Material Termahal Sedunia, Perangkat PC Jadi Seukuran Micro SD


Sebuah material baru yang diciptakan ilmuwan di Laboratorium Universitas Oxford menjadi material termahal di dunia dengan harga yang ditaksir mencapai USD 150 juta atau sekitar  Rp 2 triliun per gramnya.

Material bernama ‘fullerene endohedral’ yang ditemukan pada tahun lalu itu adalah sebuah kerangkeng atom-atom karbon yang berisi atom-atom nitrogen. Para ilmuwan di Oxford University, Inggris mengumumkan bahwa laboratorium spin-off lewat proyek Design Material Karbon kini memproduksi fullerene endohedral dan menjual sampel pertama mereka seharga Rp 442 juta untuk 200 mikrogram atau sekitar sepertiga berat dari rambut manusia.

Fullerene Endohedral (Penggagas)
Fullerene Endohedral (Penggagas)

Material ini digunakan untuk membuat jam atom, sistem penunjuk waktu paling akurat di dunia, dalam ukuran portabel. Sampai saat ini, jam atom hanya bisa dibuat dalam ukuran yang menghabiskan satu ruangan untuk menempatkannya.

â??Bayangkan sebuah jam atom yang dapat Anda bawa-bawa di dalam ponsel pintar Anda,â? kata Dr Kyriakos Porfyrakis penemu material tersebut, seperti dikutip dari Telegraph, Senin (15/2/2016). â??Ini adalah revolusi selanjutnya bagi ponsel.â?

Jam atom FOCS1 (Metascms01)
Jam atom FOCS1 (Metascms01)
Ponsel (Telegraph)
Ponsel (Telegraph)

Jika benar nantinya jam atom bisa menjadi seukuran ponsel, bukan tidak mungkin lagi kalau perangkat PC kemudian akan menjadi seukuran MicroSD, mengingat saat ini sudah tersedia perangkat PC berbentuk USB.

Kegunaan lainnya adalah untuk membuat sebuah sistem navigasi GPS untuk mobil tanpa pengendara dengan tingkat ketepatan hingga 1 milimeter. Sebagai informasi, perangkat GPS saat ini tingkat akurasinya sekitar 1-5 meter.

â??Akan ada banyak penerapan untuk teknologi ini. Yang paling terlihat adalah untuk mengendalikan kendaraan tanpa pengemudi,â? kata Direktur dari Oxford Technology SEIS fund, Lucius Cary. Oxford Technology adalah lembaga pendanaan yang ikut berinvestasi dalam penelitian tahun lalu.

MicroSD (Futuretimeline)
MicroSD (Futuretimeline)

Atom karbon ada dalam berbagai bentuk, termasuk bentuk wajik dan graphene. Fullerene yang dinamakan Buckminsterfullerene ini terbentuk dari 60 karbon atom. Material ini juga disebut sebagai bucky ball karena bentuknya yang menyerupai bola.

Lalu apa yang membuat material ini memiliki harga selangit? Tingginya harga material tersebut disebabkan tingkat kesulitan pembuatannya. Para peneliti harus bekerja dalam tingkat atomik, membuatnya sangat sulit untuk diproduksi dengan cepat dan jumlah besar.

Jika nantinya material ini dijual, akankah kamu membelinya? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak