuatnya beras dimasak dengan kunyit dan rempah-rempah hingga menjadi nasi. Kemudian nasi tersebut disajikan dengan taburan ikan dan minyak bawang putih.

3. Hto-hpu nwe

Hto-hpu nwe
Hto-hpu nwe

Hto-hpu nwe memiliki arti ‘tahu hangat’. Tetapi masakan ini sebenarnya sama sekali tidak menggunakan tahu sebagai bahan dasar. Hto-hpu nwe adalah bubur kental yang terbuat dari tepung kacang polong (chickpea). Bubur berwarna kekuningan ini disajikan di atas bihun, kemudian ditaburi daging ayam atau babi yang sudah ditumis terlebih dahulu.

4. Mohinga

Mohinga
Mohinga

Mohinga yang dianggap sebagai makanan nasional Myanmar ini terbuat dari tepung beras, disajikan dengan ikan dan kaldu daun bawang. Biasanya dilengkapi dengan irisan pelepah pisang, potongan telur rebus, perasan air jeruk, cabai kering, dan rempeyek lentil.

5. Sanwin makin

Sanwin Makin
Sanwin Makin

Sanwin makin adalah makanan penutup yang sangat disukai oleh warga Myanmar. Hidangan ini berupa kue manis berwarna kecoklatan yang dibuat dari gandum, gula, mentega, dan kelapa.

6. Mont Di

Mont Di
Mont Di

Mont Di adalah sejenis makanan cepat saji tradisional Myanmar yang sangat populer di antara warga negara tersebut. Bahan dasarnya adalah bihun, disajikan bersama sup yang dibuat dari nga-pi, sejenis pasta ikan khas Myanmar. Kadang disajikan tanpa kuah, dilengkapi dengan ikan goreng tepung dan makanan pelengkap lainnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak