Prediksi-prediksi Serial The Simpsons yang Jadi Kenyataan


Serial kartun di televisi memang menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat. Berbagai lapis masyarakat punya acara kartun favoritnya masing-masing. Namun, berbeda dengan serial kartun satu ini, yaitu “The Simpsons”. Ya, “The Simpsons” yang mulai mengudara pada tahun 1989 sampai saat ini masih menjadi tontonan yang menghibur. Di balik tiap episodenya yang menghibur, rupanya serial ini telah memprediksi sejumlah prediksi masa depan? Masa depan yang dimaksud adalah realita yang kita alami sekarang, sudah diprediksi oleh “The Simpsons” sebelumnya. Contohnya seperti baru-baru ini ada prediksi soal Donald Trump yang jadi presiden. Ada apa lagi prediksi lainnya? Berikut beberapa prediksinya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Smartwatch

Smartwatch dalam serial The Simpsons (ZDNET)
Smartwatch dalam serial The Simpsons (ZDNET)

Dalam serial “The Simpsons”, pada episode “Lisa’s Wedding” yang tayang tahun 1995, putri dari Homer Simpson, Lisa Simpson akan dilamar oleh pacarnya. Pacarnya sendiri menggunakan jam tangan yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sekarang, tepatnya, 21 tahun kemudian, sejumlah perusahaan teknologi telah berlomba-lomba menjual jam pintar ini ke masyarakat.

2. Kamera GoPro

Homer Simpson pakai kamera di topi seperti GoPro (Elitedaily)
Homer Simpson pakai kamera di topi seperti GoPro (Elitedaily)

Dalam episode “Homer and Apu” tahun 1994, pebuah program investigasi dari media televisi meminta bantuan Homer Simpson untuk menggunakan topi yang dilengkapi dengan kamera. Tujuannya adalah untuk menangkap Apu si penjual makanan dari Kwik-E-Mart. Sistem penggunaannya hampir sama dengan kamera GoPro yang digunakan saat ini. Dari traveling, acara televisi, sampai foto-foto anak muda saat ini banyak menggunakan GoPro.

3. Auto-Correct

Auto Correct dalam serial The Simpsons (Twitter)
Auto Correct dalam serial The Simpsons (Twitter)

Dalam episode “Lisa On Ice” yang mengudara 1994, salah satu murid di sekolah yang sedang memperhatikan presentasi ingin mencatat sesuatu. Namun, saat dia mengetik ‘Beat Up, Martin’ malah dikoreksi menjadi ‘Eat Up, Martha’. Inilah keisengan auto-correct digambarkan dalam ponsel tahun 1994. Sekarang hampir semua smartphone memiliki fitur ini, meskipun tak semua orang menggunakannya.

4. Video call

Video call dalam serial The Simpsons (Imgur)
Video call dalam serial The Simpsons (Imgur)

Masih sama dalam episode “Lisa’s Wedding” tahun 1995, Lisa Simpson berbincang-bincang dengan ibunya, Marge lewat komputer. Mereka tidak lagi menggunakan telepon biasa, selayaknya orang-orang era 90-an. Kini, teknologi video call sudah biasa kita lihat, dan bisa kita lakukan lewat smartphone kita tanpa menggunakan komputer.

5. Virus Ebola

Prediksi virus Ebola (Daily Mail)
Prediksi virus Ebola (Daily Mail)

Beralih ke salah satu episode pada 1997. Istri Homer, Marge Simpson terlihat memegang sebuah buku atau brosur yang berjudul “Curious George and the Ebola Virus”. Kemudian, putra mereka, Bart menunjukkan sebuah gambar berwarna di mana dia meninggal dunia. Episode tersebut seperti memprediksi virus Ebola yang sempat diperbincangkan beberapa waktu lalu.

6. Peristiwa 11 September

Prediksi tragedi 11 September dalam The Simpsons (Secretsofthefed)
Prediksi tragedi 11 September dalam The Simpsons (Secretsofthefed)

Dalam episode “New York City Against Homer” tahun 1997, terlihat seakan-akan pengarang cerita dan pengarah kartun ini tahu tentang kejadian ini. Secara signifikan terlihat tulisan “New York”, angka 9, serta gedung kembar yang juga dianalogikan sebagai angka 11. Dari situ banyak yang percaya bahwa itu adalah sebuah peringatan akan ada kejadian tidak mengenakkan di New York pada tanggal 9/11 yang berlokasi di gedung kembar, alias Menara WTC.

7. Kematian pemain sirkus

Pemain sirkus yang diprediksi tewas dalam The Simpsons (Playbuzz)
Pemain sirkus yang diprediksi tewas dalam The Simpsons (Playbuzz)

Kakak beradik pemain sirkus, Siegfried dan Roy diterkam oleh hewan pentasnya sendiri, harimau putih, pada 2003. Hal tersebut diramalkan oleh “The Simpsons”, pada 1993. Dalam versi serial ini, dua saudara dari sirkus, bernama Gunther dan Ernst sedang melakukan pertunjukkan di kota tempat Homer tinggal. Namun, saat sedang pentas, mereka malah diterkam oleh harimau yang kesal dengan pemaksaan mereka saat pentas.

Selain prediksi di atas, sebenarnya masih ada prediksi-prediksi lainnya yang ada di dalam serial “The Simpsons”, namun tentu saja tak bisa dijabarkan semuanya. Mungkin lain waktu akan terjabarkan semuanya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak