Deretan Destinasi Wisata di Manggarai yang Instagrammable


Manggarai adalah kawasan yang terdiri dari tiga daerah yaitu Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Daerah ini merupakan destinasi favorit wisatawan dalam negeri sekaligus mancanegara. Pesona destinasi wisata yang ada di Manggarai adalah nilai kearifan lokalnya, juga suasana alamiah yang menenangkan jiwa. Dimana saja? Berikut adalah deretan destinasi wisata di Manggarai yang Instagrammable, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Rumah Adat Wae Rebo

Desa Adat Wae Rebo (Instagram)

Wae Rebo adalah sebuah kampung kuno yang telah dihuni hingga 19 generasi. Terletak di ketinggian 1200 mdpl di Kabupaten Manggarai, kampung ini memiliki tujuh rumah adat berbentuk kerucut. Pesona Wae Rebo yang menarik wisatawan mancanegara ini berada pada niang mbaru, sebutan untuk rumah adat yang berbentuk kerucut. Uniknya, atap rumah adat ini terbuat dari dari daun lontar.

2. Danau Lotus

Danau Lotus (Goodnewsfromindonesia)

Keistimewaan Danau Lotus, atau yang disebut warga sekitar sebagai Danau Rana Tonjong, adalah ukurannya yang super besar. Bahkan, danau yang usianya telah beratus-ratus tahun ini merupakan danau terbesar kedua di dunia. Hamparan bunga Lotus yang berada di sekitar danau melengkapi keindahan pesona danau. Danau Lotus berada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas Kabupaten Manggarai Timur. Disarankan untuk mengunjungi danau ini saat musim mekarnya bunga Lotus, yaitu pada bulan Juni hingga Agustus.

3. Kampung Adat Todo

Kampung Adat Todo (Kompas)

Selain Wae Rebo, perkampungan adat yang ngehits di Manggarai adalah Kampung Todo. Pada masa lalu, daerah ini merupakan salah satu pusat Kerajaan Todo. Menuju Kampung Todo dari Ruteng, menempuh waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi. Kehidupan dan kearifan lokal masyarakat di daerah ini akan membuatmu betah berlama-lama untuk tinggal.

4. Pink Beach

Pantai Pink (Pemudamaritim)

Pink Beach, atau Pantai Merah Muda, merupakan pantai dengan keunikan dan pesona yang istimewa. Keistimewaan pantai ini adalah pasirnya yang berwarna tak lazim. Jika pasir pada umumnya berwarna putih atau hitam, di Pantai Pink ini warna pasir adalah merah muda. Kamu bisa menyaksikan pink warna pasir ketika matahari sedang panas-panasnya. Lokasi pantai ini berada masih satu tempat dengan Taman Nasional Komodo.

5. Pulau Padar

Pulau Padar (Boombastis)

Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang diterima sebagai Warisan Dunia UNESCO. Lokasi pulau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Yang berbeda adalah pulau ini tidak dihuni oleh hewan komodo. Daya tarik utama dari Pulau Padar adalah pemandangannya yang begitu menawan dari atas bukit.

6. Pulau Rinca

Pulau Rinca (Instagram)

Selain Pulau Komodo yang amat terkenal dengan keberadaan hewan komodo, ada juga Pulau Rinca yang sering jadi destinasi wisata. Alasannya, jarak tempuh Pulau Rinca lebih dekat dengan Labuan Bajo. Selain itu, populasi Komodo pun lebih banyak di pulau ini dari pada Pulau Komodo sendiri. Terletak di Kabupaten Manggarai Barat, di tempat ini hidup sekitar 2.318 ekor Komodo.

7. Pulau Kelor

Pulau Kelor (Instagram)

Pulau Kelor merupakan salah satu pulau yang strategis dan mudah dijangkau. Dari Labuan Bajo menuju Pulau Kelor hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit. Daya tarik pulau ini adalah adanya terumbu karang cantik yang membuat tempat ini menjadi destinasi favorit untuk snorkeling. Ombak pantai yang begitu tenang, membuat ikan berwarna-warni muncul dengan nyaman hilir mudik kesana-kemari.

8. Liang Bua

Liang Bua (Instagram)

Destinasi wisata lain yang tak kalah menyedot perhatian wisatawan mancanegara adalah Liang Bua. Gua ini terletak Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Liang Bua banyak didatangi wisatawan mancanegara dan peneliti dari berbagai negara. Hal ini dikarenakan tempat ini merupakan penemuan makhluk mirip manusia (hominin) baru yang dinamakan Homo Floresiensis pada tahun 2001.

9. Sawah Lodok

Sawah Lodok (Instagram)

Sawah Lodok adalah kawasan persawahan yang berbentuk jaring laba-laba. Jaring laba-laba ini terbentuk karena sistem pembagian lahan persamaannya berbentuk lodok. Karena keunikannya, persawahan lodok di Manggarai Raya ini masuk dalam kategori persawahan unik di Asia Pasifik.

10. Pulau Mules

Pulau Mules (Instagram)

Tampak dari kejauhan, Pulau Mules menyerupai seorang putri yang tidur telentang di atas laut beralaskan rerimbunan hijau yang berada di sekitarnya. Karena hal inilah, warga sekitar juga sering menyebut pulau ini dengan nama Pulau Putri Tidur. Pulau Mules terletak di Desa Dintor, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai. (tom)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak