Dont be Captious
Mendaki Gunung (www.mytravelbackpack.com)

5 Tips Ini Bantu Kamu Pilih Ransel yang Oke untuk Naik Gunung

Salah satu wisata alam yang menantang adalah naik gunung. Banyak anak muda, terutama para cowok yang menjadikan naik gunung sebagai hobi yang rutin dilakukan saat liburan. Namun, untuk naik gunung tentunya butuh peralatan mendaki yang baik, salah satunya adalah tas ransel yang mampu menyimpan semua barang bawaan kamu. Faktor utama dalam memilih ransel tentunya adalah kenyamanan. Kamu tidak mau khan kalau ransel yang kamu bawa justru menjadi penghalang saat kamu sedang mendaki. Oleh karena itu, JadiBerita akan memberikan lima tips cara memilih ransel yang oke untuk naik gunung, yaitu:

1. Aktivitas dan Lama Mendaki

Lama Mendaki (faveable.com)
Lama Mendaki (faveable.com)

Pertama-tama, kamu harus menentukan aktivitas yang akan kamu lakukan, mendaki gunung sambil berkemah saja atau dengan memanjat tebing. Setelah tahu, kamu harus mengukur lama pendakian kamu karena lama pendakian akan sangat menentukan kapasitas ransel yang dibutuhkan. Kamu tak ingin khan kalau ada barang bawaan kamu yang tidak bisa masuk ransel. Lama pendakian tiga hari akan berbeda dengan lama pendakian tujuh hari. Semakin lama kamu menghabiskan waktu untuk mendaki, semakin besar ransel yang kamu butuhkan.

2. Pilihan Jenis Bahan

Bahan Ransel (demandware.edgesuite.net)
Bahan Ransel (demandware.edgesuite.net)

Pemilihan jenis bahan dipengaruhi oleh tujuan tempat kamu mendaki. Misalnya, jika kamu mendaki ke gunung yang ada di wilayah tropis dengan dominasi vegetasi hutan rapat akan membutuhkan bahan ransel yang kuat dan tidak mudah sobek. Sementara jika kamu mendaki ke wilayah subtropis kamu lebih membutuhkan bahan ransel yang kuat serta kedap air. Ada tiga bahan yang biasa digunakan untuk membuat ransel, yakni cordura, nylon, dan polyester. Bahan cordura adalah bahan yang tebal dan kuat. Bahan ransel ini juga diakui dunia karena telah berlisensi perusahaan tekstil dari Perancis.

3. Kenali Bentuk Tubuh Kamu

Kenali Bentuk Tubuh (www.arcteryx.com)
Kenali Bentuk Tubuh (www.arcteryx.com)

Kenapa harus mengenal bentuk tubuh sendiri? Mengenal bentuk tubuh merupakan salah satu faktor penting karena panjang tulang belakang alias torso kamu akan menentukan ukuran ransel. Pilih ransel berdasarkan ukuran small, medium, atau large. Jika tidak ada yang cocok sesuai bentuk tubuh kamu, pilih saja tipe ransel yang bisa disesuaikan untuk tinggi shoulder straps.

4. Bentuk Ransel

Bentuk Ransel (tinoescalada.wordpress.com)
Bentuk Ransel (tinoescalada.wordpress.com)

Point ini masih berkaitan dengan point di atas. Apapun bentuk tubuh kamu, bentuk ransel yang kamu pilih akan sangat menentukan kenyamanan selama kamu mendaki gunung. Pilihan bentuk ransel memanjang ke atas akan berbeda dengan pilihan melebar ke samping. Disarankan untuk memilih bentuk ransel  memanjang ke atas karena bentuk ransel yang melebar ke samping akan mempersulit pergerakan tangan , terutama saat bergerak mengayun ketika mendaki. Usahan lebar ransel jangan melebih bahu ya JBers!

5. Fitur yang Dimiliki

Back System pada Ransel (www.gapyeartravelstore.com)
Back System pada Ransel (www.gapyeartravelstore.com)

Ransel dengan beragam fitur, akan sangat membantu kamu saat mendaki. Fitur-fitur yang ada dalam ransel ini seperti, trekking pole holder, matras holder, side pocket untuk menaruh tempat minum atau matras, kompartemen tambahan, dan lainnya. Jangan lupa untuk memilih back system ransel yang berbentuk bantalan atau jaring karena back system mampu menyesuaikan kenyamanan antara ransel dan punggung. Jangan lupa untuk memastikan back system ransel kamu memiliki ventilasi untuk pertukaran udara. Jika pertukaran udara tidak berjalan lancar, maka perjalanan mendaki kamu akan cepat lelah.

Nah, sudah tahu khan tips-tips memilih ransel untuk naik gunung. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi badan kamu sebelum naik gunung agar saat naik gunung, badan kamu jadi lebih fit. Selamat mendaki ya JBers! (jow)

Apa Komentarmu
Loading...