Gardu Action : Wisata Edukasi di Selatan Yogyakarta Bikin Kamu Tambah Ilmu


Uniknya Gardu Action dapat dilihat dari pintu gerbangnya
Uniknya Gardu Action dapat dilihat dari pintu gerbangnya
Uniknya Gardu Action dapat dilihat dari pintu gerbangnya

Mayoritas orang ketika mendengar kata â??Garduâ? tentu yang terlintas dalam benaknya yaitu sebuah bangunan mungil, layaknya pos kampling berisi sebuah tikar dan televisi. Namun berbeda dengan Gardu Action yang terletak di pinggi pantai Parangkusumo ini, disini merupakan tempat wisata baru di Yogyakarta. Sebuah lokasi menarik untuk anak hits Jogja dan sekitarnya untuk menikmati wisata yang mengandung unsur edukasi. Gardu Action ini masih terbilang baru, karena usianya pun belum genap satu tahun. Mula terbentuknya yaitu dari bank sampah yang diolah oleh pemuda desa kemudian digunakan untuk tempat bersantai, berekspresi, berkreasi, juga berimajinasi. Mereka adalah pemuda di sekitaran Pantai Parangkusumo yang di bantu oleh staff desa, hingga terwujudlah Gardu Action ini.

Apa aja sih keistimewaan Gardu Action?

Ketika Tim JadiBerita melangkahkan kaki kemari, terasa nuansa damai dan tenang di dalamnya. Tampak keunikan tersendiri dari bangunan disini, terasa khas dengan barang daur ulang hasil kekreatifan para pemuda. Disinilah salah satu lokasi asik untuk menenangkan diri dari kebisingan suara kendaraan. Gardu Action inilah yang mempersembahkan berbagai benda â?? benda unik nan menarik dari bahan limbah juga sampah. Dari celah pepohonan kami dapat merasakan sejuknya udara Pantai Parangkusumo dengan segelas air lemon tea. Disini berbagai hal bisa dilakukan,karena ada camping ground selayaknya tempat untuk berkemah, cafe outdoor dengan susunan kayu-kayu nan ciamik, miniatur tanaman terasiring, bermain ayunan dan melihat indahnya senja, memesan beberapa menu makanan, bahkan belajar mengolah sampah menjadi benda bermanfaat.

Dimana sih letak Gardu Action ini?

Lokasi tepatnya dari Garcu Action ini yaitu di Pinggiran Pantai Parangkusumo. Dari Jogjakarta arah kan kendaraan menuju Jl.Parang Tritis kemudian ikuti jalan tersebut yang mengarah ke selatan hingga melewati TPR Pantai Parangtritis, 500 meter kemudian ada pertigaan yang mengarahkan ke Pantai Parangkusumo maka ambil ke arah kanan. Setelah jalan 1 kilometer ada pertigaan ambil kekiri, 15 meter dari belokan tersebut aden dan enon sudah sampai di Gardu Action.

Fasilitas apa saja sih yang ada di Gardu Action?

Jika aden dan enon kemari, maka banyak fasilitas yang bisa dinikmati.

  1. Bangku â?? bangku dari kayu bekas yang disusun dengan unik
  2. Warung yang menjual berbagai menu dengan harga murah
  3. Toilet dengan suasana menarik
  4. Gazebo yang disusun sedemikian rupa di dekat pantai
  5. Tempat untuk mensortir sampah
  6. Camping ground untuk berkemah
  7. Hiasan â?? hiasan lucu untuk pengunjung berfoto ria
  8. Tiket gratis, namun untuk aden dan enon yang mau donasi telah disediakan kotak khusus loh

Hal yang perlu kalian siapkan sebelum kemari

Buat aden dan enon yang ingin kemari, maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan supaya kunjungan terasa lebih nyaman. Berhubung angin di pinggir pantai amat kencang, ada baiknya untuk mempersiapkan jaket sebelum tubuh kalian tersambar dinginnya suasana pantai. Kemudian bawalah cemilan dari luar, karena disini hanya menyediakan beberapa menu minuman dan makanan berat. Walaupun lokasi ini semulanya adalah bank sampah, tapi bukan berarti kamu bebas membuang sampah ya gaes. Disini aden dan enon dilarang membuang sampah sembarangan, mencoret â?? coret seenak hati, dilarang free sex sembarangan, tak boleh minum alkohol, dan segala hal yang merusak sangat dilarang keras disini.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak