5 Cemilan Indonesia Ini Serupa dengan Kue Belanda

Kamu pasti tidak asing dengan kuliner Belanda. Belanda yang dulunya pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun telah membuat dampak yang signifikan bagi perkembangan kuliner Indonesia. Ada banyak sekali kuliner Belanda yang telah diadaptasi oleh masyarakat Indonesia, terutama cemilan khas Belanda. Berikut ada lima cemilan Indonesia yang diadaptasi dari Belanda, yaitu:

1. Lapis Legit diadaptasi dari Spekkoek

Spekkoek, cake ini dibawa oleh warga Belanda saat menjajah Indonesia dulu. Kata spek dalam bahasa Belanda berarti lapisan lemak bacon atau babi. Tapi sebenarnya spekkoek tidak menggunakan bahan lapisan lemak dari babi, hanya bentuk kue ini seperti lapisan lemak babi yang berlapis-lapis sehingga dinamakan spekkoek. Di Indonesia, cake ini dikenal dengan nama kue lapis legit yang sering muncul dalam peringatan hari raya.

2. Odading diadaptasi dari Olliebollen

Olliebollen merupakan kue goreng Belanda yang diberi isian kismis dan ditaburi gula bubuk. Cemilan ini mirip dengan odading yang banyak di jual di daerah Bogor. Sama seperti olliebollen, odading juga merupakan kue goreng. Adonan olliebollen dan odading sama-sama terbuat dari tepung, telur, ragi, garam, dan susu.

3. Kue Cubit (Indonesia) dan Poffertjes (Belanda)

Kue cubit yang sedang marak belakangan ini ternyata berasal dari cemilan khas Belanda poffertjes. Adonan dasar kue cubit yang digunakan tidak jauh berbeda dengan adonan poffertjes yang menggunakan tepung, telur, susu, mentega, dan gula. Cara memasaknya pun sama. Adonan kue cubit dan poffertjes di masak dalam sebuah cetakan bulat hingga matang. Bedanya, cara penyajian poffertjes biasa ditaburi dengan gula halus, kue cubit ditaburi meises coklat atau keju parut.

4. Kue Leker diadaptasi dari Panekuk

Pannenkoek alias panekuk adalah kue dadar tipis yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air lalu tuang di atas wajan datar. Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan dengan berbagai macam topping mulai dari yang manis hingga asin. Cemilan ini mirip dengan kue leker yang banyak kita jumpai di Bandung. Bedanya, kue leker dibuat sangat garing dan chrispy.

5. Risol diadaptasi dari Rissole

Rissole alias risoles adalah cemilan gurih berisi daging cincang dan sayuran yang dibungkus dengan adonan kue dadar, lalu dilapisi kocokan telur ayam dan tepung panir, kemudia digoreng hingga kecoklatan. Di Indonesia sendiri, rissole lebih dikenal dengan nama risol, kue gurih yang sering muncul dalam snack box jajanan Indonesia. Risol yang terkenal di Indonesia berisi ragout yang terbuat dari daging ayam, wortel, kentang, susu, dan mentega. (rei)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

5 Restoran Ini Hadirkan Pemandangan Bawah Laut yang Bikin Sejuk Suasana

Kenapa Upacara Bendera Dilakukan Hari Senin?