Jalan-jalan ke Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatera


Kampar yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau memang banyak menyimpan potensi wisata. Bila digali lebih dalam banyak lokasi di wilayah ini layak dijadikan destinasi wisata baru. Salah satu site wisata terbaru yang ditawarkan oleh kabupaten berjuluk Serambi Mekah-nya Riau ini adalah Puncak Ulu Kasok.

Ulu Kasok yang terletak di Desa Pulau Godang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, memang terdengar baru bila dibanding dengan tempat wisata yang sudah kadung hits di Riau, seperti misalnya air terjun Pangkalan Kapas. Lalu apa yang ditawarkan Ulu Kasok sebagai tempat wisata? Setidaknya ada 3 spot yang ditawarkan di lokasi ini sebagai lokasi wisata, pertama air terjun atau lebih tepatnya disebut Grujukan Ulu Kasok setinggi 5 meter, Wisata Pulau, dan Puncak Ulu Kasok.

Dari ketiga spot wisata itu, yang paling terkenal adalah Puncak Ulu Kasok. Dari puncak bukit, kita bisa melihat gugusan pulau-pulau yang indah di dalam Danau PLTA Koto Panjang. Keindahan alam yang dimiliki Ulu Kasok ini mirip dengan pemandangan yang kita lihat di Raja Ampat Papua, karena itulah tempat ini sering dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Sumatera.

Pulau-pulau ini adalah bukit-bukit yang tidak ikut terendam oleh genangan air bendungan PLTA Koto Panjang. Pulau-pulau itu masih ditumbuhi pepohonan yang rindang dan sebagian pohon karet bekas kebun masyarakat sebelum adanya genangan PLTA Koto Panjang.

https://www.instagram.com/p/BW84p-XDoWB/?tagged=ulukasok

Untuk bisa ke Puncak Ulu Kasok, kamu membutuhkan tenaga ekstra. Pasalnya, kita harus mendaki bukit kurang lebih 15 menit lamanya dengan jarak tempuh 500 meter dari pintu gerbang melalui jalan setapak. Namun semua itu terbayarkan saat kita melihat pemandangan dari atas bukit. Pengelola tempat ini tahu betul jika generasi sekarang sangat menggemari yang namanya selfie, makanya disediakan juga panggung selfie bagi mereka yang doyan selfie di puncak ini.

Lalu berapa sih tarif masuk ke sini? Pengunjung cukup dikenakan tarif Rp 5 ribu untuk tarif masuk dan tiket parkir kendaraan, jadi total kamu harus membayar Rp 10 ribu untuk bisa menikmati keindahan alam Ulu Kasok. Murah bukan?

Jika kamu kebetulan tinggal di Sumatera, atau tepatnya Riau, kamu tak perlu jauh-jauh ke Papua untuk bisa menikmati pemandangan ala Raja Ampat, cukup ke Ulu Kasok saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak