Don't be Captious

Melihat Atraksi Air Mancur Raksasa Purwakarta Terbesar Se-ASEAN

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Tidak perlu jauh-jauh ke Singapura atau bahkan Dubai jika ingin melihat air mancur menari. Pasalnya, kini kamu bisa melihat hal serupa di Pulau Jawa, tepatnya di Purwakarta, Jawa Barat.

Dengan jarak tempuh satu jam setengah dari Jakarta atau satu jam dari Bandung lewat tol Cipularang, wisatawan bisa menikmati suguhan menarik berupa air mancur menari di Taman Air Mancur Sribaduga yang telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bulan Februari lalu.

“?Taman air mancur Sribaduga merupakan taman terbesar, terindah se-Asia Tenggara. Ini akan membanggakan warga Jawa Barat? terutama warga Purwakarta,” kata Arief Yahya seperti dikutip dari Kompascom, Selasa (15/8/2017).

Air Mancur Sri Baduga (Kompas)

Terhitung sejak diresmikan itu, pertunjukkan air mancur di Taman Air ?Mancur Sribaduga bisa dinikmati setiap malam minggu. Ada dua sesi pertunjukan, yaitu pukul 19.00 WIB dan pukul 21.30 WIB.

?Atraksi air mancur itu cukup membuat pengunjung peresmian berdecak kagum. Tarian air di tengah danau seluas dua hektare tersebut benar-benar mengikuti alunan lima lagu dari genre musik berbeda.

Sorak-sorai pengunjung kembali riuh ketika air yang berwarna-warni menyemburkan cahaya dari pinggiran ke arah tengah danau yang dikenal dengan nama Situ Buleud itu. Pertunjukkan semakin membuat kagum pengunjung tatkala sinar laser yang ditembak dari luar danau menghadirkan visualisasi tiga dimensi dengan beragam bentuk di deretan air mancur yang menyembur membentuk dinding.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, untuk pertunjukkan itu pengunjung tidak dipungut biaya. Biaya operasional untuk dua kali pertunjukkan sebesar Rp 20 juta tersebut diambil dari keuntungan kerjasama dengan pedagang di dalam kawasan air Taman Air Mancur Sribaduga.

Air Mancur Sri Baduga (Kompas)

“Taman kalau cuma ada pohon saja sudah biasa, maka kita bikin taman air. Taman air sudah biasa, maka kita tambahkan air mancurnya. Kita buat yang lebih besar dari Bunderan HI,” ujar Dedi.

Dedi menjelaskan, teknologi air mancur menari Situ Buleud dibuat oleh anak bangsa asli Purwakarta. Menurut dia, air mancur ini tidak kalah canggih dengan Singapura dan Dubai.

“?Kita ingin menampilkan bahwa bukan hanya Dubai dan Singpura saja yang punya teknologi canggih. Di kampung kecil yang namanya Purwakarta ada seorang pria bernama Heri, dia lulusan STM yang enggak pernah kuliah, tapi bisa bikin kayak begini,” tandasnya.

Berikut ini videonya.

(tom)

Latest article