Meskipun di Indonesia masih banyak ‘serbuan’ film-film Hollywood, para sineas Indonesia juga tidak mau kalah bersaing dengan memproduksi film Indonesia. Ragam produksi film dalam negeri sudah bisa dibilang bagus, tak hanya melulu mengenai cerita horor yang dibumbui wanita cantik dan seksi yang mendominasi layar lebar, sekarang film-film Indonesia sudah beragam. Ada drama, komedi, aksi, horor, religi dan lain-lain. Selain itu, kini ada juga film Indonesia yang memotivasi atau inspiratif. Berikut adalah 5 film yang inspiratif, seperti dilansir dari Muvila, Jumat (23/1/2015).

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

Film arahan Riri Riza ini menceritakan tentang kehidupan beberapa anak di pulau Belitung dalam menjalani pendidikan di desa terpencil. Film ini berhasil menggugah hati para penonton mengenai kehidupan ini. Semua hal yang diperjuangkan pasti akan mendapat hasil.

2. Mestakung (Semesta Mendukung)

Semesta Mendukung
Semesta Mendukung

Film ini menceritakan kisah anak kecil yang berasal dari Madura untuk mencari ibunya yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Film ini sekali lagi menunjukkan sebuah semangat dan usaha bisa mengubah segala hal. John De Rantau secara unik mengangkat gambaran khas Madura dalam film ini sehingga menjadikan cerita film ini semakin diminati penonton.

3. 5 cm

5 cm
5 cm

Film yang merupakan adaptasi novel karya Donny Dhirgantoro dengan judul yang sama ini mengisahkan tentang pentingnya sebuah tekad, harapan, impian, cinta dan persahabatan. Selain memotivasi, film ini secara tak langsung juga mempromosikan situs-situs pendakian di Gunung Semeru yang sangat indah, setelah rilis film ini, semakin banyak pendaki yang mendatangi Gunung Semeru.

4. Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara
Negeri 5 Menara

Film ini secara umum mengajari para penonton untuk mempercayai kalimat Man Jadda Wa Jada yang artinya ‘Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil’. Hal ini terbukti pada diri Alif, dia akhirnya menjadi seorang yang sukses seperti yang dia cita-citakan. Selain itu film ini juga mengajarkan bahwa sebuah impian tak akan serta merta bisa dengan mudah didapatkan, dan memerlukan usaha yang keras.

5. Merry Riana

Merry Riana
Merry Riana

Film ini mengisahkan kisah hidup motivator Merry Riana sebelum dia mencapai kesuksesan seperti sekarang ini. Film ini memiliki pesan yang sama dengan film “Negeri 5 Menara”, bahwasanya siapa yang bersungguh-sungguh akan memetik hasil dari jerih payahnya. (tom)