5 Kereta Jadul dengan Bentuk Amazing!


Mungkin kamu sering bepergian dengan menggunakan transportasi kereta. Biasanya orang yang menggunakan kereta destinasinya adalah ke luar kota. Namun pernahkah kamu melihat bentuk kereta yang beda dari biasanya, bahkan bisa dibilang unik? Dilansir dari Listverse, Jumat (8/1/2016), berikut adalah 5 kereta dengan bentuk yang amazing.

1. Holman Train

Holman Train (USPTO)
Holman Train (USPTO)

Yang membedakan kereta ini dengan kereta pada umumnya adalah adanya roda ekstra yang dipasang di bagian atas roda bawah kereta tersebut. Roda tersebut sebenarnya tidak mempunyai fungsi “spesial”, tetapi penemunya mengatakan bahwa roda tersebut membuat kereta tersebut bergerak lebih cepat. Skema “curang” tersebut mampu membius penilai perkeretaan sehingga akhirnya mendapatkan hak patennya dan mendapatkan izin test operasi transportasi.

2. Jean BertinĂ¢??s Aerotrain

Jean BertinĂ¢??s Aerotrain (Croquant)
Jean BertinĂ¢??s Aerotrain (Croquant)

Pada tahun 1960an, Jean Bertin’s Aerotrain merupakan salah satu perusahaan kereta kelas dunia. Pertama kali didirikan oleh pemerintah Perancis yang bertujuan untuk menggantikan kereta konvensional, Aerotrain tergerak oleh tren produksi bantalan angin diatas monorail beton. Keretanya nyaman, ringan, bersuara halus, dan cepat. Prototypenya mampu mencapai kecepatan 420 km/jam (260 mph). Biaya pembuatan lintasan murah dan gampang dibangun. Sisi terbaiknya, mereka tidak perlu kecermatan tingkat tinggi dan perawatan yang mahal seperti lintasan normal. Sayangnya setelah Bertin dikembalikan secara utuh kepada Pemerintah Perancis, semua rencana pengembangan Bertin dihentikan pada tahun 1974.

3. General Motors Aerotrain

General Motors Aerotrain (Roger Puta)
General Motors Aerotrain (Roger Puta)

General Motors dikenal sebagai perusahaan mobil, dan kemudian merambah ke kereta pada tahun 1950an. Aerotrain bukanlah hal baru pada masa itu. Pihak General Motors hanya menggabungkan beberapa bus mereka dan menempatkannya sebagai gerbong kereta. Meskipun demikian The Aerotrain merupakan kereta yang ringan dan cepat, dengan ukuran berat yang kurang dari setengah kereta normal ketika diisi penuh dengan penumpang.

4. Michelin Railcar

Michelin Railcar (warwickshirerailways)
Michelin Railcar (warwickshirerailways)

The Michelin Railcar merupakan perpaduan antara kereta penumpang dengan bus komersial. Konsep kereta ini diinspirasi oleh Andre Michelin, yang meminta para pekerjanya untuk berinovasi dalam menciptakan sesuatu yang bertujuan untuk menggantikan kebisingan roda kereta regular. Alhasil, para pekerjanya mendesain sebuah kereta yang menggunkan roda karet. Kereta ini punya komponen khusus untuk menghentikan kereta apabila keluar jalur jika rodanya gundul. Bentuk serta cara mengoperasikan kereta ini sangat mirip cara kerja bus komersial, sehingga bisa dikemudikan tanpa perlu repot-repot latihan mengemudikan sebuah kereta.

5. Armored Trains

Armored Trains (William C. Russell)
Armored Trains (William C. Russell)

Kereta ini pertama kali digunakan untuk kepentingan militer selama Perang Saudara di Amerika Serikat ketika Jendral Joseph Hooker mengangkut lebih dari 20 ribu tentara dengan kereta ini. Otomatis, kereta ini dilindungi oleh senjata pelindung yang bertujuan untuk melindungi para prajurit yang diangkut dari sergapan musuh. Alhasil, kereta ini sebagian besar dilapisi oleh baja, dan pada akhirnya menjadi gudang senjata berat dan peralatan tempur lainnya, seperti meriam, senjata antiaircraft, dan senjata mesin. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak