Kecanggihan 5 Robot Karya Anak Bangsa yang Harumkan Indonesia


Jika berbicara tentang robot, mungkin negara yang ada di kepala kita adalah Jepang dan Amerika Serikat. Tapi jangan salah, tak kalah dengan kedua negara tersebut, Indonesia juga mampu menciptakan robot. Bahkan karya robot buatan Indonesia memenangkan kompetisi robot dunia. Berikut adalah 5 robot canggih buatan anak bangsa yang harumkan Indonesia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. MoroLipi

MoroLipi (Lipi)

MoroLipi merupakan robot yang difungsikan sebagai penjinak bom. Sesuai dengan namanya, MoroLipi merupakan robot hasil karya LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). MoroLipi pertama kali dibuat pada tahun 2004, karena ini merupakan robot penjinak bom pertama kali dibuat Indonesia, memerlukan proses pembuatan yang tidak sebentar. Hingga tahun 2010, MoroLipi baru bisa diuji coba. Pembuatan MoroLipi diharapkan bisa menjadi pemacu perkembangan teknologi di Indonesia.

2. Robot gegana

Robot gegana (Tribunnews)

Sesuai dengan namanya, robot gegana merupakan robot yang dibuat oleh anggota gegana alias tim penjinak bom. Karena resiko untuk menjinakkan bom tergolong sangat besar, maka pembuatan robot gegana diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengurangi resiko dari ledakan bom. Dengan adanya robot ini, tim gegana pun tak perlu untuk mendekat ke area bom, karena robot ini bisa dikendalikan dari jarak jauh. Robot ini pun mampu menarik beban seberat 70 kilogram.

3. Aurora

Aurora (Techineveryday)

Robot ini diciptakan oleh Yohanes Surya yang terinspirasi dari salah satu kendaraan tempur milik tentara Amerika Serikat. Robot Aurora juga dilengkapi dengan Airsoft Gun yang digunakan untuk menyerang musuh. Tak hanya itu, robot Aurora juga dilengkapi dengan bodi yang sangat kuat dan kokoh untuk pertahanan di medan perang.

4. Robot pemadam kebakaran

Beater 2.3 (Boombastis)

Robot pemadam api ini merupakan robot karya beberapa mahasiswa Universitas Sultan Agung yang diberi nama Beater 2.3. Kehebatan robot ini tentunya sesuai dengan namanya, yaitu mampu memadamkan api dengan baik dan cepat. Untuk ke depannya, robot hasil buatan para mahasiswa kreatif ini akan diikut sertakan ke ajang yang lebih besar dan robot ini diharapkan bisa menjadi solusi pemadam kebakaran.

5. Robot PENS

PENS (Habibprima)

Robot ini memiliki fungsi yang sama dengan robot yang sebelumnya, yaitu memadamkan api. Namun yang lebih membanggakan, Robot PENS ini mampu menjuarai kompetisi robot di Amerika Serikat. Robot PENS yang telah mengharumkan nama bangsa ini merupakan karya dari para mahasiswa Politeknik Elektronik Negeri Surabaya. Mereka mampu mengalahkan beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Kanada, Israel, dan UAE. Sebuah kebanggaan tersendiri tentunya untuk perkembangan teknologi Indonesia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak