5 Prestasi Terbaik Timnas Indonesia di Ajang SEA Games


Di Asia Tenggara, Indonesia bisa dibilang punya atlet-atlet yang berkualitas. Banyak cabang olahraga yang terbukti selalu berpotensi memberikan medali di ajang olahraga 2 tahunan itu. Salah satu cabang olahraga yang cukup diminati adalah sepakbola.

Belum lama ini, Timnas Indonesia menyabet medali perunggu dalam cabang olahraga sepakbola di SEA Games 2017 Malaysia. Raihan positif itu diraih setelah di laga perebutan medali perunggu mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1. Selain medali perunggu itu, Timnas sepakbola Indonesia juga menorehkan beberapa prestasi menarik di ajang SEA Games yang lalu-lalu. Berikut ini prestasinya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. SEA Games 1979 Indonesia

Timnas Indonesia saat SEA Games 1979 (Liputan6)

Dalam ajang SEA Games yang diselenggarakan di tanah air ini, Indonesia menorehkan raihan positif dengan jadi juara umum dengan raihan 92 emas. Sepakbola jadi salah satu cabang olahraga yang sukses menorehkan medali bagi Indonesia. Indonesia yang kala itu digawangi oleh Rully Nere dan Ronny Patinasaranni meraih medali perak setelah di final dikalahkan Malaysia 1-0.

2. SEA Games 1987 Indonesia

Timnas Indonesia saat SEA Games 1987 (HAI)

Indonesia kembali mendapatkan kehormatan jadi tuan rumah SEA Games 1987 setelah 8 tahun terakhir. Dalam SEA Games 1987 itu, Indonesia kembali jadi juara umum setelah meraih 183 emas. SEA Games kali ini juga jadi torehan manis bagi timnas sepak bola Indonesia. Robby Darwis dkk. berhasil menyumbangkan medali emas setelah membalaskan dendam mereka pada Malaysia 1-0 di laga final.

3. SEA Games 1991 Filipina

Timnas Indonesia SEA Games 1991 (Twitter)

SEA Games kali ini diadakan di Manila, Filipina. Pada ajang SEA Games ini, Indonesia kembali jadi juara umum dengan torehan 92 emas, unggul tipis dari tuan rumah Filipina dengan 91 emas. Di ajang SEA Games ini pun, Indonesia berhasil meraih pencapaian tertinggi dalam ajang sepakbola. Rochy Putiray dkk. mengalahkan Thailand di laga final melalui drama adu pinalti.

4. SEA Games 1997 Indonesia

Timnas Indonesia di Sea Games 1997 (Bola)

Setelah 10 tahun, Indonesia kembali jadi tuan rumah ajang olahraga 2 tahunan ini. Indonesia jadi juara umum setelah meraih 193 medali emas. Pada ajang ini, timnas sepakbola Indonesia gagal meraih hasil maksimal setelah hanya mampu meraih perak. Aji Santoso dkk dikalahkan Thailand di laga final setelah kalah adu pinalti.

5. SEA Games 2013 Myanmar

Timnas Indonesia di Sea Games 2013 (Merdeka)

Ajang SEA Games kali ini diadakan di Yangon dan Naypyidaw, Myanmar. Kontingen Indonesia hanya mampu meraih posisi 4 dalam klasemen umum perolehan medali dengan 64 medali emas. Indonesia juga gagal meraih emas dalam cabang olahraga sepakbola setelah Kurnia Meiga dkk kalah di laga final melawan Thailand dengan skor 1-0. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak