5 Kampus Terbaik di Luar Jawa yang Nggak Kalah Keren Lho

Ujian Nasional sudah berlalu beberawa waktu lalu. Kini, saatnya kamu mulai fokus untuk menentukan jurusan dan kampus pilihan kamu. Di kampus mana kamu akan melanjutkan kuliah? Sudahkah kamu menentukan jurusan yang paling sesuai dengan diri kamu? Tenang, masih ada waktu untuk memantapkan diri dalam memilih kampus dan jurusan. Untuk kamu yang ingin pengalaman hidup yang lebih menantang selama kuliah, kampus-kampus di luar Jawa bisa kamu pertimbangkan. Tak kalah dengan perguruan tinggi di Jawa, lima kampus di luar Jawa ini juga punya prestasi yang membanggakan. Ini dia lima kampus terbaik di Luar Jawa.

1.Universitas Hassanudin

Universitas Hasanudin

Jangan berpikir kalau kampus terbaik itu hanya ada di Jawa, ya. Ada beberapa kampus di luar Jawa yang masuk kategori terbaik dan sangat disarankan untuk menjadi lokasi kuliah kamu. Kampus yang pertama adalah Universitas Hasanuddin. Kampus yang satu ini terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Asal kamu tahu, Universitas Hassanudin atau UNHAS memiliki peringkat yang cukup baik. Menurut data dari Kemenristekdikti, UNHAS menempati posisi ke-8 dari 3.000 lebih PTN dan PTS di Indonesia. Kurang menarik apa coba?

Tak hanya itu, beberapa tokoh besar juga pernah menempuh pendidikan di UNHAS, di antaranya Ir. Soekarno dan Prof. Dr. B.J. Habibie. Keduanya pernah menjabat Presiden RI. Siapa tahu, setelah lulus dari sini, kamu juga bisa jadi Presiden.

Di kampus ini, kamu juga bisa memilih jurusan yang kamu suka. Ada banyak sekali jurusan dengan akreditasi A yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas menarik di kampus ini.

 

2.Universitas Andalas

Universitas Andalas

Jika di Sulawesi Selatan ada UNHAS yang masuk pada deretan kampus terbaik, di Sumatera ada Universitas Andalas. Universitas Andalas menempati peringkat ke-11 terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi ini berada di Padang, Sumatera Barat, Apa yang menarik dari kampus ini?

Hal yang paling menarik dari Universitas Andalas adalah kampus ini memiliki bangunan gedung yang unik. Ketika memasuki kampus, kamu akan disambut dengan gapura bergaya Minang modern. Sebagian besar bangunan di kampus ini dibangun dengan gaya arsitektur khas Minangkabau modern. Kampus ini jugalah yang menjadi cikal bakal kampus-kampus lain di sekitar Padang. Ada kebanggaan tersendiri jika kamu bisa diterima di kampus ini.

3.Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya

Masih di Sumatera, kamu bisa juga memilih Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya atau Unsri terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Peringkat perguruan tinggi ini memang terpaut jauh dengan Universitas Andalas. Unsri berada pada peringkat ke-27 terbaik di Indonesia. Meskipun begitu, kampus ini menjadi salah satu kampus terfavorit di Sumatera.

Ada satu fasilitas unik yang hanya bisa dinikmati oleh mahasiswa Unsri, yaitu fasilitas Kereta Api Kertalaya yang akan mengantarkan kamu keliling kampus. Jarak gedung kampus utama dengan kampus tambahan memang agak jauh, jadi wajar jika mahasiswa diberi fasilitas kereta api. Fasilitas ini menjadi satu-satunya di Indonesia.

 

4.Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara

Masih di Pulau Sumatera, Universitas Sumatera Utara juga menjadi kampus yang paling disarankan untuk kamu. Kampus ini terletak di Medan, Sumatera Utara. Peringkat Universitas Sumatera Utara (USU) secara nasional adalah ke-29 terbaik. Kualitas kampus ini tidak kalah dengan kampus-kampus lain di Jawa.

Ada banyak pilihan jurusan di kampus ini. Jurusan terfavorit di USU di antaranya adalah Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Hukum, Teknik elektro, Manajemen, Pendidikan Dokter, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

5.Universitas Bengkulu

Universitas Bengkulu

Masih di Pulau Sumatera, ada satu lagi universitas terbaik yang bisa kamu pilih, yaitu Universitas Bengkulu. Peringkat Universitas Bengkulu secara umum adalah ke-33 terbaik. Di sini, jenjang pendidikan yang dibuka mulai dari D2 hingga S2. Kamu bisa memilih jurusan yang kamu suka.

Demikian adalah lima kampus terbaik di luar Jawa yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk kamu yang sudah merasa bosan hidup di Pulau Jawa dan ingin mendapatkan pengalaman hidup yang lebih menarik, kamu bisa pilih salah satu dari lima kampus di atas. Perbedaan budaya dan gaya hidup akan membuatmu mendapatkan pengalaman yang lebih seru. (jow)

Comments

Loading...