Warna-warni Perahu Apung di Desa Nelayan Tiongkok


Jika ingin melihat desa terapung di China dan melihat ribuan rumah apung berjejer rapi di atas air, silahkan datang ke desa nelayan di Teluk Luoyuan, Provinsi Fujian, Tiongkok. Di tempat ini Anda akan melihat banyaknya perahu nelayan yang berbaris rapi dengan hasil laut yang melimpah.

Desa ini merupakan pensuplai industri perikanan terbesar di Tiongkok, penghasilannya bisa mencapai sekitar Rp 500 miliar. Luasnya desa ini hingga hampir seluruh teluk ditutupi oleh rumah kayu dan ribuan perahu.

Desa ini sudah terbentuk sejak 25 tahun lalu, saat itu industri perikanan yang ada di Tiongkok baru saja mulai bergerak. Kekayaan laut yang ada di sini sungguh melimpah. Warga sengaja memasang jaring dan palang-palang kayu di rumah mereka untuk menangkap berbagai ikan, kerang, kepiting, lobster, hingga rumput laut.

Perikanan yang sangat meledak di kawasan ini membuat nelayan berbondong-bondong membangun rumah di atas laut sehingga memudahkan para nelayan mencari dan mendapatkan ikan. Karena hal itulah, lautan di sekitar teluk dipenuhi oleh rumah dan perahu.

â??Waktu itu nelayan hanya mencari ikan di sungai dan pesisir laut. Namun, di akhir 1980-an, perikanan menjadi industri dan meledak sehingga membuat teluk penuh dengan rumah nelayan,â? kata seorang ahli biologi, Dr. Sun Tao, dari Universitas Beijing.

Kini selain menjadi industri perikanan terbesar di Tiongkok dan sebagai pensuplai ikan terbesar ke seluruh negara. Tempat ini juga menarik untuk dikunjungi wisatawan karena keunikannya dan ciri khas yang dimilikinya. Wisatawan bisa melihat banyaknya perahu yang tertambat di dermaga dengan begitu rapi. Berbagai macam ukuran dan bentuk perahu bisa Anda lihat di sini. Cocok untuk dijadikan objek fotografi yang menarik.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak