Misteriusnya Goa Berpadu Pemandangan Cantik di Surocolo Jogja


Keindahan pantai di Jogja memang tidak bisa dipungkiri lagi. Pasirnya yang putih, hawanya yang sejuk, dan lautnya yang masih jernih membuat pantai di kawasan Jogja begitu digemari terlebih di akhir pekan. Tapi tahukah Anda bisa melihat keindahan pantai di Jogja dari atas sebuah desa?

Sebuah desa wisata di Jogja yang baru diresmikan tahun 2013 bernama Desa Surocolo merupakan tempat baru untuk melihat keindahan pantai Jogja dari sudut pandang lain. Dilaporkan solopos.com (Selasa, 14/10/2014), dari desa ini Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam khas Laut Selatan.

Selain itu, di desa ini juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti outbond dan wisata sejarah. Anda juga bisa melihat goa peninggalan Jeang di desa ini. Totalnya ada 18 goa yang dibuat dari zaman penjajahan Jepang. Selain goa Jepang ada juga goa yang erat kaitannya dengan sejarah kerajaan Indonesia.

Goa tersebut berjumlah lima. Yakni Goa Sunan Mas, Terawang, Lowo, Panek, dan Siluman. Kelima goa tersebut berhubungan dengan Raja Kasunanan Amangkurat III yang pernah memerintah di tahun 1703 hingga 1705.

Kelima goa tersebut memiliki sejarah yang unik terkait dengan Raja Kasunanan Amangkurat III. Terutama Goa Sunan Mas. Dilaporkan dari tabloidposmo.co.id, goa tersebut menyimpan Keraton Gaib Naga Raja dan ritual pesugihan. Konon katanya, Joko Umar, putera dari Nyi Rondho, memiliki kekuatan sakti. Joko Umar membuat Goa Sunan Mas hanya dengan mengeruknya menggunakan cangkong batok kelapa. Rumor yang beredar di kalangan warga sekitar juga mengatakan, ada orang-orang yang melakukan ritual pesugihan di goa tersebut.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita warga tersebut, pemandangan dari Desa Surocolo patut Anda coba. Berjalan ke Bukit Khayangan, Anda akan melihat indahnya lautan Samudera Hindia secara keseluruhan yang tidak di dapat di tempat lain.(dea)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak