5 Fakta Keren Tentang Indonesia yang Bikin Kamu Malas Pindah Warga Negara Lain

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau, dengan enam ribu pulau di antaranya yang berpenghuni. Di luar negeri, nama Indonesia diakui sebagai negara yang memiliki keindahan pesona alam seperti pantai dan gunung yang menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan asing. Tak hanya itu saja, Indonesia juga diakui memiliki budaya yang beragam serta masyarakatnya yang ramah. Tapi ternyata tak hanya itu saja loh, masih ada beberapa fakta mencengangkan lainnya tentang Indonesia yang diakui oleh dunia dan belum banyak orang yang tahu. Ingin tahu ada apa saja? Ini dia JBers!

1. Pulau Run Ditukar dengan Manhattan

Pulau Run di Maluku (newsapi.com.au)

Pulau Run merupakan pulau kecil yang berada di Maluku. Meski kecil, tapi tahukah kamu kalau Pulau Run ini sempat ingin ditukar dengan Pulau New Amsterdam yang kini menjadi Manhattan, New York.  Pada tahun 1664, Belanda yang pada masa itu dipimpin Pieter Stuyvesant melakukan penawaran pada pemerintah Indonesia untuk menukar Pulau Run dengan Pulau New Amsterdam. Alasannya karena Pulau Run memiliki perkebunan pala terbesar di dunia. Pada masa itu, harga pala lebih mahal sepuluh kali lipat dari emas sehingga tak heran jika pulau ini menjadi rebutan. Hingga saat ini, dunia masih mengakui Indonesia sebagai negara dengan penghasil rempah-rempah terbanyak di dunia.

2. Istilah Java

Kopi Java (www.javajunctioncoffee.com)

Pada tahun 1696, VOC yang menjajah Indonesia saat itu menanam tanaman kopi di pulau Jawa dan mengekspor hasilnya ke seluruh dunia dengan nama kopi java atau kopi Jawa. Java kemudian terkenal sebagai bahasa slang untuk kopi. Istilah java juga digunakan untuk menyebut bahasa kode pemrograman yang ada pada dunia teknologi seperti komputer dan gadgat. Bahasa kode pemrograman java yang terlahir dari The Green Project ini awalnya dinamai Oak, tapi karena James Gosling, salah satu pembuatnya sangat suka minum kopi tubruk yang digiling langsung, maka bahasa kode program tersebut dinamakan java.

3. Tim Asia Pertama yang Berlaga di Piala Dunia

Timnas Indonesia 1938 World Cup (readingsideways.net)

Pada tahun 1938, saat Indonesia masih bernama Dutch East Indies atau Hindia Belanda, tim sepak bola Indonesia menjadi tim Asia pertama yang berlaga di Piala Dunia. Tim Indonesia lolos kualifikasi dan bertanding melawan Hungaria. Koran Perancis L’Equipe edisi 6 Juni 1938 menulis tentang berita tim Indonesia yang memuji gaya menggiring bola pemain depan tim Indonesia. Tak hanya itu saja, beberapa wartawan dunia memuji sikap tim Indonesia yang sangat sopan dan selalu memberi hormat sehingga menarik banyak simpati dari penonton.

4. Binatang Purba Ada di Indonesia

Komodo (kids.nationalgeographic.com)

Indonesia memiliki sejumlah binatang purba yang tak dimiliki negara lain seperti badak Jawa, badak bercula satu, serta komodo. Pada tahun 2011, International Rhino Federation mendeklarasikan kalau binatang tersebut di dunia hanya ada sekitar 50 ekor di Taman Ujung Kulon. Spesies badak ini memang sangat langka di dunia, terutama badak bercula satu. Binatang yang masuk dalam spesies binatang purba lainnya adalah komodo yang saat ini menghuni Pulau Rinca, Gili Motang, Flores, dan Nusa Tenggara Timur. Komodo ini sudah ada sejak sekitar 900 ribu tahun yang lalu sehingga keberadaannya termasuk dalam golongan binatang purba.

5. Letusan Gunung Terbesar di Dunia

Gunung Krakatau (georgerook51.files.wordpress.com)

Seperti yang kamu tahu, Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi aktif. Hal inilah yang menyebabkan alam Indonesia sangat subur dan bisa ditanami tanaman apa saja. Pada tahun 1883, tepatnya Senin 27 Agustus, gunung Krakatau meletus dasyat. Kekuatan ledakannya setara dengan 150 megaton TNT atau 10.000 kali kekuatan bom yang meluluhkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Kebayang khan bagaimana dasyatnya letusan yang menyebabkan lenyapnya pulau, memicu dua tsunami setinggi 40 meter, dan menewaskan 35 ribu orang. Letusan Gunung Krakatau ini tercatat di The Guiness Book of Record sebagai ledakan terbesar sepanjang sejarah.

Wah, ternyata fakta-fakta di atas cukup mengejutkan ya JBers. (jow)

Pembaca Lain Juga Menyukai Kiriman Penulis

Comments

Loading...