Dont be Captious

Sederet Bintang Sepak Bola Berdarah Indonesia, Kapan Masuk Timnas Garuda?

Sejak dulu hingga kini, sepak bola masih menjadi olahraga favorit masyarakat di dunia. Namun, jika menilik prestasi di dunia sepak bola, Indonesia memang masih tertinggal dibanding negara-negara lainnya, khususnya Eropa.

Meski banyak bibit-bibit unggul di dalam negeri, nyatanya masih kurang dukungan dair berbagai pihak untuk menjadikan mereka sebagai bintang di lapangan. Meski Indonesia masih terus bangkit dalam dunia olahraga, banyak lho atlet-atlet sepak bola dunia berdarah Indonesia yang sukses di negara sekelas Eropa, Radja Nainggolan salah satunya.

Dilansir JadiBerita dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pemain sepak bola dunia berdarah Indonesia. Kapan mereka berseragam garuda, ya?

Robin van Persie.

opnlttr.com

Robin Van Persie, striker timnas Belanda, ternyata memiliki darah Surabaya, lho. Darah Indonesia yang mengalir dalam diri mantan bintang di Arsenal dan Manchester United ini berasal dari garis ibu. Dari cerita yang bergulir dalam keluarga, disebutkan nenek ibunda Robin van Persie merupakan orang Surabaya.

Thom Haye.

Thom Haye, pemain muda dan berbakat di AZ Alkmaar yang berperan penting meloloskan timnas Belanda U19 ke Piala Eropa di Lituania, ternyata keturunan Indonesia. Dikutip dari sepakbolanda.com, keluarganya garis ayah Haye berakar di Sulawesi Utara. Gelandang serang kelahiran 9 Februari 1995 itu menyumbangkan gol tunggal bagi timnas U19 asuhan Wim van Zwam. Dengan golnya mengalahkan tim saingan panser Jerman, Belanda memastikan diri sebagai pemimpin grup dan lolos ke Piala Eropa.

Kevin Diks.

indonesiaweekly.com

Kevin Diks, bintang Fiorentina ini merupakan pemain Belanda lainnya yang memiliki darah Indonesia. Diks menambah jumlah pemain keturunan tanah air yang meniti karier di Serie A Italia. Usia Diks terbilang masih sangat belia, Ia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 20 tahun pada 6 Oktober lalu. Seperti kebanyakan pemain keturunan lainnya, Diks juga memiliki darah Maluku di dalam dirinya.

Emilio Audero Mulyadi.

idntimes.com

Kiper cadangan Juventus, Emilio Audero Mulyadi merupakan pemain keterunan Indonesia lainnya. Ia lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesia, 18 Januari 1995. Emilio memiliki Ayah bernama Edy Mulyadi berasal Indonesia dan Ibu berkebangsaan Italia. Namun, sang pemain memilih membela Italia. Sejauh ini, Emilio telah tampil di dua laga Timnas U-18 Italia. Dia bergabung ke tim junior Juventus Allievi (Juventus U-17) dan sukses menyebet penghargaan The Young Italy Talents 2012.

Sandy Walsh.

nieuws.vtm.be

Sandy Walsh merupakan pesepakbola keturunan Indonesia yang aktif di Belgia. Diberitakan sepakbolanda.com, pemuda kelahiran Brussel, 14 Maret 1995 ini memiliki garis keturunan dari ibu. Kakek dan neneknya berasal dari Indonesia. “Orang tua ibu saya berasal dari daerah sekitar Jakarta. Saya tidak tahu persis nama daerahnya. Seingat saya di sebelah selatan Jakarta,” tuturnya.

Apa Komentarmu
Loading...