5 Macam Beladiri Paling Berpengaruh di Dunia

5 Macam Beladiri Paling Berpengaruh di Dunia

2232

Seni bela diri merupakan satu kesenian yang muncul sebagai cara bagi seseorang untuk mempertahankan diri. Perkembangan seni bela diri berawal dari medan perang. Kemudian,  berkembang secara perlahan-lahan seiring dengan berkurangnya penggunaan senjata. Ironisnya, seni pertahanan ini tidak dipelopori oleh tentara, melainkan orang awam.

Bisa dikatakan seni bela diri terdapat di mana-mana. Di belahan dunia manapun, pasti ditemukan seni bela diri. Di setiap negara pasti ada bela diri dengan ciri khas masing-masing. Berikut lima seni bela diri yang paling berpengaruh di dunia:

1. Muay Thai

Muay Thai
Muay Thai

Muay Thai atau yang lebih dikenal dengan nama Thai Boxing adalah beladiri asli yang berasal dari Thailand. Beladiri ini merupakan beladiri yang sangat mengandalkan pertempuran dengan tangan kosong dan fisik yang sangat kuat. Hampir mirip dengan Kick Boxing, hanya saja teknik yang digunakan lebih beragam. Pencipta dari beladiri ini sampai sekarang belum diketahui namanya. Adapun awal mula beladirinya yakni sekitar abad ke 19. Beladiri ini menggunakan semua anggota badan dan yang paling sentral yaitu otot siku dan tulang kering. Banyak orang mengatakan bahwa beladiri Muay Thai paling menakutkan dan sangat mematikan.

2. Krav Maga

Krav Maga
Krav Maga

Krav Maga merupakan seni beladiri asli yang berasal dari Israel. Krav Maga berasal dari bahasa Ibrani yang berarti “pertempuran jarak dekat”. Tidak ada aturan baku dalam pertarungan Krav Maga. Baik pria maupun wanita menjalani metode latihan (drill) yang sama. Krav Maga tidak memiliki badan olahraga serta seragam resmi, walaupun beberapa organisasi mengenalkan sistem pangkat atau tingkatan berbeda dalam sistem kepelatihannya.

Meski tidak ada peraturan baku, Krav Maga pada pada dasarnya menekankan keselamatan diri penggunanya sambil berusaha melumpuhkan lawannya dengan cara apapun yang bisa dilakukan. Beberapa prinsip umum adalam Krav Maga adalah sebagai berikut:

  • Menetralkan penyerang secepat mungkin
  • Melakukan transisi dari teknik bertahan ke teknik menyerang secepat mungkin
  • Eksploitasi semua reflek alami dalam tubuh
  • Eksploitasi semua bagian tubuh yang mudah diserang (termasuk mata, tenggorokan, selangkangan, dan lain-lain)
  • Penggunaan semua benda yang ada sebagai bantuan

Selain latihan-latihan untuk pertarungan fisik, Krav Maga juga mengajarkan penggunanya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi sekitarnya sehingga bisa mengambil tindakan antsipasi sebelum penyerangan terjadi. Krav Maga juga mengajarkan metode agar penggunanya bisa menghindari situasi-situasi kekerasan yang membahayakan keselamatannya sebisa mungkin. Krav Maga sering digunakan oleh para pengawal dari petinggi Israel dan juga sebagian badan internasional contohnya, FBI, MOSSAT dan yang lainnya.

3. Wing Chun

Wing Chun
Wing Chun

Wing Chun merupakan penerapan dari salah satu kungfu yang berada di China. Sejarah Wing Chun lebih banyak diceritakan turun temurun dari guru ke murid, tidak ada catatan resmi mengenai siapa dan kapan diciptakan. Menurut versi Ip Man, Wing Chun diciptakan oleh Ng Mui pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi (1661-1722), Dinasti Qing. Wing Chun adalah sebuah bentuk seni bela diri yang sangat unik, spesialisasi pada pertarungan jarak dekat, memakai pukulan cepat dan tendangan dengan pertahanan yang ketat serta ketangkasan gerak kaki untuk mempercepat gerak maju.

Wing Chun yang efektif dapat dicapai dengan kordinasi antara serangan dan pertahanan yang serentak dan serangan balik. Dari hal tersebut Wing Chun menjadi suatu ilmu bela diri yang baik dalam hal pertahanan diri. Gaya Wing Chun meliputi tendangan, menangkis, serangan beruntun, tinju, menjebak dan mengontrol teknik sebagai bagian dari pertarungan itu sendiri. Banyak sekali tokoh yang mempopulerkan beladiri ini dan yang paling terkenal hingga sekarang yaitu Ip Man serta Bruce Lee. Sedangkan artis dari Indonesia yang juga mempelajari beladiri Wing Chun yang paling terkenal yaitu Deddy Corbuzier.

4. Taekwondo

Taekwondo
Taekwondo

Taekwondo merupakan olahraga beladiri asli dari Korea. Ini adalah beladiri yang paling sering dimainkan dalam acara olahraga besar contohya Olimpiade. Taekwondo berasal dari kata “Tae” yang berarti tendangan, “kwon” yang berarti tinju atau kepalan dan “do” yang berarti jalan atau seni. Beladiri Taekwondo memusatkan di hampir 70% berada di kaki dan 30% berada di tangan. Di dalam suatu pertandingan ciri khas yang paling sering digunakan yaitu tendangan berputar 45 derajat, tendangan samping dan tendangan mencangkul.

Beladiri ini paling banyak digemari dan dipelajari oleh orang Indonesia. Taekwondo di Indonesia semakin populer sejak dipromosikan secara besar-besaran oleh Saseong Nim Daxon Joetandi (Dan VII Kukkiwon), seorang bankir profesional yang terkenal sebagai pemegang sabuk hitam termuda di Indonesia sejak berumur 7 tahun.

5. Pencak Silat

Pencak Silat
Pencak Silat

Pencak Silat merupakan beladiri asli dari Indonesia. Istilah silat dikenal secara luas di Asia Tenggara, akan tetapi khusus di Indonesia istilah yang digunakan adalah Pencak Silat. Istilah ini digunakan sejak 1948 untuk mempersatukan berbagai aliran seni bela diri tradisional yang berkembang di Indonesia. Nama “pencak” digunakan di Jawa, sedangkan “silat” digunakan di Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan. Dalam perkembangannya kini istilah “pencak” lebih mengedepankan unsur seni dan penampilan keindahan gerakan, sedangkan “silat” adalah inti ajaran bela diri dalam pertarungan.

Pencak Silat pun juga sudah mulai dipertandingkan di berbagai ajang kompetisi besar contohnya Sea Games dan Olimpiade. Pencak Silat juga mempunyai banyak alirannya contohnya, Silat Harimau, Merpati Putih, Bakti Negara, Tapak Suci, Perisai Diri, Setia Hati dan masih banyak lagi yang berkembang. Beladiri ini pun tidak hanya berkembang di Indonesia saja tetapi hingga ke Mancanegara contohnya Belgia, Belanda, Amerika dan lain-lain. Dan puncaknya silat menjadi salah satu beladiri yang ditampilkan dalam film terbaru yaitu ‘The Raid’ yang juga sebelumnya sukses dalam film ‘Merantau’.(rei)