5 Makanan yang Dibuat dari Daging Hewan Lindung


Saat ini banyak sekali flora dan fauna yang mendapat perlakuan khusus dari pihak berwenang, dilabeli status ‘dilindungi’ untuk menjaga keberadaannya di alam semesta. Hewan dan tumbuhan ini terancam kelestariannya sebagian besar karena ulah manusia.┬áSalah satu bentuk eksploitasi berlebihan oleh manusia adalah perburuan hewan langka untuk dijadikan bahan makanan manusia. Dilansir dari CNN, Sabtu (30/8/2014), berikut adalah makanan-makanan kontroversial yang dibuat dari daging hewan lindung.

1. Sup Sirip Ikan Hiu

Sup sirip ikan hiu
Sup sirip ikan hiu

Sup ini terbuat dari sirip ikan hiu yang dimasak sedemikian rupa hingga memiliki tekstur yang lembut. Kuliner mewah ini mulai dinikmati oleh masyarakat Tiongkok sejak zaman Dinasti Ming. Biasanya makanan ini disajikan pada acara-acara khusus, seperti pernikahan dan bangket tradisional. Menurut Michael McCarthy, pakar konservasi dari University of Melbourne, seperempat dari populasi hiu di seluruh dunia terancam berkat tingginya permintaan pasar terhadap sirip ikan hiu.

2. Sup Daging Penyu Hijau

Sup daging penyu hijau
Sup daging penyu hijau

Sup daging penyu atau kura-kura termasuk makanan mewah di Tiongkok. Tetapi di negara-negara lain pun makanan ini lumayan populer. Amerika Serikat dan Inggris biasanya memanfaatkan daging penyu hijau untuk hidangan sup kura-kura. Di Kepulauan Cayman kuliner penyu hijau merupakan makanan nasional yang konsumsinya legal. Sementara di Indonesia sendiri daging penyu hijau sering dijadikan makanan lezat, campuran obat kuat, dan telurnya pun diperdagangkan untuk konsumsi manusia.

3. Gorila Bakar

Gorila bakar
Gorila bakar

Mungkin bagi Anda gorila bakar adalah hidangan yang terdengar ekstrem. Tetapi di Afrika, daging hewan primata seperti gorila, monyet, dan simpanse sudah biasa dimakan. Di Kongo kuliner gorila bakar merupakan salah satu sajian tradisional yang digemari. Sekarang ini pemerintah Kongo sudah melarang perdagangan daging gorila. Tetapi Anda masih bisa menjumpainya di pasar-pasar.

4. Sashimi Lumba-lumba

Sashimi lumba-lumba
Sashimi lumba-lumba

Kuliner Jepang memang didominasi masakan yang terbuat dari ikan dan hewan laut. Salah satu kuliner berbahan ikan dari Jepang yang tak biasa adalah daging lumba-lumba. Daging hewan lucu ini diperdagangkan dalam kedaan segar maupun sudah dikemas. Biasanya daging lumba-lumba dijadikan sashimi. Pengolahannya hanya dipotong-potong seukuran satu suapan dan disajikan dengan saus.

5. Ortolan Panggang

Ortolan panggang
Ortolan panggang

Makanan asal Perancis ini bahan utamanya adalah burung ortolan (Emberiza hortulana), spesies burung malam yang memiliki kicauan merdu hingga dijuluki burung penyanyi. Burung ini dulunya bisa ditemukan dalam menu restoran-restoran kelas atas. Biasanya dimasak dengan cara dipanggang. Burung ortolan yang sudah memiliki berat badan cukup langsung ditenggelamkan di dalam minuman keras hingga mati, kemudian baru dipanggang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak