Menikmati Pemandangan Kota Padang di Bukit Nobita


Bukit Nobita (Beyubay.tumblr.com)

Mendengar nama Nobita, pasti kalian berpikir kalau Nobita merupakan salah satu tokoh dalam serial kartun Jepang “Doraemon”. Memang tidak salah, namun dalam hal ini, yang dibicarakan adalah Nobita yang berbeda. Nobita di sini adalah nama bukit yang ada di Sumatera Barat.

Bukit Nobita (YouTube)
Bukit Nobita (YouTube)

Bukit Nobita, saat ini menjadi salah satu kawasan fenomenal dan ‘heboh’ diperbincangkan para Netizen dan masyarakat Sumatera Barat, khususnya Kota Padang. Bahkan, kawasan ini telah bikin penasaran siapa saja yang belum pernah berkunjung kesana. Tak ayal, kondisi ini membuat masyarakat silih-berganti berdatangan.

Sebelum namanya menjadi Bukit Nobita, bukit ini aslinya bernama ‘Bukit Batu Jarang’ dan ‘Tungku Tigo Sajarangan’. Menurut warga sekitar, Efrizal, penamaan Bukit Nobita berawal dari mahasiswa Unand Padang yang datang kesini, yang mengatakan kalau pemandangan dari atas bukit itu mirip seperti pemandangan bukit belakang sekolah Nobita, kemudian diusulkanlah nama bukit itu menjadi Bukit Nobita. Mereka mengabadikan nama itu, sehingga menjadi populer dikalangan masyarakat.

Mengenai perubahan nama tersebut, Erizal mengatakan kalau warga dan Ninik Mamak (penghulu adat) tidak merasakan keberatan. Hanya saja, warga mengingatkan selama pengunjug masih menjaga nama baik kampung dan tidak berprilaku buruk di bukit ini. “Tidak masalah,” terang Erizal.

Bukit Nobita menjadi tempat wisata ramai kunjungan saat ini, terutama kalangan muda-mudi. Nyaris tidak ada di antara mereka yang datang melewatkan momennya untuk berfoto selfie bareng teman-teman dan pasangan.

Bukit Nobita sendiri terletak di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung. Lokasinya tidak terlalu sulit dicapai. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, jarak tempuh hanya sekitar 10 menit dari jalan By Pass. Tepatnya dari simpang Kampung Jua, antara Perempatan Lubeg dengan Pelabuhan Teluk Bayur.

Tiba di lokasi, parkir kendaraan sudah tersedia di halaman rumah penduduk dan dijaga pemuda setempat. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5 ribu, kendaraan kamu dijamin aman.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tidak terlalu jauh, hanya berjarak selemparan batu dari daerah pemukiman.

Suasana Bukit Nobita ini terbilang masih asri, jalan-jalannya diselimuti semak-semak belukar karena belum begitu terjamah banyak orang. Keindahan Kota Padang jelas terlihat disini. Kerlap-kerlip lampu di malam hari sungguh menambah eksotiknya Bukit Nobita. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
91
Love
OMG OMG
81
OMG
Yaelah Yaelah
11
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
101
Keren Nih
Ngakak Ngakak
31
Ngakak