Mau Kuliah Luar Negeri Murah? Negara Ini Pilihannya


Asik sekali ya, yang saat ini sedang menikmati masa libur panjang selepas perjuangan panjang menghadapi Ujian Nasional. Selulusnya dari sekolah, banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Buat kamu yang sudah lulus SMA dan ingin kuliah, masih bingung mau kuliah dimana? Bingung apakah harus memilih perguruan tinggi negeri atau swasta? Atau bahkan sebenarnya kamu ingin sekali kuliah di luar negeri, tetapi terhalang oleh biaya? Kalau itu masalahnya, JadiBerita punya solusinya untuk kamu. Kalau kamu ingin kuliah di luar negeri dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang rendah, negara-negara ini yang bisa kamu pilih:

1. Jerman

University of Maninheim (berkuliah.com)

Jerman adalah negara yang sudah terkenal sebagai negara tujuan para pelajar internasional. Kenapa Jerman diminati oleh banyak orang? Bagaimana tidak, Jerman merupakan negara terkaya di Eropa tetapi bisa memberikan jaminan terbaik bagi para pelajar di sana dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang murah. Dengan biaya hidup membutuhkan sekitar â?¬450-â?¬650/bulan. Sedangkan biaya kuliah, tergantung universitasnya. Kamu bisa saja mendapatkan beasiswa alias gratis selama berkuliah. Kalaupun kamu harus membayar, tidak akan lebih dari 10 juta rupiah per tahun. Per tahun, lho.

2. Prancis

Royal Holloway University (backpaker.com)

Negara tujuan selanjutnya adalah Prancis. Negara yang terkenal sebagai mode school dunia ini  memiliki kisaran biaya hidup yang murah, yakni sekitar â?¬350-â?¬500 per bulan. Sedangkan untuk biaya kuliah kamu cukup merogoh kocek â?¬175-â?¬200 per tahun.

3. Spanyol

University of Barcelona (studiboard.com)

Menurut lansiran dari HSBC, sebuah lembaga jasa keuangan dan perbankan dari Hongkok pada tahun 2013, Spanyol menduduki peringkat kedua negara termurah sebagai tujuan kuliah luar negeri. Untuk bisa menyambung hidup negara ini, kamu tidak akan mengeluarkan lebih dari 65 juta rupiah per tahun. Dan untuk biaya kuliahmu, cukup dengan 15 juta rupiah pertahunnya.

4. Taiwan

National Taiwan University (wikimedia.org)

Masih berdasarkan lansiran HSBC, ada perwakilan dari Asia. Untuk biaya kuliah di Taiwan memang tegolong agak mahal, tetapi rasanya hampir sama saja dengan biaya kuliah di universitas swasta ternama di Indonesia. Negara Taiwan memiliki keunggulan dengan rendahnya biaya hidup negara ini, yakni dalam setahun kamu hanya menghabiskan paling banyak 55 juta rupiah.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak