Dampak Pacaran Kamu Negatif atau Positif? Cek 5 Poin Ini

Topik tentang hubungan percintaan memang tak pernah bosan dan selalu saja menarik untuk dibicarakan. Mulai dari anak remaja hingga orang dewasa, semuanya menyukai topik pembicaraan tentang percintaan mulai dari soal naksir seseorang, PDKT, LDR, pernikahan, dan masih banyak lagi.

Berbicara tentang masalah cinta, apa kamu saat ini sedang menjalin hubungan dengan seseorang? Ketika kamu menjalin hubungan dengan seseorang, pastinya dunia kamu akan berubah meski hanya secuil saja.

Saat sedang menjalin hubungan cinta, ternyata ada dua dampak yang akan terjadi dalam hidupmu, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. JadiBerita akan membeberkan apa saja dampak positif dan negatif saat kamu sedang menjalin hubungan cinta, yaitu:

1. Motivasi

Jadi Rajin Belajar (shutterstock.com)

Dampak pertama yang kamu rasakan saat menjalin hubungan cinta adalah bertambahnya motivasi kamu. Saat sedang dimabuk cinta, orang akan merasakan perasaan bahagia yang bisa memacu keinginannya.

Kamu juga akan berusaha untuk menjadi orang yang terbaik di matanya. Contohnya saja kamu jadi lebih semangat belajar agar nilai kamu jadi bagus. Motivasi ini akan terus terjaga selama kamu berpacaran dengannya, tapi saat hubungan kamu sedang bermasalah, motivasimu biasanya jadi menurun dan berdampak buruk pada hidupmu.

2. Ketergantungan

Cewek pulang sendirian (thedailybeast.com)

Baik itu cowok maupun cewek tak akan bisa lepas dari rasa ketergantungan ketika mereka menjalin hubungan cinta. Berhubung pasangan mereka akan melakukan apa yang mereka minta, hal tersebut menjadi kebiasaan dan lama kelamaan menjadikan keduanya saling bergantung satu sama lain.

Hal ini memang sah-sah saja kok JBers, tapi kalau porsi ketergantungannya sudah melebihi batas, tentunya dampaknya akan negatif. Misalnya saja bagi cewek yang sering diantar jemput pacarnya, saat pacarnya tak bisa menjemput maka dia akan merasa tidak aman saat pergi sendiri. Padahal sebelumnya dia selalu pulang pergi sendiri dan aman-aman saja. Cobalah untuk menghilangkan rasa ketergantunganmu sedikit demi sedikit agar kamu juga tak terlalu membebaninya.

3. Sifat dan Kebiasaan

Membaca Buku Berdua (amazonaws.com)

Kamu pasti pernah mendengar kalau cinta bisa mengubah segalanya, baik itu sifat maupun kebiasaan seseorang. Jika sifat dan kebiasaan yang berubah menjadi lebih positif tentunya tak apa-apa, tapi jika berubah jadi negatif, kamu harus hati-hati loh. Tanpa kamu sadari pasanganmu bisa membawa dampak bagi kehidupanmu.

Contohnya saja, jika kamu pacaran dengan juara kelas atau orang yang suka membaca buku, mau tak mau kamu jadi ketularan suka membaca buku karena sering melakukan aktivitas membaca buku bersama. Sama halnya ketika pacarmu seorang relawan yang selalu membantu orang, maka besar kemungkinan kamu juga akan ketularan jadi seorang relawan yang berjiwa besar dengan menolong orang banyak.

4. Diri Sendiri vs Orang Lain

Merubah Penampilan (walldevil.com)

Tak semua orang mendapatkan apa mereka inginkan. Pernah tidak kamu berpikir untuk merubah pasanganmu karena sifat dan karakternya tidak sesuai dengan apa yang kamu idamkan. Tak jarang orang yang ingin merubah pasangannya agar sesuai dengan keinginan mereka.

Contohnya seperti jika kamu punya cewek yang tomboy, kamu menyuruhnya agar lebih baik menggunakan rok atau baju yang lebih feminim karena kamu lebih suka cewek feminim. Hal-hal kecil seperti ini bisa merubah jati dirimu yang sebenarnya. Kalau memang dia mencintaimu sungguh-sungguh, dia akan menerimamu apa adanya, begitu pula sebaliknya.

5. Berbohong

Lebih sering berbohong (slism.com)

Dampak yang terakhir ini bisa dikatakan sebagai dampak negatif. Coba kamu hitung sudah berapa kali kamu berbohong sejak berpacaran dengannya? Orang yang sedang menjalin hubungan cenderung lebih mudah berbohong, baik itu kepada pasangannya atau kepada orang lain yang ada di sekitarnya.

Misalnya saja saat berbohong pada pacar kalau ada acara keluarga, padahal kamu sedang ingin bersama dengan teman-teman. Mereka selalu berdalih kalau kebohongan yang mereka lakukan adalah kebohongan putih alias tidak merugikan siapapun. Tapi tetap saja yang namanya kebohongan itu tidak baik ya JBers.

Setelah tahu mana dampak positif dan mana dampak negatif, kamu bisa memilih-milih dengan benar khan? (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...