Dont be Captious
http://nickopandawa.blogspot.co.id

5 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadan Ini Bikin Kamu Makin Semangat Puasa

Bulan Ramadan sangat dinantikan kedatangannya oleh umat Muslim di seluruh dunia. Maka dari itu, semua umat Islam berlomba-lomba untuk mengerjakan kebaikan di bulan suci yang penuh ampunan dan rahmat ini.  Selain itu, ternyata, ada beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan puasa ini.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan suci Ramadan.

1. Pembebasan Andalusia.

hickerphoto.com

Andalusia berada di sekitar negara Spanyol saat ini. Pada tanggal 28 Ramadan tahun ke-92 hijrah, panglima Islam bernama Tariq bin Ziyad dikirim pemerintahan Bani Umayyah untuk menawan andalus. Tariq memimpin armada Islam menyeberangi laut yang memisahkan Afrika dan Eropa. Setelah pasukan Islam mendarat, tariq membakar kapal-kapal tentara Islam agar mereka tidak berpikir untuk mundur. Akhirnya Andalusia ditawan dan menyelamatkan rakyatnya yang dizalimi. Kini, ada banyak arsitektur Islam yang bernilai tinggi, seperti Alhambra di Granada, Mezquita di Córdoba dan menara Torre del Oro dan Giralda di Sevilla.

2. Pembebasan Mekah (Fathu Makkah) dan Kemenangan Perang Badar.

wixstatic.com

Peristiwa yang terjadi di bulan Ramadan begitu bersejarah bagi umat Islam di seluruh dunia yaitu Pembebasan Mekkah (Fathu Makkah). Peristiwa ini terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah. Pasukan ini kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Kaâ??bah.

Pada 17 Ramadhan 2 H/624 M terjadi peperangan pertama yang dilakukan kaum Muslim melawan kaum kafir Quraisy dari Makkah setelah hijrah ke Madinah yang dikenal dengan Perang Badar. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan pihak Muslimin. Padahal dalam perang tersebut, jumlah tentara muslim hanya sepertiga dari tentara kafir Quraisy.

3. Penyerahan Kota Taif.

flickr.com

Kota Taif pernah mencatat sejarah ketika penduduknya mengusir Nabi Muhammad SAW saat berdakwah di sana. Kaum Bani Thaqif bersikeras tidak mau tunduk kepada Nabi Muhammad meskipun telah membebaskan Mekah. Nabi muhammad saw dan tentaraIslam mara ke Taif lalu mengepungnya dalam waktu lama. Akhirnya rombongan mereka datang ke Mekah di bulan Ramadan tahun ke-9 Hijrah dengan menyerahkan kota Taif sebagai tanda menyerah. Patung Al Laata yang dipuja sebelumnya pun akhirnya dimusnahkan.

4. Fatahillah berhasil merebut Sunda Kelapa (Jayakarta).

http://nickopandawa.blogspot.co.id

Ramadan juga menjadi waktu bersejarah bagi umat Islam di Indonesia. Pada 22 Ramadhan 933 H, Fatahillah berhasil merebut pelabuhan perdagangan Sunda Kelapa dari tangan Portugis. Kemenangan Fathaillah ini dianggap mirip dengan Pembebasan Kota Mekkah yang disebut dalam Alquran Fathan Mubiina (kemenangan yang gilang gemilang). Kata-kata ini dalam bahasa Sansekerta disebut Jayakarta. Oleh karena itu sejak saat itu Sunda Kelapa diganti namanya oleh Fatahillah menjadi Jayakarta atau Jakarta. Peristiwa tersebut terjadi [ada tanggal 22 Juni 1527 yang hingga kini dirayakan sebagai hari jadi kota Jakarta.

5. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak hanya hari jadi kota Jakarta, hari kemerdekaan Indonesia pun terjadi pada bulan Ramadan. Sukarno membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 Hijriah atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang. Kumandang Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Apa Komentarmu
Loading...