BRDJ1X Credit cards, woman holding lots of credit and debit cards. Image shot 09/2010. Exact date unknown.

Menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran memang telah menjadi salah satu alternatif yang dipilih oleh kebanyakan orang saat ini. Selain praktis dalam bertransaksi, kartu kredit memberikan kemudahan bagi anda yang tidak selalu membawa uang tunai di dompet. Kartu kredit juga menawarkan banyak promo kartu kredit di restoran, supermarket dan SPBU yang memberi penawaran sampai dengan 50% yang membuat transaksi menggunakan kartu kredit menguntungkan. Namun, selalu usahakan agar tagihan kartu kredit anda tidak semakin menumpuk setiap bulannya ya! Salah-salah, anda bisa terlilit hutang kartu kredit yang tiada habisnya!

Bagaimana mengelola penggunaan kartu kredit dengan baik agar terhindar dari masalah pembayaran kartu kredit yang tidak diinginkan? Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan.

  • Selalu ingat tanggal cetak tagihan anda
    Biasanya, tanggal jatuh tempo pembayaran berkisar antara 15-20 hari dari tanggal cetak tagihan tersebut. Bila anda mengalami kendala pengaturan pembayaran anda sehubungan dengan tanggal tersebut, anda dapat meminta perubahan tanggal dicetaknya tagihan. Sebaiknya disesuaikan dengan tanggal gajian anda, agar tagihan anda selalu terbayar tepat waktu.
  • Pahami metode pembayaran yang ditetapkan
    Ada beberapa pilihan fasilitas pembayaran yang dapat anda gunakan, antara lain melalui transfer, internet banking, pembelian langsung via teller, hingga melalui debet rekening tabungan. Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu kredit ke dalam daftar pembayaran dan setiap ada tagihan, Anda bisa langsung membayarkannya tanpa harus memasukkan nomor kartu kredit Anda lagi.
  • Kontrol pemakaian sesuai kemampuan bayar anda
    Sesuaikan penggunaan kartu kredit anda dengan jumlah pemasukan anda per bulan. Jangan sampai tagihan kartu kredit anda membengkak melebihi jumlah pendapatan anda. Hal ini akan menyebabkan pembayaran tagihan yang tidak penuh dan membebani anda dengan bunga tambahan setiap bulannya. Jika sudah demikian, bunga yang tiada habisnya akan membawa anda pada lilitan hutang yang tiada akhir.
  • Manfaatkan berbagai pilihan pembayaran yang ditawarkan bank penerbit
    Pembayaran dapat dilakukan dengan semakin real time saat ini apabila dilakukan melalui kanal yang direkomendasikan oleh penerbit. Pastikan untuk mendapatkan informasi tersebut sehingga Anda dapat merencanakan pembayaran lebih baik. Apabila membayar via transfer, biasakan untuk membayar sekitar 2-3 hari sebelum jatuh tempo dan sebelum batas waktu transfer di bank.
  • Usahakan bayar tagihan lebih awal sebelum tanggal jatuh tempo
    Apabila tanggal jatuh tempo jatuh pada hari libur, biasakan untuk membayar beberapa hari sebelumnya. Apabila Anda terpaksa terlambat membayar, pastikan Anda masih sempat membayar di hari jatuh tempo karena beberapa bank masih memberikan toleransi 1-2 hari untuk keterlambatan sebelum menggunakan bunga.
    Jika sampai Anda terpaksa terlambat beberapa waktu, pastikan Anda bisa menunjukkan itikad baik pada pihak bank, terutama pada bagian penagihan. Secara proaktif, diskusikan tentang kemampuan membayar Anda secara baik-baik dan pastikan dalam diskusi ada komitmen yang bisa Anda patuhi. Pastikan juga apabila ada kendala dalam pembayaran, Anda tidak lagi menggunakan kartu kredit. Mulailah berhemat karena bunga kartu kredit cenderung besar.
  • Hindari penarikan tunai menggunakan kartu kredit
    Sebagai pengguna kartu kredit, anda dapat melakukan penarikan uang tunai di ATM menggunakan kartu kredit. Hal ini mungkin dapat anda manfaatkan ketika anda membutuhkan uang tunai dalam keadaan mendesak di mana tidak tersedia fasilitas kartu kredit. Namun, sebaiknya hal ini anda jadikan sebagai opsi terakhir, karena dengan melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit, anda akan dikenakan biaya penarikan tunai hingga 6% dari jumlah uang yang ditarik. Biaya yang cukup besar bukan?
  • Usahakan agar pemakaian tidak melebihi limit kartu
    Kelola pengeluaran anda dengan seksama, sebisa mungkin, jangan memaksimalkan pemakaian hingga mencapai batas limit kartu. Selain berisiko tidak dapat menuntaskan tagihan, pemakaian yang sering mencapai bahkan melebihi limit akan memberikan catatan kredit anda reputasi yang buruk di mata bank, yang dapat membuat anda kesulitan saat hendak mengajukan pembuatan kartu kredit lagi.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah dalam pembayaran tagihan kartu kredit anda. Ingatlah bahwa pemakaian yang bijak akan memberikan manfaat yang positif pula, dan sebaliknya, tanpa pengendalian yang baik, hal yang bermanfaat sekali pun dapat menjadi bumerang yang merugikan anda sendiri.

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lain seputar kartu kredit atau ingin apply kartu kredit secara online, anda bisa mengakses situs https://www.cermati.com/

(jow)