NTB Siap Jadi Wisata Syariah


Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menjadi tempat wisata berbasis syariah. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dikarenakan Pulau Lombok dan Sumbawa memiliki potensi untuk menjadi wisata syariah.

Dikutip dari liputan6.com (Selasa, 28/10/2014), “Kita punya banyak peluang tinggal menata sedikit lagi untuk lebih siap menjadi destinasi wisata syariah. Sebab, dari 12 provinsi yang ditunjuk Kemenparekarf sebagai destinasi tujuan wisata Islam, hanya NTB yang sudah siap dengan paket wisata syari’ah-nya,” ujar Taufan, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB.

Pulau Lombok dikenal sebagai tempat wisata yang memiliki julukan “pulau seribu masjib” karena banyaknya masjid di pulau tersebut. Selain masjid, banyak juga pondok pesantren tersebar di wilayah NTB. Dengan adanya dua potensi yang menonjol ini, diharapkan NTB bisa benar-benar siap untuk dijadikan sebagai tempat wisata syariah.

Kajian Islam, Islamic State (IC), merupakan tempat kajian yang terbesar di Asia Tenggara. Islamic Center ini terletak di tengah-tengah kota Mataram.

Selain NTB, wilayah lainnya yang memiliki potensi untuk dijadikan wisata syariah adalah Jogja, Banten, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Lampung, dan sejumlah kota lainnya. Rizky Handayani mewakili Kemenparekraf, menjelaskannya dalam seminar World Islamic Travel Mart (WITM) di Jakarta.

“NTB, Bali dan Yogyakarta bisa dipastikan paling siap karena memiliki paket tour syariah seperti, rata rata setiap kamar hotel meletakkan tanda kiblat dan pada restoran tercantum sertifikat halal, serta adanya mushola yang dilengkapi jadwal sholat,” terang Rizky.

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim paling besar se-Asia Tenggara. Sekitar 90 persen dari 250 juta penduduk di Indonesia beragama Islam. Hal ini juga bagus untuk menyebarkan syiar Islam kepada seluruh orang dari berbagai negara.

Walau masih banyak kekurangan, tapi akan terus dikembangkan agar misi wisata Syariah ini terus berjalan baik.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak