5 Fakta Menarik Grammy Awards yang Belum Kamu Tahu


Meski telah digelar hingga 59 kali, Grammy Awards tetap mempunyai fakta menarik yang tidak banyak diketahui awam. Apa saja? Berikut adalah 5 fakta menarik Grammy Awards yang belum kamu tahu, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Asal nama Grammy Awards

Piala Grammy Awards (Wikimedia)

Ternyata, saat pertama diselenggarakan, ajang ini tidak bernama Grammy Awards, melainkan Gramophone Awards. Akhirnya, pihak penyelenggara memutuskan untuk mengubah nama ajang ini lewat sebuah kontes. Kontes ini dimenangkan oleh wanita bernama Jay Danna, yang mengusulkan nama Grammy. Akhirnya nama ini digunakan sampai sekarang.

Penerima penghargaan termuda dan tertua

LeAnn Rimes (Twitter)

LeAnn Rimes adalah musisi termuda yang pernah mendapatkan penghargaan Grammy. Kala itu, umurnya masih remaja, yaitu 14 tahun. Sedangkan penerima penghargaan Grammy tertua adalah pianis blues Pinetop Perkins, yang berusia 97 tahun.

Penerima penghargaan terbanyak

Stevie Wonder (Facebook)

Pemegang rekor penerima penghargaan Grammy Awards terbanyak adalah Stevie Wonder, yang memiliki 28 piala Grammy, di antaranya adalah Best R&B Vocal Performance, Male untuk hit single-nya “Superstition” dan Album of the Year untuk “Songs in the Key of Life”. Selain itu, pria 66 tahun itu juga mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement.

Sementara Michael Jackson adalah solois pria yang paling banyak mengantongi piala Grammy dalam satu malam. Sang Raja Pop berhasil membawa pulang delapan penghargaan Grammy Awards ke-26, di antaranya adalah Album of the Year untuk “Thriller, Record of the Year untuk “Beat It”, dan Best R&B Song untuk lagu “Billie Jean”. Rekor ini kemudian disusul oleh Carlos Santana di tahun 1999.

Penerima penghargaan bukan dari kalangan musisi

Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Barack Obama (Reuters)

Bukan dari kalangan musisi, rupanya ada juga yang berhasil menerima penghargaan ini. Contohnya adalah Presiden AS. Uniknya, hanya 3 Presiden AS yang pernah mendapatkan Grammy Awards. Mereka adalah Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Barack Obama. Ketiganya mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Spoken Word Album. Bahkan, boneka muppet berwarna merah dari “Sesame’s Street” bernama Elmo pernah mendapatkan tiga penghargaan dari Grammy. Salah satunya adalah penghargaan Best Music Album for Children untuk “Elmopalooza” di ajang Grammy Awards tahun 1998.

Ada yang menolak piala Grammy

Sinead O’Conner (Wikimedia)

Kebanyakan musisi merasa bangga bila bisa mendapatkan piala Grammy. Namun ternyata ada juga yang justru menolak piala bergengsi ini. Dia adalah Sinead O’Conner. Sinead O’Conner menolak menerima penghargaannya di Grammy Awards ke-33. Kala itu ia memenangkan nominasi Best Alternative Music Performance untuk “I Do Not Want What I Haven’t Got”. O’Conner beralasan, ia menolak karena acara Grammy terlalu komersial. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak