Mengunjungi Museum Alquran Raksasa di Palembang, Wisata Religi yang Mendunia


simomot.com

Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, terkenal dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Pempek juga jadi kudapan wajib saat kamu berkunjung ke kota ini. Tak hanya itu saja, Palembang juga ternyata menyimpan banyak tempat menarik yang bisa kamu datangi.

Kota yang pernah menjadi pusat peradaban Kerajaan Sriwijaya ini juga terdapat banyak objek wisata bernilai tinggi. Salah satunya adalah Museum Al Quran Raksasa yang berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03, RW 01, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

www.destinasi.xyz

Melansir dari Dream, Al-Quran Al-Akbar adalah Alquran raksasa yang berbentuk lembaran kayu yang dipasang seperti jendela di bangunan bertingkat lima. 30 juz Alquran diukir cantik pada kayu tembesu yang berukuran 1,77×1,4 meter. Lembaran kayu itu juga dihiasi ornamen bunga khas Palembang.

Dikutip dari Tribunnews, mahakarya ini merupakan karya seni asli anak bangsa bernama Sofwatillah Mohzaib. Pria satu ini memang dikenal punya minat yang besar terhadap seni kaligrafi. Pembuatannya sendiri menghabiskan 45 kubik kayu tembesu. Ada 316 lembar kayu tembesu yang diukir lengkap sampai 30 juz. Dalam setiap lembar ayat suci Al Quran, memiliki tinggi 177 cm dan lebar 40 cm dengan berat 50 kilogram.

hallopalembang.com

Al Quran yang terdiri dari 630 halaman ini, seperti diberitakan Liputan6, juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Al Quran pada warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca.

Butuh waktu sekitar delapan tahun, yakni sejak tahun 2002 hingga 2009 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk membuatnya. Selain terkendala biaya, proses ketelitian pembuatannya juga memakan waktu yang tidak sedikit.

http://grandmalakaethicalhotel.com
jejakbocahilang.wordpress.com

Setelah pembangunannya rampung, Alquran raksasa itu baru dikenalkan kepada publik dan menjadi wisata religi dan ditempatkan di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang. Pada 2010 lalu, Alquran raksasa ini masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori Alquran terbesar dan terberat di dunia. Al-Quran Al-Akbar baru diresmikan pada 30 Januari 2012 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan seluruh delegasi Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Sampai di sini, akan ada guide yang akan menjelaskan sejarah Alquran raksasa tersebut. Tempatnya pun nyaman dan tertata rapih. Di lokasi tersedia tempat sholat, taman cantik yang disertai kolam, serta souvenir khas palembang juga souvenir khas Alquuran raksasa tersebut.

Kini, tidak hanya menjadi alternatif tujuan wisata warga lokal, tapi turis dari mancanegara, terutama dari negara-negara Arab pun banyak yang sengaja berkunjung untuk membuktikan sendiri karya seni yang tiada duanya itu. Apalagi di bulan Ramadan, Alquran raksasa ini selalu dipenuhi pelancong untuk ngabuburit. Kamu tertarik melancong di bulan puasa ke sini, JBers?

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak