Indahnya Pesona Padang Rumput Semeru


Ternyata tidak hanya bentangan pantai yang mempesona. Padang rumput pun sangat indah dan layak dikagumi. Salah satu contohnya bisa kamu lihat di Gunung Semeru.

Lokasi ini resminya bernama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di 4 kabupaten sekaligus yakni Pasuruan, Malang, Lumajang dan Probolinggo. Semeru atau Mahameru adalah adalah gunung tertinggi di Jawa yang tepatnya berada di ujung selatan gugusan pengunung Bromo, Tengger dengan tinggi 3.676 mdpl. Selama pendakian menuju puncak semeru, para pendaki akan disuguhi atraksi alam, termasuk padang rumput yang indah.

Dilansir dari Panduanwisataid, Senin (15/12/2014), ada dua padang rumput yang berada di jalur pendakian gunung Semeru, yakni rumput Jambangan dan Oro-oro Ombo. Padang rumput Jambangan berada di ketinggian 3200 mdpl dengan tumbuhan seperti cemara, mentigi dan bunga edelweis.

Padang rumput Semeru
Padang rumput Semeru

Karena tempatnya datar alias tidak bergelombang, Jambangan menjadi tempat favorit pada pendaki untuk beristirahat sambil menikmati udara sejuk. Di sini juga menjadi tempat ideal untuk mengabadikan Gunung Semeru dari kejauhan. Mahameru terlihat jelas menjulang tinggi dengan kepulan asap ke angkasa serta alur lahar pada seluruh tebing puncak yang mengelilingi berwarna perak.

Padang rumput Semeru
Padang rumput Semeru

Sedangkan padang rumput di Oro-oro Ombo membentang seluas 100 hektar. Tempat ini berada di lembah yang dikelilingi bukit-bukit gundul dengan tipe ekosistem asli tumbuhan rumput. Lokasinya berada di bagian atas tebing yang mengelilingi Ranu Kumbolo. Uniknya, padang rumput ini mirip sebuah mangkok berisikan hamparan rumput yang berwarna kekuning-kuningan, pada waktu-waktu tertentu di beberapa sudut Oro-oro Ombo terendam air hujan.

Nama “Oro-oro Ombo” dalam bahasa Jawa memiliki arti “padang rumput yang luas”. Warga setempat dan para pendaki, sepakat bahwa panorama Oro-oro Ombo merupakan panorama terindah kedua setelah puncak Semeru. Keindahannya membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk orang-orang yang ingin menenangkan pikiran karena banyak masalah. Pohon pinus tumbuh sumbur di kawasan ini membuat pemandangannya tidak berbeda jauh dengan dataran savana di Eropa.

Padang rumput Semeru
Padang rumput Semeru

Ketika musim hujan, padang rumput tampak hijau dan menjadi waktu terindahnya disepanjang musim yang ada di Indonesia. Titik-titik embun senantiasa berada di pucuk dedaunan. Menetes pelan dan memberikan nuansa eksotisme yang teramat sangat. Sayangnya, pendakian ke puncak Semeru lebih baik dilakukan pada musim kemarau yakni bulan Mei, Juni, Juli, Agustus dan September. Mendaki di musim hujan sangat berbahaya karena sering terjadi badai dan tanah longsor.

Ternyata untuk bisa menikmati keindahan alam, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena Indonesia sendiri menyediakan banyak keindahan alam yang belum dijamah oleh manusia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak