Selain Ketupat dan Opor, Ini 5 Makanan Khas yang Hanya Ada Saat Lebaran

Hutomo Dwi

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, umat Muslim memiliki perayaan tersendiri yaitu hari Lebaran atau Idul Fitri. Di hari Lebaran, rumah-rumah diisi dengan makanan istimewa seperti ketupat sayur, rendang, sambal goreng kentang dan makanan istimewa lainnya sesuai dengan tradisi di setiap daerah. Berikut adalah 5 makanan khas beberapa daerah yang hanya ada saat Lebaran, seperti dilansir dari Dailymoslemcom, Kamis (15/6/2017).

1. Lodeh Terong

Lodeh terong (Resepmasakanindonesiaseharihari)

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, lodeh terong menjadi makanan wajib di hari Lebaran selain ketupat sayur. Terong yang digunakan adalah terong hijau yang dimasak dengan santan, daun melinjo dan irisan bunga kecombrang yang menjadi ciri khas dari lodeh terong ini. Lodeh terong ini bisa dinikmati bersama dengan ketupat sayur ataupun nasi putih.

2. Buras dan Ayam Gagape

Buras dan Ayam Gagape (Dailymoslem)

Jika di sebagian besar daerah Indonesia Lebaran identik dengan ketupat, maka lain lagi di Makassar yang identik dengan buras. Buras sebenarnya adalah sejenis ketupat namun rasanya lebih gurih karena dimasak dengan santan terlebih dulu sebelum direbus. Buras biasanya disajikan dengan ayam gagape yaitu ayam yang dimasak bersama air, serai, lengkuas, daun salam dan kunyit hingga setengah matang dan mengering. Kemudian ditambahkan dengan bumbu tumis yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih bersama santan sambil diaduk agar santan tidak pecah. Di akhir proses memasak, tambahkan kelapa parut sangrai agar kuahnya lebih kental dan gurih.

3. Semur Betawi

Semur Betawi (Dailymoslem)

Masyarakat betawi atau Jakarta biasanya menyajikan semur betawi sebagai sajian khas saat Lebaran. Semur betawi dimasak dengan dua jenis bumbu, yaitu bumbu tumis dan bumbu pelumur. Bahan utamanya adalah daging sapi yang dipotong-potong dan disajikan dengan kuah kecap yang basah tapi tidak cair.

4. Lemang

Lemang (Dailymoslem)

Jauh sebelum Lebaran bahkan sejak hari pertama puasa, lemang sudah banyak dijual di pinggir-pinggir jalan daerah Sumatera Selatan, salah satunya adalah Palembang. Selain menjadi makanan khas Ramadan, lemang juga menjadi sajian khas di hari Lebaran. Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras yang digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan ini berisi tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa. Cara memasaknya adalah dengan dimasukkan ke dalam seruas bambu kemudian dibakar hingga matang.

5. Kuah Labu

Kuah Labu (Dailymoslem)

Di daerah yang sering disebut sebagai Serambi Mekah ini, saat Lebaran ketupat biasanya disajikan dengan kuah labu, yaitu iga sapi dengan kuah santan. Kuah labu ini mirip gulai, yaitu iga sapi yang dimasak dengan bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kunyit, kelapa parut sangrai dan rempah khas Aceh yaitu salam koja yang memberi aroma khas. Selain iga sapi, di dalam sayur ini juga terdapat potongan labu air yang berwarna kehijauan. Itulah alasannya makanan ini dinamai kuah labu. (tom)

Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.