Kisah Gadis Kecil Penyapu Jalanan


Liu Yiting, gadis berusia 6 tahun terpaksa harus berhenti sekolah. Bukan karena ia tidak mau, melainkan karena pihak sekolah yang menolaknya. Hal itu lantaran kedua orangtua Liu bercerai, sedangkan nenek dan kakeknya yang mengasuhnya tidak memiliki hak perwalian dan dokumen jaminan sosial.

Gadis ini sungguh tidak seberuntung teman-teman sebayanya. Menurut berita yang dilansir dari Shanghaiist, orangtua Liu bercerai sejak empat tahun lalu, dan kemudian Liu tinggal bersama kakek dan neneknya di Jinan.

Ayah Liu pergi bekerja di Shenzen, sedangkan ibunya sudah tidak pernah lagi menghubungi Liu semenjak perceraian empat tahun yang lalu. Itu berarti kedua orangtua Liu bercerai saat Liu masih berusia 2 tahun.

Ayah Liu terpaksa pergi, karena orangtua yang tinggal di desa kecil di China tidak memiliki pilihan lain, selain harus ke kota-kota besar untuk mencari pekerjaan, sedangkan anak-anak mereka ditinggal di rumah dan dirawat orang lain.

Semenjak Liu berhenti dari sekolah, ia memutuskan untuk membantu kakek dan neneknya yang bekerja sebagai petugas kebersihan. Liu membantu sang nenek menyapu jalanan. Dengan senyum bahagia, Liu membantu tugas sang nenek.

Menyedihkannya lagi, ternyata Liu dan kakek neneknya hanya tinggal disebuah rumah sempit yang ukurannya tidak lebih dari 10 meter persegi di Jinan.

Anak seusia Liu seharusnya mendapatkan haknya untuk bersekolah dan mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtuanya. Tetapi sayang, Liu tidak bisa mendapatkan itu semua dan justru harus menanggung tugas orang dewasa.

Tetapi, dibalik itu semua Liu tetap bisa tersenyum dan bahagia karena memiliki kakek dan nenek yang perduli dan sayang kepadanya. Meskipun harus membersihkan dan menyapu jalanan Liu tetap menjalani hari-harinya dengan tulus.

Kisah gadis ini semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa sesulit apapun masalah yang kita hadapi, kita harus tetap bisa tersenyum dan selalu menaruh harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Kita harus selalu bersyukur dengan karunia yang telah diberikan Tuhan pada kita. (anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak