Zaman sekarang sudah bukan hal aneh lagi apabila kebutuhan semakin meningkat dan bahkan dana yang dibutuhkan juga semakin meningkat. Jadi, tidak dipungkiri kita harus selalu siap dana mendadak. Namun faktanya, kita tidak selalu bisa siap memenuhi kebutuhan dana tersebut. Jika punya aset yang bisa dijadikan jaminan sih tidak masalah. Sebut saja sertifikat tanah atau rumah ataupun BPKB mobil atau motor. Namun jika tidak punya, Anda bisa kok mengajukan pinjaman tanpa jaminan ke bank? Masa sih?

Masih belum tahu mengenai jenis pinjaman satu ini? Mari kita berkenalan dengan produk yang populer dengan istilah KTA atau Kredit Tanpa Agunan ini.

Keunggulan Pinjaman KTA

1.Persyaratan lebih gampang daripada kredit agunan

Sebagaimana telah disebutkan, KTA tidak butuh jaminan dari Anda untuk bisa mengajukan pinjaman ke bank. Oleh karena itu, jenis kredit ini cocok bagi Anda yang belum punya aset seperti mobil ataupun rumah. Cukup isi formulir, sertakan dokumen pribadi dan status pekerjaan â?? aplikasi Anda akan segera diproses oleh pihak bank.

Bahkan Anda bisa mengajukannya via Internet, tanpa harus keluar rumah. Sila kunjungi situs untuk tahu lebih banyak dan ajukan aplikasinya.

2.Bunga kompetitif dengan plafon dan tenor fleksibel

Bunga yang ditawarkan pun cukup kompetitif. Memang bunga yang diterapkan pada produk KTA lebih tinggi dibandingkan kredit dengan agunan. Tentu saja lebih tinggi karena pihak bank juga punya risiko lebih tinggi dikarenakan pihak debitur tidak menyertakan jaminan. Namun, prosesnya yang lebih mudah tentu jadi nilai plus, bukan? Bunga yang diterapkan sekitar 0,99% sampai dengan 2,5% dan ada yang bersifat flat, ada pula yang floating atau berubah-ubah.

Plafon yang diberikan juga cukup banyak yakni ada bank yang menyediakan hingga 300 sampai 500 juta dengan tenor yang cukup fleksibel. Masa pembayaran yang diberikan adalah mulai dari setahun sampai dengan lima tahun. Waktu yang cukup, kan, untuk melunasi kredit ini?

3.Proses pencairan sangat cepat

Ya! Ini adalah salah satu keunggulan produk pinjaman tanpa jaminan yang diberikan oleh pihak bank yang paling diunggulkan. Anda yang butuh dana darurat yang sangat urgen maka produk ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Tidak ribet dan proses cepat. Yang penting Anda melengkapi persyaratan yang diminta maka bank akan segera memroses aplikasi. Dana yang Anda butuhkan pun akan segera ditransfer ke rekening.

4.Hampir semua bank menyediakan KTA

Anda pun tidak harus bingung harus cari kemana produk KTA ini. Hampir semua bank yang ada di Indonesia menyediakan produk kredit tanpa jaminan ini. Cukup tentukan nominal pinjaman Anda (umumnya yang disetujui adalah 5 kali gaji), lengkapi persyaratan dan pergi ke bank terkait.

Jika Anda cukup sibuk dan tidak mungkin mendatangi satu per satu bank untuk membandingkan produk KTA terbaik maka Anda bisa melakukannya dari depan perangkat elektronik Anda.

Tertarik untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan ini? Kalau begitu, pastikan Anda memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman tanpa jaminan ini, di antaranya:

  • Anda berkewarganegaraan Indonesia yang juga tinggal di Indonesia.
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun ketika jatuh tempo pelunasan kredit.
  • Berpenghasilan tetap dengan nominal sesuai ketentuan pihak bank atau gaji ditransfer melalui payroll bank yang dituju.
  • Punya kartu kredit minimal 1 tahun.
  • Berstatus pekerjaan sebagai pegawai, profesional ataupun pengusaha.
  • Sertakan bukti identitas diri seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan NPWP apabila kredit di atas nominal tertentu, umumnya 50 juta.
  • Lampirkan bukti legalitas pekerjaan. SK Pegawai bagi para pegawai, Surat Izin Praktik bagi profesional dan SIUP / TDP bagi pengusaha.
  • Mengisi formulir aplikasi kredit.
  • Tunggu dengan sabar sampai pihak bank menghubungi Anda. Selesai.

Selama Anda memenuhi persyaratan bank tersebut maka proses pengajuan aplikasi kredit akan sangat mudah. Sebagai contoh, Bank Bukopin menyediakan produk KTA dimana prosesnya hanya butuh 1 hari saja untuk pencairan! Bank-bank lain pun biasanya hanya menerapkan peraturan 3 hari kerja saja untuk pencairan dana. Oleh karena itu, tidak salah kalau sebelumnya disebutkan, Anda yang butuh dana mendadak sangat cocok mengajukan aplikasi pinjaman ini. Tidak hanya untuk kebutuhan mendadak, produk ini juga cocok untuk kebutuhan konsumtif, seperti liburan, perawatan kesehatan, dana pendidikan, biaya pesta pernikahan dan sebagainya. Atau, Anda tertarik untuk menggunakan Kredit Tanpa Agunan sebagai modal usaha? Tidak masalah! (jow)