Indahnya Pesona Taman Nasional Baluran, Mini Afrika di Jawa Timur


Menikmati keindahan hamparan savana yang luas, tak perlu jauh-jauh ke Afrika. Sebab di Jawa Timur ada hamparan savana terluas di Pulau Jawa yakni Taman Nasional Baluran. Saat kamu berkunjung ke sana, serasa berada di Afrika!

balurannationalpark.web.id

Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, berada di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi. Taman nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan di Pulau Jawa yang cenderung kering, seperti savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai dan hutan rawa.

Taman Nasional Baluran ini merupakan destinasi wisata yang unik. Lantaran di sini kamu bisa menemukan banyak sekali satwa liar layaknya Afrika. Tak heran jika Baluran dijuluki Little Africa in Java.

detik.com

Taman Nasional ini memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan dan di antaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering. Tak hanya itu kamu pun bisa menikmati kesejukan dan keindahan Evergreen Forest

balurannationalpark.web.id

Sedangkan untuk satwa, terdapat 26 jenis satwa yang tinggal di di kawasan ini, diantaranya banteng yang merupakan ikon dari taman nasional ini, kerbau liar, kijang, rusa, macan tutul, kancil dan kucing bakau. Selain itu, juga terdapat 155 spesies burung yang hidup di kawasan ini.

balurannationalpark.web.id

Tak cukup sampai di situ pesona Taman Nasional Baluran, di sini pun ada Pantai Bama yang merupakan spot untuk melihat sunrise, terdapat pula banyak pohon mangrove dan kawasan konservasi. Di Pantai Bama kamu pun bisa menyewa perahu untuk berkeliling Taman Nasional. Selain itu disini juga merupakan spot snorkeling yang cukup bagus, bisa melihat banyak ikan dan biota laut.

Keindahan batu koral di laut Gama (balurannationalpark.web.id)

Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan menyusuri Padang Savana sepanjang Taman Nasional. Kalau ingin maksimal melihat satwa-satwa yang ada di sini lebih baik berjalan kaki, karena satwa-satwa di sini sangat takut dengan manusia. Mendengar suara mesin mobil atau motor saja satwa-satwa tersebut langsung kabur masuk ke dalam hutan.

Terdapat pula situs sejarah, seperti goa peninggalan masa kolonial Jepang, makam putri Maulana Malik Ibrahim dan pengunjung juga bisa melihat atraksi tarian burung merak di saat musim kawin. Dan juga ada beberapa destinasi lain seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bisa anda kunjungi.

http://balurannationalpark.web.id

Mengamati kehidupan hewan liar di Taman Nasional Baluran, merupakan sebuah pengalaman luar biasa. Apalagi ditambah keindahan alam dan beberapa destinasi yang juga terdapat di Baluran. Jadi, jangan sia-siakan pesona Indonesia yang satu ini. Jika berkunjung ke Jawa Timur, sempatkanlah untuk mampir ke Taman Nasional Baluran, ya JBers!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak