Cicipi Whisky Terbaik Dunia di Jepang


Bagi Anda penggemar minuman whisky, pastinya ingin mencicipi rasa whisky yang terbaik yang pernah ada. Tapi tahukah Anda bahwa whisky terbaik ternyata bukan berasal dari Skotlandia, tetapi berada di Jepang. Single Malt Sherry Cask 2013 adalah whisky buatan Yamazaki, seorang produsen whisky ternama di Jepang.

Single Malt Sherry Cask 2013 dinobatkan sebagai whisky terbaik di dunia dalam “Whisky Bible 2015” yang merupakan karya dari kritikus whisky ternama Jim Murray. Whisky yang berasal dari Osaka ini berhasil mengalahkan 1.000 whisky lainnya yang ada di dunia.

Seperti yang dikutip dari reuters (Senin, 29/12/2014), rahasia dari kenikmatan whisky ini terletak pada tong yang digunakan untuk menyimpan whisky serta iklim, air, dan selera orang Jepang terhadap minuman ini. Yamazaki sengaja menyimpan whisky dalam gudang bawah tanah yang berbentuk melengkung. Di dalam gudang terdaat sebanyak 2.000 tong whisky yang didiamkan dan disimpan selama beberapa musim.

“Musim panas menghasilkan aroma yang dalam dan kompleks,” kata Shinji Fukuyo, kepala pencampur whisky di Beam Suntory yang memiliki Yamazaki.

Jim Murray sendiri menggambarkan dalam bukunya, bahwa whisky ini merupakan “kejeniusan yang hampir tak tergambarkan”.

Airnya diambil dari sumur di kota terdekat. Air ini tersohor akan kandungan mineral dan kelembutan yang dimilikinya. Whisky kemudian ‘dimatangkan’ di tong bekas penampungan sherry yang sulit didapat, tong ini khusus dibuat dari kayu oak dan didatangkan dari Spanyol utara.

Whisky ini memiliki aroma khas yang tajam dan istimewa. Murray pun memberi nilai yang sangat tinggi pada whisky istimewa ini, Ia memberi nilai 97,5 dari 100. Nilai ini merupakan nilai tinggi pertama kalinya untuk whisky asal Jepang.

Yamazaki sendiri merupakan produsen whisky komersial pertama di Jepang.(dea)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak