Lagi-lagi Dunia Dibikin Geger dengan Soal Matematika Singapura


Dunia ini sepertinya tak berhenti memberikan misteri dan pertanyaan kepada penduduknya. Setelah dibuat dibuat berpikir keras tentang warna The Dress dan seekor kucing naik turun, kini dunia ditantang untuk menyelesaikan sebuah soal matematika.

Matematika memang dikenal sebagai mata pelajaran yang sulit, namun sebuah soal di Singapura benar-benar membuat dunia berpikir keras. Tak hanya perlu menghitung, soal tersebut juga menuntut logika.

Dari potongan soal yang pertama kali diunggah oleh seorang presenter Singapura, Kenneth Kong, publik diminta untuk menebak berapa umur Cheryl. Albert dan Bernard diceritakan berteman dengan Cheryl dan ingin mengetahui ulang tahunnya. Berikut ini soal lengkapnya:

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan, yaitu:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli,
14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cheryl kemudian mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang bulan dan tanggal ulang tahunnya secara berurutan.

Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:

Albert: Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.
Bernard: Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.
Albert: Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl?

Ketika dunia bingung menebak-nebak, reporter Kenneth mengatakan bahwa soal itu bukan untuk siswa kelas 5 SD seperti yang ramai diberitakan pada awalnya, namun untuk siswa SMP kelas 3 dan merupakan soal level Olimpiade.

Penasaran jawabannya? Berikut jawabannya berdasarkan hasil analisis Nicholas Giovanni, Asisten Laboratorium Fisika Metalurgi pada Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, seperti dilansir dari Kompascom, Rabu (15/4/2015).

Kemungkinan awal adalah 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Bila ulang tahun Cheryl adalah 18 Juni ataupun 19 Mei, maka Bernard yang diberi tahu angka pasti langsung tahu karena angka 18 dan 19 tidak terdapat pada bulan-bulan lain.

Sisa kemungkinannya: 15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila Albert diberi tahu bahwa bulan ultah Cheryl adalah Mei atau Juni, maka Albert tidak akan bisa mengatakan, â??I know that Bernard does not know, too.â? Hal itu membuktikan bahwa Albert diberi tahu bahwa ultah Cheryl antara Juli atau Agustus.

Sekarang, sisa kemungkinannya adalah 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bernard diberi tahu tanggal. Dari perkataan Albert, Bernard tahu bahwa Albert diberi tahu bulan Juli atau Agustus. Bila Bernard diberi tahu tanggal 14, maka dia masih akan bingung karena terhadap 14 Juli dan 14 Agustus. Nyatanya dia berkata, â??But, I knowâ?. Berarti Bernard tidak diberi tahu bahwa tanggalnya adalah 14.

Pada tahapan ini, Bernard telah mengetahui bahwa ulang tahun pada tanggal 16 Juli. Sebabnya, Cheryl telah memberitahu Bernard bahwa anggal kelahirannya adalah 16.

Sebelumnya, sisa kemungkinannya adalah 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Agustus, maka dia masih akan bingung karena ada 15 Agustus dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Juli, maka dengan tereliminasinya tanggal 14 Juli, maka satu-satunya sisa tanggal adalah 16 Juli, dan itulah jawabannya.

Pro dan kontra juga muncul terkait soal tersebut. Menurut salah satu orangtua murid kelas 5 SD, Michael Tan, sebagaimana dikutip dari The Straits Times Singapore, soal seperti itu boleh saja diberikan untuk memberikan tantangan bagi siswa, namun pertanyaan-pertanyaan semacam ini seharusnya tak dijadikan bahan ujian. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak