Lembah Harau, Bukti Nyata Betapa Megah Indonesia


Alam Indonesia yang menawan, tak ada pernah ada habisnya. Bagian bumi Indonesia, Sumatera Barat, punya pesona alam yang indah. Salah satunya adalah Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 18 km dari kota Payakumbuh. Nama Lembah Harau menjadi terkenal di kalangan traveler berkat panoramanya yang menawan.

Lembah subur yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat ini sebenarnya merupakan cagar alam yang memiliki luas 669 hektar. Lembah ini terletak di antara dua tebing batuan pasir yang tingginya bisa mencapai 100 meter dan membentang hingga beberapa kilometer jauhnya. Sepanjang wilayah itu, kamu akan disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan, mulai dari bentangan sawah, sejumlah air terjun yang memesona, dan batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

panduanwisata.id

Di Lembah Harau terdapat 300 lokasi panjat tebing yang menawan, dengan kecuraman tebing di tempat mencapai 90 derajat dan ketinggian yang mencapai 150 hingga 200 meter. Dinding curamnya yang indah, bukan hanya menjadi daya tarik bagi para pemburu foto, tetapi bagi para pemanjat tebing. Pagar tebing cadas yang curam, telah menciptakan relief cantik. Tak salah rasanya jika Lembah Harau menjadi surga bagi pecinta panjat tebing.

Eksotisme Lembah Harau, membuat tempat ini dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

Selain alam hijau yang menyelimuti wilayah ini, Lembah Harau juga menawarkan daya tarik lain berupa airterjun-air terjun yang indah dan eksotis. Diantaranya adalah Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Murai dan Air Terjun Sarasa Luluih.

detik.com

Lembah Harau ini terdiri dari tiga kawasan yaitu Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Resort Aka Barayun memiliki keindahan air terjun dan kolam renang ditambah nuansa alam yang asri. Selain itu juga berpotensi untuk pengembangan olah raga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan mampu memantulkan suara (echo). Di sini juga terdapat fasiltas penginapan berupa homestay lengkap dengan fasilitasnya.

Keindahan Lembah Harau telah diakui dunia. Pesonanya sebagai lokasi panjat tebing, berhasil meraih penghargaan dari Lonely Planet sebagai The Best Developed Rock Climbing Area, lho!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak