Ridwan Kamil (Iglobalnews)

Selama ini, masyarakat, terutama warga Bandung, mengenal Ridwan Kamil sebagai seorang pejabat publik, yaitu walikota. Namun banyak yang belum tahu bahwa sebelum menjabat sebagai walikota, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek dan dosen nggak tetap di Institut Teknologi Bandung. Bukan sembarang arsitek, hasil karya Kang Emil ini sudah banyak tersebar di Indonesia bahkan luar negeri. Berikut adalah 5 mahakarya arsitektur Ridwan Kamil yang diakui dunia.

1. Masjid Al-Irsyad

Masjid Al-Irsyad (Kompas)

Bentuknya unik serta berbeda dari kebanyakan masjid yang ada di Indonesia. Sekilas hanya seperti kubus besar, tanpa ada kubah. Dari luar terlihat garis-garis hitam di sekujur dinding masjid. Ya, itu adalah rupa Masjid Al-Irsyad. Desainnya memang dirancang mirip Kabah yang ada di Arab Saudi. Siapa sangka masjid dengan bentuk unik ini adalah hasil karya Ridwan Kamil? Kerennya, bangunan ini langsung mendapatkan penghargaan The Best 5 World Building of The Year 2011 , sebagai salah satu desain terbaik dari lima tempat ibadah yang ada di dunia.

2. Rumah Botol

Rumah Botol (Furnizing)

Rumah Botol ini adalah rumah yang didiami oleh Ridwan Kamil dan keluarga. Rumah ini dibangun pada 2005, dan selesai pada 2007. Selain unik karena sebagian dinding rumah terbuat dari botol bekas minuman berenergi, rumah itu memiliki kelebihan lain, yakni hemat energi sekaligus mempraktekan konsep ramah lingkungan. Karena kelebihan ini, rumah botol disebut future art. Bahkan pada 2009, rumah botol meraih Green Design Award dari Asia Building Construction Information (BCI) Asia. Dalam ajang penghargaan ini, rumah botol berhasil menyingkirkan rumah-rumah future art lainnya dari berbagai negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan lainnya.

3. Ningbo Newtown, Tiongkok

Ridwan Kamil saat memamerkan hasil karyanya (Instagram)

Nggak hanya di dalam negeri, karya Ridwan Kamil juga ada yang di luar negeri. Salah satunya adalah Ningbo Newtown yang ada di Tiongkok ini. Ridwan Kamil mengaku sudah merancang desain kota ini dari tahun 2002, tapi pembangunan nggak bisa dilakukan dengan instan sehingga baru tuntas tahun 2016 lalu.

4. Beijing Finance Street

Beijing Finance Street (Wikipedia)

Masih dari Tiongkok, Ridwan Kamil juga merancang Beijing Finance Street. Menurut Ridwan Kamil, Beijing Finance Street Super Block didesain tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008. Secara umum, di bagian tengahnya Beijing Finance Street Super Block terdapat ruang terbuka hijau. Bahkan area parkir nggak terlihat di permukaan. “Saya mengubah Kota Beijing menjadi lebih manusiawi dengan mengurangi parkir di depan gedung. Di dunia arsitektur, seperti itu terobosan besar sehingga parkirnya nggak kelihatan dari jalan, hanya kelihatan trotoar saja. Kebahagiaan saya itu,” tutur Emil.

5. Marina Bay, Singapura

Marina Bay (Redbubble)

Buat kamu yang pernah ke Singapura, mungkin pernah mengunjungi Marina Bay, dengan bangunan hotel yang terdapat kapal pesiar di puncaknya. Ternyata, kawasan tempat hotel itu berada merupakan rancangan dari Ridwan Kamil. Hal ini dituangkan lewat tulisannya di artikel The Jakarta Post. Ridwan mengaku bahwa selama di Singapura, dia sempat terlibat proyek besar, salah satunya adalah Marina Bay Waterfront Master Plan, yang kini dikenal sebagai Marina Bay.

Ternyata, walikota Bandung ini sudah memiliki sederet prestasi keren di bidang arsitektur. Sukses terus untuk Kang Emil. (tom)