5 Jurusan yang Kamu Anggap Kurang Keren Ini, Siap Tawarkan Masa Depan Cerah


Students taking written examination, side view

Kuliah di jurusan populer dan sudah jelas prospeknya, seperti Kedokteran, Komunikasi, Hukum maupun Teknik, memang impian semua calon mahasiswa. Tapi, jurusan favorit tidak jamin masa depanmu bakalan sukses besar, lho.

Yang perlu kalian tahu bahwa di luar sana ada jutaan siswa-siswa yang ingin duduk di bangku perkuliahan dengan jurusan populer tersebut. Terlebih di universitas-universitas negeri, jurusan-jurusan yang disebutkan tadi, sangat ramai peminat. Alhasil kamu harus berebut kursi dengan pendaftar lain.

Tak perlu jurusan favorit untuk menjadi sukses, kok. Sebab jurusan-jurusan yang seringkali kamu anggap kurang keren ini pun, siap tawarkan masa depan yang cerah untukmu. Apa saja? Berikut ini 5 jurusannya.

1. Ilmu Perpustakaan

southseattle.edu

Kamu sering kali menganggap hidup di antara tumpukan buku, begitu membosankan. Apalagi harus menempuh jurusan Ilmu Perpustakaan, sangat tidak keren! Eits, jangan salah! Memilih jurusan ini bisa membawamu menuju kesuksesan, lho.

Lulusan ilmu perpustakaan memang diharapkan menjadi tenaga profesional di bidang perpustakaan. Namun, bukan sebatas menata buku saja. Ilmu perpustakaan ini akan mengajarkan kamu mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya. Jadi lulus dari sana kamu tak cuma jago merawat buku, tapi juga memanajemen informasi. Dari sinilah, potensi kerja di masa depan terbuka untukmu.

2. Sastra Jawa

zainbie.com

Sastra jawa secara spesifik mengkaji karya sastra dalam bahasa Jawa sebagai fenomena sosial dan budaya. Buatmu yang memang berdomisili di Jawa dalam waktu yang lama, ini akan bisa jadi jurusan yang tepat! Tapi buat kamu yang tidak tinggal Jawa? Jangan salah, ini pun bisa jadi peluang luar biasa buatmu.

Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai penguasaan bahasa jawa, Linguistik bahasa secara keseluruhan, Kesusastraan, Filologi, dan tentunya Aksara Jawa. Selain kamu menyimpan misi mulia yakni melestarikan budaya Jawa, dengan mengetahui cara berbahasa Jawa yang baik dan benar, kamu akan bisa menambah teman atau rekan bisnis dari orang-orang Jawa di Indonesia. Lulusan jurusan sastra daerah pun bisa kerja sebagai pengajar, kerja di media massa, kerja di museum, seniman atau jadi peneliti di perusahaan negara. Keren bukan?

3. Teknik Pengelasan

lensabis.com

Jurusan dengan nama yang kurang keren ini akan memberikanmu uang yang banyak. Teknik pengelasan merupakan salah satu jurusan yang berada di bidang permesinan. Di jurusan ini kamu akan memahami simbol pengelasan, geometri sambungan dan diskontinuitas pada pengelasan, menguasai welding code, dan menguasai konsep perencanaan dan pengkoordinasian kebutuhan material, tenaga kerja, penjadwalan serta perhitungan biaya dalam pekerjaan-pekerjaan di bidang pengelasan.

 

Lulusan Teknik Pengelasan ini sangat dibutuhkan oleh industri. Sebab tidak sedikit industri yang mampu mensiagakan para pekerja di bidang listrik untuk menjaga kecakapan mesin-mesin yang ada di perusahaan.

4. Teknik Metalurgi

blogspot.com

Beberapa universitas ternama di Indonesia, menyediakan jurusan Metalurgi. Dengar namanya saja, mungkin akan terasa asing, bagaimana mau menempuh pendidikan di sana? Duh, jangan salah paham lagi, ya.

Di jurusan Metalurgi, kamu akan belajar bagaimana merancang logam, mempelajari sifat logam dan memecahkan masalah dalam bidang manufaktur. Kelak kamu akan menjadi seorang Insinyur di bidang metalurgi. Kamu akan sering bekerja sama dengan insinyur pertambangan dalam proses ekstraksi bijih logam setelah ditambang. Masa depan sudah tentu cerah, di perusahan smelter seperti Krakatau Steel, kamu sudah siap mengantongi $80,000 sebagai upahmu. Keren kan?

5. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

fapertabulyatama.blogspot.com

Heran dengan nama jurusan tersebut? Namun, universitas ternama, seperti Universitas Gajah Mada dan Universitas Hassanudin, menyediakan jurusan ini, lho, tapi ya memang sepi peminat. Padahal, jurusan ini siap memberikanmu masa depan yang cerah, lho.

Sebagai salah satu lulusan di jurusan ini, kamu bisa jadi pencetus produk-produk yang bisa mengatasi masalah hama dan penyakit tumbuhan. Apalagi Indonesia itu negara agraris lho di mana penghasilan Indonesia memang mayoritasnya didapat dari pertanian. Selain itu, lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, seperti Departemen Pertanian, Kemenristek Dikti, LIPI, Bappeda, Badan Karantina Nasional, perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan swasta nasional maupun internasional.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
41
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
91
Ngakak